[VACANCY]: FINANCE COORDINATOR

JABATAN: Koordinator Keuangan

LOKASI KERJA: Jakarta Timur

DIVISI: Keuangan

TANGGAL: Secepatnya

LATAR BELAKANG PERAN

Caritas Indonesia (Yayasan KARINA-KWI) adalah Lembaga Kemanusiaan milik Konferensi Wali Gereja Indonesia yang berbasis di Jakarta Timur dan secara resmi sebagai anggota konfederasi Caritas Internationalis. Caritas Indonesia didirikan pada tahun 2006 dengan fokus pada isu penanggulangan bencana yang diimplementasikan ke dalam 4 program, yaitu Pengurangan Risiko Bencana, Pendampingan Keuskupan, Kemitraan untuk Ketahanan, dan Peningkatan Kapasitas Tanggap Darurat. Caritas Indonesia berperan sebagai  koordinator, fasilitator dan animator bagi 37 Keuskupan yang tergabung dalam Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Caritas Indonesia (Yayasan KARINA-KWI) adalah anggota aktif dari Konfederasi Caritas Internationalis (CI) yang memiliki 162 anggota di seluruh dunia. Caritas adalah jantung dan ujung tombak Gereja untuk menyebarkan cinta kasih kepada orang miskin. Karya Caritas Indonesia terintegrasi dengan orientasi strategis CI, seperti melayani karena cinta, mengurangi dampak krisis kemanusiaan dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan tanggap darurat, memberdayakan masyarakat untuk memberantas segala bentuk kemiskinan dan struktur yang tidak adil, memperkuat suara orang miskin melalui pendidikan, komunikasi dan publikasi, serta membangun Caritas yang lebih kuat berdasarkan profesionalisme, mobilisasi sumber daya dan pelibatan kaum muda. Karena Caritas Indonesia merupakan anggota aktif  Konfederasi Caritas Internationalis, maka dalam implementasi seluruh karya pelayanannya, Caritas Indonesia menggunakan Caritas Internationalis Management Standard (CIMS),  sebagai acuan utama dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang Kecil, Lemah, Miskin, Terpinggirkan dan Difabel (KLMTD).

DESKRIPSI DIVISI

Di Caritas Indonesia, Divisi Keuangan masuk dalam lingkup Operasional, yang dikepalai oleh seorang Manajer Operasional. Divisi Keuangan dipimpin oleh seorang Koordinator Keuangan. Divisi Keuangan bertanggungjawab untuk memastikan operasional karya pelayanan Caritas Indonesia berjalan efektif dan efisien dengan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel sesuai dengan standar CIMS, kebijakan KWI, dan Peraturan Pemerintah RI.

TANGGUNGJAWAB UTAMA

Berdasarkan Rencana Strategis Caritas Indonesia 2023-2027, tanggungjawab utama Koordinator Divisi Keuangan adalah:

  1. Bertanggung Jawab untuk menjalankan semua kebijakan, sistem, dan prosedur keuangan  yang sudah ada di Caritas Indonesia  untuk memenuhi Manajemen standar Caritas Internasionalis (CIMS).
  2. Bertanggung jawab untuk menyediakan pendampingan dan bantuan teknis bagi Caritas Keuskupan yang menjalankan program agar dapat  mematuhi; kebijakan, sistem, dan prosedur keuangan Caritas Indonesia guna memenuhi Manajemen Standar Caritas Internationalis (CIMS).
  3. Bertanggung Jawab untuk menyediakan pendampingan dan bantuan teknis bagi Caritas Keuskupan yang ingin  mengembangkan kebijakan, sistem, dan prosedur keuangan guna memenuhi Manajemen Standar Caritas Internationalis (CIMS).
  4. Bertanggung Jawab untuk meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial semua staf dan direktur Caritas Keuskupan di bidang keuangan agar dapat  mengelola program secara efektif dan efisien.

Bertanggung jawab untuk melaksanakan koordinasi dan komunikasi lintas divisi di Caritas Indonesia untuk memastikan terpenuhinya semua kebutuhan peningkatan keterampilan teknis dan manajerial  bagi semua staf dan direktur Caritas Keuskupan di bidang keuangan (kebijakan, sistem dan prosedur).

LAPORAN KEPADA

Koordinator Divisi Keuangan, dalam menjalankan tanggungjawab dan tugas utamananya akan bertanggungjawab langsung kepada Direktur Eksekutif Caritas Indonesia.

DURASI KONTRAK

Caritas Indonesia akan mengontrak Koordinator Divisi Keuangan selama dua (2) tahun dengan kemungkinan perpanjangan.

TUGAS UTAMA

  1. Mereview laporan keuangan, untuk memastikan konsolidasi keuangan Lembaga dan informasi tentang serapan anggaran, sisa anggaran, dan kesesuaian masing-masing mata anggaran dapat disajikan secara berkala (harian, mingguan, bulanan dan tahunan).
  2. Melakukan tinjauan dan finalisasi alat kerja keuangan bagi keuskupan dan pihak terkait, untuk memastikan laporan keuangan, implementasi program tersedia secara berkala (harian, mingguan, bulanan dan tahunan).
  3. Melakukan tinjauan dan finalisasi anggaran program bersama tim program dan tim terkait lainnya, untuk memastikan anggaran sesuai dengan kebijakan lembaga, peraturan pemerintah dan kebijakan donor.
  4. Mengoordinasikan proses audit laporan keuangan program dan lembaga, untuk memastikan proses audit berjalan sesuai prosedur dan kebijakan yang sudah ditentukan.
  5. Berkoordinasi dengan tim program untuk mengirimkan dana kepada keuskupan dan pihak lainnya, untuk memastikan ketersadiaan dana untuk mendukung pelaksaan program.
  6. Mengoordinasikan proses dokumentasi seluruh transaksi keuangan, untuk memastikan pengarsipan yang aman dan mudah diakses dalam jangka panjang.
  7. Mengoordinasikan proses pencatatan asset dan persediaan, untuk memastikan kesesuaian antara kondisi fisik dan laporan keuangan.
  8. Memberikan pendampingan teknis kepada tim finance baik di National Office maupun program, untuk memastikan seluruh aktifitas keuangan berjalan efektif dan sesuai dengan standar yang berlaku.
  9. Bertanggung jawab atas  laporan keuangan kepada donor sesuai dengan Kebijakan Caritas Indonesia dan MoU
  10. Memberikan dukungan kepada Manajer Proyek sepanjang siklus proyek untuk memastikan kepatuhan  Kebijakan dan prosedur Caritas Indonesia dan persyaratan khusus donor.

Membantu lembaga dalam memelihara pengendalian internal yang sesuai untuk mengamankan  aset, mengontrol kas,  mencegah penipuan dan fraud.

PERSYARATAN

  1. Lulusan D3/S1/S2 ekonomi (Akuntansi/Keuangan).
  2. Pemahaman yang baik terhadap dokumen-dokumen utama Gereja, seperti Deus Caritas Est, Caritas in Veritate, Evangelii Gaudium, dan Laudato Si’ sebagai landasan spiritual Caritas Indonesia.
  3. Komitmen yang kuat terhadap belas kasih kemanusiaan dan pelayanan kepada orang miskin seperti yang dijelaskan dalam Ajaran Sosial Katolik.
  4. Bersedia mematuhi visi, misi dan prinsip Caritas Indonesia (Yayasan Karina) serta nilai dan prinsip pedoman Caritas International.
  5. Pengalaman minimal 3 tahun sebagai Manajer Keuangan.
  6. Pengetahuan yang baik dalam Manajemen Keuangan LSM, khususnya dalam anggaran proyek dan pelaporan keuangan.
  7. Memahami Peraturan Perpajakan Indonesia, berpengalaman menggunakan software akuntansi dan Familiar dengan PSAK 45.
  8. Keterampilan komputer yang sangat baik, terutama MS Excel dan pengetahuan tentang rangkaian program Microsoft Office lainnya.
  9. Keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik. Fasih dalam bahasa Inggris tertulis dan lisan adalah wajib.
  10. Pengalaman dan pengetahuan mengelola dana program/project termasuk pengajuan proposal, pelaporan, dan pencairan dana.
  11. Pekerja keras, jujur, dan dewasa, bersedia bekerja di bawah tekanan.

Mampu bekerja mandiri dan di bawah pengawasan minimum, namun dengan semangat kerja tim.

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Pengalaman Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  2. Alasan Anda tertarik pada posisi yang Anda lamar.
  3. Ketersediaan tercepat untuk mulai bekerja.
  4. Gaji saat ini/terakhir dan yang diharapkan.
  5. Resume/CV terbaru.
  6. Daftar 3 referensi profesional (nama, jabatan, organisasi, hubungan dan nomor kontak).

Fotokopi KTP yang masih berlaku.

Silakan kirim semua dokumen di atas dalam 1 (satu) email ke: hr-admin@karina.or.id  dan dini21@karina.or.id

Subjek email:  – Jakarta [nama pemohon]

Sebelum Minggu, 15 Januari 2023, pukul 18.00 WIB

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi oleh Caritas Indonesia

================================================================================================

1 Comment
  • Urip Syawaldi
    Posted at 14:44h, 07 January Reply

    Perdyaratan dan tanggungjawab pekerjaan dapat saya penuhi, sesuai dengan pengalaman kerja saya.

Post A Comment