Caritas Indonesia

Caritas Indonesia (Yayasan KARINA) secara hukum didirikan pada tanggal 17 Mei 2006 dan merupakan lembaga kemanusiaan resmi milik KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) dengan mandat sebagai pusat koordinasi, fasilitasi dan animasi Gereja Katolik di Indonesia dalam menjalankan misi kemanusiaan, terlebih untuk membantu para korban bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh tindakan manusia. Selain itu, bekerjasama dengan KWI, Caritas Indonesia juga menjalankan misi kemanusiaan dalam isu-isu pelanggaran hak asasi manusia, konflik dan kekerasan sosial, dialog antar-agama dalam aksi kemanusiaan, ketidakadilan gender dan berbagai tindak ketidakadilan sosial.

Langkah awal untuk memperkuat posisi Caritas Indonesia (Yayasan KARINA) sebagai lembaga kemanusiaan Gereja Katolik di Indonesia, adalah dengan mengadakan Konsultasi Nasional Pertama yang diikuti oleh 37 Keuskupan pada bulan Juli 2006. Konsultasi ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Caritas Internasionalis dan beberapa anggota Caritas dari Negara-negara lain. Caritas Indonesia adalah anggota penuh Konfederasi Caritas Internationalis, yang anggotanya berasal dari 165 negara di seluruh dunia.

Caritas Indonesia (Yayasan KARINA) banyak terlibat dalam pelayanan di bidang kemanusiaan, seperti aksi tanggap darurat, kegiatan pengurangan risiko bencana, pembangunan ketangguhan masyarakat, dan peningkatan kapasitas untuk lembaga-lembaga sosial Keuskupan.

Visi Kami

Terwujudnya kasih Allah bagi manusia.

Misi Kami

  1. Mengusahakan terwujudnya koordinasi, animasi, fasilitasi dengan semua pihak yang peduli pada keutuhan ciptaan dan belarasa.
  2. Mengembangkan semangat belarasa yang inklusif, yang mengatasi batas agama, asal-usul, ras, suku dan budaya.

Caritas Indonesia adalah lembaga kemanusiaan milik Gereja Katolik di Indonesia. Kegiatan utama Caritas Indonesia adalah pelayanan sosial kemanusiaan tanpa membedakan agama, suku, ras dan golongan. Terlibat dalam pelayanan ini adalah sebuah keharusan dari iman kami, sebagaimana diwartakan oleh Tuhan Yesus yang memanggil agar semua pengikutnya melihat kehadiran Yesus dalam diri orang yang kecil, lemah, miskin dan tersingkirkan.

Kami menekuni pelayanan ini bersama dengan semua pihak yang bekehendak baik dalam menciptakan kesejahteraan umum, dengan mengedepankan bela-rasa. Kami melakukan semua kegiatan kemanusiaan, dan tidak bekerja sama dengan pihak-pihak yang terkait langsung ataupun tidak langsung yang mengancam martabat hidup manusia, perusakan lingkungan hidup, narkoba dan perdagangan senjata.
Tujuan Pakta Integritas ini adalah untuk menegaskan komitment kami dalam menjunjung tinggi nilai kasih dan martabat manusia. Kami menyadari bahwa pekerjaan ini tidak dapat dilakukan sendiri dan membutuhkan jaringan. Kami berusaha menggalang kekuatan sebesar-besarnya, dari siapapun yang dapat bekerja- sama. Di manapun kami bekerja, kami berusaha menggunakan standard setinggi mungkin, sehingga mereka yang kami layani, tidak masuk dalam kesulitan yang lebih besar.
Kami bersepakat pula melaksanakan ungkapan nilai-nilai kemanusiaan yang telah menjadi pegangan bagi gerakan Kami akuntable pada (1). penerima manfaat, baik korban maupun kelompok sasaran, (2) pimpinan Gereja Katolik di Indonesia, (3) masyarakat luas, termasuk umat katolik, dan (4) keluarga besar konfederasi Caritas Internationalis.
Kami menghargai prinsip-prinsip kemitraan, vokasionalitas, solidaritas, subsidiaritas, kesetaraan gender, keberpihakan dan pembelaan terhadap yang lemah, transparan dan akuntabel, berkesinambungan, keutuhan Donasi yang diperoleh akan digunakan untuk mendukung program Caritas Indonesia yakni peningkatan kapasitas dan promosi nilai-nilai. Keseluruhan operasional Caritas Indonesia mengikuti sistim akuntansi keuangan standard di Indonesia. Untuk obyektivitas, dilakukan audit tahunan oleh kantor akuntan publik yang ditunjuk oleh pengurus. Setiap kegiatan Caritas Indonesia, dimonitor dan dievaluasi secara berkala, baik secara internal maupun eksternal (diikuti anggota Caritas Internationalis lain). Suara publik digali dari para penerima manfaat dan dari mitra, serta diberi ruang untuk perbaikan di masa mendatang.  
Kami adalah orang-orang yang ingin berkembang dalam integritas, profesionalitas dan bela rasa. Kami berusaha keras melawan penyuapan dan korupsi. Kami memperjuangkan integritas sosial. Kami mengakomodir dan menindak-lanjuti tiap-tiap pengaduan yang berhubungan dengan Caritas Indonesia dan pekerjaannya.