[COVID-19]: SIARAN PERS: SOLIDARITAS GEREJA KATOLIK INDONESIA MERESPON PANDEMI COVID-19 MELALUI CARITAS INDONESIA – Caritas Indonesia – KARINA

[COVID-19]: SIARAN PERS: SOLIDARITAS GEREJA KATOLIK INDONESIA MERESPON PANDEMI COVID-19 MELALUI CARITAS INDONESIA

10/04/2020

SIARAN PERS

FOR IMMEDIATE RELEASE

Jakarta, 8 April 2020.

SOLIDARITAS GEREJA KATOLIK INDONESIA

MERESPON PANDEMI COVID-19 MELALUI CARITAS INDONESIA

  • Respon kemanusiaan dari Gereja Katolik Indonesia saat pandemi COVID-19 dikoordinasi dan difasilitasi oleh lembaga pelayanan kemanusiaan Caritas Indonesia, sebagai Lembaga Sosial-Pastoral di bawah Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).
  • Caritas Indonesia bekerja sama dengan 37 Caritas/PSE Keuskupan di seluruh Indonesia yang tergabung dalam keluarga Jaringan Nasional Caritas Indonesia.
  • Respon bantuan kemanusiaan berupa barang kebutuhan hidup dasar, media advokasi dan edukasi, dan alat perlindungan diri yang diberikan kepada kelompok rentan KLMTD (kaum yang Kecil, Lemah, Miskin, Terpinggirkan dan Difabel).

 

Memperhatikan situasi terkini dari pandemi COVID-19 di Indonesia, Caritas Indonesia sebagai Lembaga Kemanusiaan Gereja Katolik yang didirikan oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) melakukan respons dengan cepat dan mendorong umat dan masyarakat untuk terlibat. “Dengan semangat belarasa yang kami bawa dalam setiap pelayanan yang dilakukan, kami mengharapkan agar pandemi cinta kasih dan solidaritas saat ini juga bisa menyebar untuk dirasakan dan dilakukan di seluruh Indonesia,” menurut penjelasan Fredy Rante Taruk, Pr., Direktur Eksekutif dari Caritas Indonesia.

Dengan diterimanya mandat dari KWI, maka Caritas Indonesia segera berkoordinasi dengan anggota jaringannya yang mencakup seluruh kawasan Nusantara. Dimulai dengan mengaktivasi Media Center untuk melakukan komunikasi, koordinasi dan mendata Keuskupan yang sudah mengeluarkan surat himbauan tentang tata perayaan liturgi dan non liturgi Gereja. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang pandemi COVID-19 serta apa yang sudah dilakukan oleh Gereja bagi umat dan publik pada umumnya.

Selanjutnya, program bantuan dirumuskan dengan menjalin kerjasama dengan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) KWI untuk memprioritaskan kelompok KLMTD yang terdampak paling parah atas krisis ini. Caritas Indonesia mendorong Caritas/PSE Keuskupan untuk mengakses dana dukungan respon COVID-19 melalui pengajuan proposal. Hingga saat ini, 8 April 2020, tercatat sudah ada 20 Keuskupan yang merespon pandemi Covid19 dengan mengajukan permohonan dana total Rp 3.045.365.800. Sedangkan dana yang sudah dikirimkan oleh Caritas Indonesia ke Caritas/PSE Keuskupan sebesar Rp 1.980.875.500.

Caritas/PSE juga menggunakan sumber daya keuskupan sebagai wujud kontribusi lokal atas respon ini. Untuk respon ini, Caritas Indonesia membuka penggalangan dana dan barang-barang APD sampai akhir April 2020. Bantuan dana dan barang dapat ditujukan ke Yayasan Caritas Indonesia (KARINA-KWI) Jl. Matraman No. 31, Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, 13150, Jakarta Timur. Nomor Rekening BCA: 288-308-0599, a/n. YAY KARINA, Cabang Puri Indah, Jakarta.

Dengan adanya dana dukungan ini, harapannya Caritas/PSE Keuskupan dapat memenuhi kebutuhan bagi kelompok KLMTD seperti paket sembako, multivitamin, sarana umum untuk cuci tangan, dll. Serta bantuan kepada tenaga medis di rumah sakit daerah seperti masker, baju hazmat dan APD lainnya.

Selain itu, Caritas Indonesia juga mendorong Caritas/PSE Keuskupan untuk menyebarkan pandemik cinta kasih dan solidaritas dengan melibatkan umat dan masyarakat umum untuk membuat masker kain secara mandiri, membagikan paket makan siang kepada para pekerja informal harian, menyemprot disinfektan ke sekolah-sekolah dan fasilitas umum lainnya, dan memberikan edukasi dan promosi kesehatan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 melalui siaran radio, pemasangan brosur dan poster di tempat-tempat yang strategis.

Respon kemanusiaan COVID-19 ini dilakukan serentak oleh Caritas/PSE Keuskupan dari Regio Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, dan Manado-Makassar-Papua.

—————————-

Caritas Indonesia berdiri sejak 17 Mei 2006 dan menerima mandat dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sebagai lembaga pelayanan kemanusiaan dan pusat animasi, koordinasi dan fasilitasi Gereja Katolik di Indoensia dalam menjalankan misi kemanusiaan. Yayasan ini berdiri untuk membantu para korban bencana alam maupun non alam, melakukan pemberdayaan masyarakat, dan misi kemanusiaan lain seperti isu-isu pelanggaran hak asasi manusia, konflik dan kekerasan sosial, dialog antar agama dalam aksi kemanusiaan, ketidak adilan gender dan ketidak adilan sosial lainnya.

Sampai dengan saat ini, Caritas Indonesia sudah terlibat aktif dalam berbagai respon kebencanaan seperti gempa Padang (2009), erupsi Gn. Merapi (2010), banjir di Wasior (2010), erupsi Gn. Sinabung (2013 – 2015), pengungsi Rohingya di Aceh Timur (2015), gempa dan tsunami Lombok (2018), gempa dan tsunami Palu (2018) dan yang terakhir adalah gempa dan tsunami Selat Sunda (2019). Caritas Indonesia berkedudukan di Jakarta dan merupakan anggota aktif dari Konfederasi Caritas Internationalis (CI) yang berpusat di Roma dan beranggotakan lebih dari 167 negara di dunia.

—————————–

Contact Details

Media Center #CaritasOnCovid19

Basskoro – 081328713052 / baskoro@karina.or.id

Dhion Gumilang – 082137812238 / dhion@karina.or.id

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta