Tentang Karina – Caritas Indonesia – KARINA

Tentang Karina

KARINA atau Caritas Indonesia secara hukum didirikan pada tanggal 17 Mei 2006, yang bertindak sebagai Yayasan kemanusiaan milik KWI (Konferensi Waligereja Indonesia). Yayasan ini menjadi badan pusat koordinasi, fasilitasi dan animasi Gereja Katolik di Indonesia dalam menjalankan misi kemanusiaan, terlebih untuk membantu para korban bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh tindakan manusia. Selain itu, KARINA menjalankan misi kemanusiaan dalam isu-isu pelanggaran hak asasi manusia, konflik dan kekerasan sosial, dialog antar-agama dalam aksi kemanusiaan, ketidakadilan gender dan berbagai tindak ketidakadilan sosial.

Sebagai langkah awal dalam memperkuat posisi KARINA sebagai lembaga kemanusiaan Gereja Katolik di Indonesia, pada bulan Juli 2006 diadakah Konsultasi Nasional Pertama yang diikuti oleh 37 Keuskupan. Konsultasi ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Caritas Internastionalis dan beberapa anggota Caritas dari Negara-negara lain. Konsultasi Nasional ini menjadi tonggak sejarah penting diresmikannya KARINA – Caritas Nasional di Indonesia.

KARINA kini sudah menjadi anggota penuh Konfederasi Caritas Internationalis, yang anggotanya berasal dari 164 negara di seluruh dunia. Maka dalam menjalankan misinya, KARINA juga bermitra dan bekerjasama dengan beberapa anggota konfederasi Caritas Internasionalis (Caritas Perancis, Austria, Belanda, Inggris, Italia, Australia, Jepang, Jerman, Amerika, Singapura, dan lain-lain).

Sejak berdirinya, KARINA telah banyak terlibat dalam bidang kemanusiaan seperti aksi tanggap darurat, kegiatan pengurangan risiko bencana, pembangunan ketangguhan masyarakat, dan peningkatan kapasitas untuk lembaga-lembaga sosial Keuskupan, sebagai rekan kerjasama dan lembaga pelaksana proyek. Lewat kerjasama dengan Caritas/lembaga sosial Gereja Katolik Keuskupan, KARINA hadir di 37 Keuskupan (wilayah Gerejani) di seluruh Indonesia, khususnya dalam bidang sosial-kemanusiaan.

STRUKTUR

Struktur inti Yayasan KARINA terdiri dari tiga organ Yayasan, yakni Badan Pembina, Badan Pengawas dan Badan Pengurus. Badan Pengurus menunjuk seorang Direktur Eksekutif KARINA untuk memimpin unit pelaksanaan program. Mereka yang duduk dalam kepengurusan ini adalah sebagai berikut:

Badan Pembina  
Ketua : Mgr. Martinus Dogma Situmorang, O.F.M. Cap.
Sekretaris : Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, M.S.F.
Anggota : Mgr. Edmun Woga, C.Ss.R.
Badan Pengawas  
Ketua : Mgr. Petrus Turang, Pr
Anggota : Mgr. Silvester San, Pr
: Mgr. Ludovicus Simanulang, O.F.M.Cap
Badan Pengurus  
Ketua : Mgr. Ayolsius Sudarso, S.C.J.
Wakil : RP. Ignatius Swasono, S.J.
Sekretaris : Ibu MJL. Sri Murniati
Bendahara : Ibu Fransiska Nelwan Mok
: Ibu Devie Kusumaputri
Anggota 1.         RP. Josef Emanuel Embu, S.V.D.

2.         RD. Ewaldus

3.         RP. Eagidius Eka Aldilanta, O.Carm

4.         Ibu Christina Meirawati

5.         Ibu Brigitta Hadianto Imam Rahayoe

6.         Bapak Herman Yoseph Susmanto

7.         Bapak Paulus Irwan Edy

Unit Pelaksana

Direktur Eksekutif: Fredy Rante Taruk, Pr

Struktur Organigram KARINA
Struktur Organigram KARINA

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta