Caritas Tandaskan Penangguhan Bantuan Pangan di Ethiopia Tidak Manusiawi

Caritas Internationalis bergabung dengan seruan dari berbagai pemimpin agama di Ethiopia untuk menuntut pengiriman bantuan makanan dilanjutkan di wilayah Tigray, di mana pertempuran telah menyebabkan bencana kemanusiaan.

Caritas Internationalis, bersama dengan banyak pemimpin agama dan lembaga bantuan, meminta Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Program Pangan Dunia (WFP) untuk “segera melanjutkan distribusi makanan yang menyelamatkan jiwa”.

Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa bantuan makanan ditangguhkan pada 30 Maret 2023 di wilayah Tigray, setelah ditemukannya pengalihan makanan dalam jumlah besar yang “meluas dan sistemik” untuk orang-orang yang kelaparan. Jeda diperpanjang ke seluruh wilayah Ethiopia pada awal Juni.

Jutaan orang kekurangan makanan

Menyoroti gawatnya situasi, Sekretaris Jenderal Caritas Internationalis, Alistair Dutton, mencatat bahwa “selama tiga bulan, jutaan orang yang membutuhkan bantuan vital telah kehilangan makanan, secara drastis mengurangi kesehatan dan keamanan mereka yang sudah menderita trauma parah dan kekurangan setelah perang dua tahun dan kekeringan yang berkepanjangan.”

Pernyataan tersebut selanjutnya mencatat bahwa bahkan jika bantuan penting lainnya, termasuk program gizi untuk perempuan dan anak-anak, air minum yang aman dan dukungan untuk kegiatan dan pembangunan pertanian, terus berlanjut, “penangguhan distribusi makanan semakin mengancam kehidupan, terutama bagi orang lanjut usia atau dalam kondisi kesehatan yang buruk, anak-anak dan pengungsi”.

Kelaparan menyebabkan kelaparan

“Orang-orang mati kelaparan. Dalam beberapa pekan terakhir, kelaparan telah menewaskan ratusan orang di wilayah Tigray utara Ethiopia akibat kekurangan pangan. Ini tidak manusiawi atau tidak bermoral,” lanjut Dutton.

Pencurian dan korupsi dalam bantuan pangan tidak boleh ditoleransi, dan orang yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban.

Investigasi menyeluruh harus dilakukan, dan mekanisme akuntabilitas yang kuat dan transparan harus diterapkan untuk mencegah penyimpangan di masa mendatang. “Tapi orang yang tidak bersalah tidak bisa menjadi orang yang menderita sementara itu,” tambah Sekretaris Jenderal.

Seruan Caritas menggemakan seruan beberapa pemimpin agama Ethiopia

Dalam surat bersama yang ditujukan kepada Pemerintah Ethiopia, USAID dan WFP, Kardinal Berhaneyesus, Presiden Konferensi Waligereja Ethiopia, dan Pendeta Kes Yonas. Presiden Gereja Injili Mekaneyesus Ethiopia, mengatakan bahwa penundaan lebih lanjut dalam pengiriman dukungan makanan hanya akan menyebabkan bencana lebih lanjut bagi mereka yang membutuhkan.

Juga, Uskup Katolik Adigrat, Uskup Tesfaselassie Medhin, mengatakan kematian ratusan orang karena kelaparan tidak bisa menjadi harga yang harus dibayar untuk memperbaiki sistem itu.

Akhirnya, Caritas menegaskan kembali bahwa mereka “bergabung dengan permohonan para pemimpin agama Ethiopia kepada USAID dan WFP untuk segera melanjutkan distribusi bantuan pangan untuk menghindari konsekuensi kehancuran yang dapat diprediksi bagi mereka yang berhak menerima bantuan.”

Sumber: Hidup Katolik

No Comments

Post A Comment