SANG GEMBALA TELAH BERPULANG – Caritas Indonesia – KARINA

SANG GEMBALA TELAH BERPULANG

20/11/2019

Gereja Katolik Indonesia, dan secara khusus Caritas Indonesia (KARINA – KWI), berduka atas berpulangnya Mgr. Dr. Martinus Dogma Situmorang, OFM. Cap. Setelah mendapatkan perawatan intensif hampir 2 minggu di RS Boromeus, Bandung, pimpinan tertinggi Gerejani Keuskupan Padang sekaligus Ketua Dewan Pembina Caritas Indonesia, berpulang dalam damai pada Selasa, 19 November 2019, pukul 21.38 WIB.

Dilahirkan di Palipi – Samosir, Sumatera Utara, pada 28 Maret 1947, beliau adalah anak ketiga dari pasangan Bapak Joseph Iskandar Arminius Situmorang dan Ibu Maria Dina Sinaga. Ayahnya adalah seorang katekis yang punya andil besar dalam kehidupan Gereja di Pulau Samosir.

Sebagai seorang biarawan Ordo Saudara Dina Kapusin (OFM. Cap), beliau mengucapkan kaul pertama pada 13 Januari 1967. Selanjutnya, pendidikan teologi dijalaninya di Seminari Tinggi Pematangsiantar, Sumatera Utara. Pada, tanggal 5 Januari 1974, Almarhum menerima tahbisan imam dan menjalani studi Spiritualitas di Pontifica Università Gregoriana (Universitas Kepausan Gregoriana) Roma, hingga tahun 1976. Selesai studi, beliau diangkat menjadi Rektor Seminari Tinggi Pematangsiantar hingga tahun 1983.

Mgr. Dr. Martinus Dogma Situmorang, OFM. Cap mendengarkan penjelasan seorang peserta dari Pakistan dalam kegiatan Pan-Asia Farmers Conference di Yogyakarta 2016. (Photo: Caritas Indonesia)

 

Beliau ditahbiskan menjadi Uskup Keuskupan Padang pada 11 Juni 1983 dan menjabat sebagai Ketua KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) pada periode Tahun 2006 – 2009 dan periode Tahun 2009 – 2012. Terhitung sejak 17 Mei 2006 hingga saat ini, beliau adalah Ketua Dewan Pembina Caritas Indonesia (Karina – KWI), lembaga kemanusiaan KWI yang diberi mandat untuk menjadi animator, fasilitator dan koordinator bagi keuskupan-keuskupan di Indonesia dalam menjalankan program-program Sosio-Pastoral dan bantuan kemanusiaan, tanggap darurat dan pengurangan risiko bencana, pemberdayaan komunitas, program lingkungan hidup serta promosi Belarasa kemanusiaan.

Mgr. Dr. Martinus Dogma Situmorang, OFM. Cap (duduk kedua dari kanan), bersama anggota Badan Pembina, Pengawas dan Pengurus Caritas Indonesia. (Photo: Caritas Indonesia)

 

Sebagai pimpinan tertinggi Caritas Indonesia, beliau dikenal sebagai pribadi yang menaruh perhatian bukan hanya pada persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan, namun juga pada kehidupan para karyawan Caritas Indonesia. Sangat teguh dalam prinsip namun lembut dalam sapaan, beliau selalu mengingatkan dalam arahan-arahannya, bahwa Caritas Indonesia harus setia sebagai lembaga pemegang mandat dari Gereja Katolik Indonesia yang menjalankan program-program kemanusiaan.

Mgr. Dr. Martinus Dogma Situmorang, OFM. Cap (duduk kedua dari kanan), bersama sebagian karyawan Caritas Indonesia. (Photo: Caritas Indonesia)

 

Beliau mengenal semua jajaran pengurus dan mengikuti dinamika hampir semua karayawan yang ada di kantor Caritas Indonesia. Beberapa karyawan Caritas Indonesia bahkan menyebut, bahwa beliau sangat ‘kebapakan’ (fatherhood) dan humoris dalam menjalin relasi, baik dengan orang yang baru dikenalnya maupun yang sudah lama dikenal. Beliau sungguh menghidupi apa itu Kasih, karena baginya, Iman bekerja melalui Kasih (Fides Per Caritatem Operatur). Dan kini “Sang Pemilik” domba-domba telah memanggil “Gembala” itu pulang ke rumahNya untuk tinggal di tempat yang terbaik karena karya-karya Kasihnya selama ini.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta