[COVID-19]: Pesan Solidaritas dari Presiden Caritas Asia – Caritas Indonesia – KARINA

[COVID-19]: Pesan Solidaritas dari Presiden Caritas Asia

09/04/2020

Para Sahabat,

Dalam situasi yang cukup sulit akibat dampak dari pandemi COVID-19 ini, saya dengan rendah hari berdoa untuk kita semua atas keselamatan dan kesehatan kita, bukan hanya untuk diri kita sendiri, namun juga kepada orang-orang yang kita sayangi dan layani. Mulai saat ini dan seterusnya, kita memanjatkan doa kepada Yesus Kristus Sang Maha Penyembuh dan memohon untuk dapat mensyukuri anugerah kehidupan agar dapat senantiasa melayani sesama.

Saat ini dimana seluruh Anggota Caritas di Asia dan juga di belahan dunia lain sedang proaktif memutus penyebaran krisis kesehatan global ini, sambil terus memastikan upaya-upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam meredam dampak dari COVID-19, saya ingin menyampaikan dukungan sepenuh hati dan solidaritas dari Caritas Asia untuk Anda dan keluarga Anda. Kita semua paham tentang tantangan yang sedang dihadapi saat ini, sekaligus menyadari upaya-upaya yang sudah banyak dilakukan untuk membantu keluar dari kesulitan yang dihadapi oleh saudara-saudari kita.

Keluarga Caritas, khususnya yang berada di Asia, mempunyai peran yang cukup penting dalam situasi krisis ini, sebab kita juga turut terlibat dalam memberikan bantuan kepada komunitas, khususnya dalam menjawab kebutuhan mereka yang rentan dan miskin dalam situasi ini. Caritas Asia sungguh mengapresiasi Anda semua dan ketulusan hati Anda dalam melayani saudara-saudari kita yang membutuhkan, sambil terus memastikan keamanan dan keselamatan para staf dan relawan yang menjalankan tugasnya di lapangan, sesuai dengan panduan dari WHO dan anjuran dari pemerintah.

Caritas Asia juga bersolider dan mendukung para dokter, perawat, staf medis, dan semua individu yang bekerja tak kenal lelah untuk menolong para pasien, tanpa mempedulikan keselamatan dirinya atas virus yang mengancam saat mereka menjalankan tugasnya. Kami sungguh menaruh hormat atas keberanian dan kegigihan para petugas medis yang mengorbankan keselamatan mereka untuk menyelamatkan banyak nyawa dalam peperangan melawan COVID-19. Kami hanya dapat mengirimkan doa dan ucapan terimakasih atas dedikasi, kasih, kegigihan dan pengorbanan yang tak kenal lelah untuk melindungi dan menyembuhkan masyarakat.

Sambil kita mengenang kembali kesengsaraan, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus selama Pekan Suci ini, mari kita bersatu dalam doa supaya kita dapat terus diteguhkan dan terbuka hati kita dalam kasih Kristus, sehingga kita dapat meresapi penghiburan dari Tuhan dalam menghadapi masa-masa yang berat ini.

Mari sejenak kita merefleksikan pesan dari Bapa Suci Paus Fransiskus pada Perayaan Minggu Palma kemarin: “Dalam hari-hari yang suci ini, di rumah kita, mari kita menghadap Yesus yang disalib, yang menjadi perantaraan kasih Tuhan kepada kita, serta memberikan cinta dan pelayanan kepada kita sampai wafat-Nya. Tak lupa kita juga mohonkan untuk rahmat kehidupan supaya dapat terus melayani sesama. Semoga kita dapat melayani mereka yang menderita dan sungguh membutuhkan pertolongan kita. Semoga kita  dapat berbuat baik kepada sesama dan tidak khawatir dengan kekurangan kita.”

Saya ucapkan, semoga Anda dapat menjalani Tri Hari Suci ini dengan baik dan Selamat Paskah!

Benedict Alo D’Rozario

Caritas Asia Regional President


Teks asli dapat dibaca di sini:

https://caritas.asia/index.php/158-latest-news/661-message-of-solidarity-from-the-president-of-caritas-asia?fbclid=IwAR1blWnq5VJ8IChi99Qx9nWpSzDZpZOfFtwYnJUk8H4yyBtygJCPuwUv5AI

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta