Melanjutkan Program Pendampingan Keluarga Migran di Ruteng – Caritas Indonesia – KARINA

Melanjutkan Program Pendampingan Keluarga Migran di Ruteng

07/09/2019

 

 

Caritas Keuskupan Ruteng meresmikan kerjasama dengan Caritas Indonesia dalam rangka mendampingi keluarga-keluarga migran dan miskin di Keuskupan Ruteng melalui program pengembangan pertanian organik. Penandatanganan dokumen kerjasama ini dilakukan di Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng pada 5 September 2019.

 

Rm Yuvensius Rugi, Direktur Caritas Keuskupan Ruteng menandatangani Dokumen Kerjasama, didampingi oleh Donatus Akur, staf Caritas Indonesia. (Photo: Komisi KomSos Keuskupan Ruteng/Caritas Indonesia)

 

Dalam sambutannya, Direktur Caritas Keuskupan Ruteng, Rm. Yuvensius Rugi, menjelaskan bahwa dukungan dana yang diberikan oleh Caritas Indonesia akan dipakai oleh 8 kelompok dampingan baru di 3 paroki selama 2 tahun (2019 – 2021). Lokasi yang dimaksud adalah, Paroki Rangga di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Paroki Sita di wilayah Kabupaten Manggarai Timur dan Paroki Beamese di wilayah Kabupaten Manggarai.

 

Staf Caritas Indonesia yang menghadiri acara Penandatanganan Dokumen Kerjasama. (Photo: Komisi KomSos Keuskupan Ruteng/Caritas Indonesia)

 

Koordinator Proyek Caritas Indonesia, Donatus Akur, mengatakan bahwa Direktur Caritas Indonesia telah mendengar banyak hal tentang kerja lintas komisi yang diterapkan oleh Keuskupan Ruteng. Pola kerjasama seperti ini pantas dijadikan model dalam karya-karya belarasa yang lainnya. Donatus menambahkan, bahwa Caritas Canada mengagumi karya Gereja di Keuskupan Ruteng yang memberi perhatian kepada keluarga miskin, khususnya melalui pengembangan pertanian organik.

 

Terhitung sejak 2012 hingga 2018, Caritas Keuskupan Ruteng telah mendampingi 26 komunitas petani di 7 paroki, dengan anggota kelompok dampingan sejumlah 495 Kepala Keluarga. Program ini mendapatkan dukungan dari  Caritas Italiana, Caritas Canada (Development and Peace) dan Caritas Asia.

 

Vicaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar, memberikan sambutan. (Photo: Komisi KomSos Keuskupan Ruteng/Caritas Indonesia)

 

Vicaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Rm. Alfons Segar menegaskan bahwa kerjasama lintas komisi dan antar lembaga adalah kekuatan dalam melaksanakan aneka kerja pastoral di Keuskupan Ruteng. Hal itu telah diupayakan selama ini dan diharapkan akan terus berkembang di masa mendatang. Ia menambahkan bahwa, masih banyak keluarga-keluarga miskin di wilayah keuskupan yang membutuhkan pendampingan untuk penguatan kapasitas,baik individu maupun kelompok. Oleh karena itu, ia berharap ke depan akan lebih banyak keluarga migran dan keluarga miskin yang mendapatkan perhatian sehingga mereka menjadi makin mandiri dan sejahtera.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta