Persaudaraan dan Solidaritas di tengah Darurat Covid-19. – Caritas Indonesia – KARINA

Persaudaraan dan Solidaritas di tengah Darurat Covid-19.

12/03/2020

 

Sampai saat tulisan ini dibuat, sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, Virus Corona telah merenggut 4.640 jiwa manusia dari 124 negara dengan total kasus yang ditemukan sejumlah 126.662 kasus yang tersebar di sejumlah negara.

Pemerintah Italia telah memberlakukan peraturan sangat ketat menyangkut aktifitas publik, termasuk perayaan misa atau kegiatan liturgi sampai 3 April 2020. Data worldometers.info menyebutkan, dari 12.462 kasus yang ditemukan di Italia, sebanyak 1,045 berhasil teratasi, dan 827 orang meninggal dunia.

Grafik jumlah korban jiwa (Sumber: worldometers.info)

Kardinal Peter Turkson, dari Departemen Promosi Pengembangan Integral Manusia (The Prefect of the Vatican Dicastery for Promoting Human Integral Development), mengatakan bahwa keadaan darurat Coronavirus adalah “waktu yang tepat untuk meresapi nilai persaudaraan dan adanya ikatan di antara kita, satu sama lain dalam cara yang tidak dapat dipecahkan.

Dia mengingatkan apa yang telah dilakukan Paus Fransiskus dan para pemimpin negara lainnya untuk menaruh perhatian pada negara-negara yang paling terdampak, dengan menyumbangkan bantuan medis atau pun bantuan keuangan. Ia menegaskan kembali apa yang sering diulang oleh Paus Fransiskus tentang kedekatan Gereja dengan semua yang tertular, para korban, keluarga mereka dan semua petugas kesehatan yang berada di garis depan dalam merawat dan membawa bantuan kesehatan.

Petugas kesehatan memeriksa para penumpang di Bologna Guglielmo Marconi Airport. (Photo: Dipartimento Protezione Civile)

Dalam situasi krisis darurat ini, banyak negara, terutama negara-negara dengan sistem perawatan kesehatan yang lemah, sangat kewalahan oleh dampak virus. Karena itu, Vatikan mendesak mereka yang memiliki kekuatan politik dan ekonomi untuk tidak mengabaikan keadilan sosial dan tetap mendukung baik secara ekonomi maupun dalam penelitian medis.

Dalam waktu seperti ini, yang sangat dibutuhkan adalah memperkuat solidaritas, kedekatan dan persahabatan di antara negara-negara dan masyarakat. Kardinal Turkson, memastikan dukungan Takhta Suci pada para pekerja medis yang profesional dengan fasilitas penunjang kesehatan di berbagai lokasi, terutama di daerah yang sangat terpencil dalam kesulitan yang besar.

=======================================================================

Sumber:

https://www.vaticannews.va/en/vatican-city/news/2020-03/vatican-dicastery-development-turkson-coronavirus-message.html

https://www.worldometers.info/coronavirus/

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta