Membumikan Standar SPHERE di Rumah Betang – Caritas Indonesia – KARINA

Membumikan Standar SPHERE di Rumah Betang

17/08/2019

 

 

Pulau Kalimantan adalah pulau yang kaya akan kayu berkualitas tinggi, kuat dan tahan lama. Paling tidak ada 7 jenis kayu dari Kalimantan yang dikenal kuat dan tahan lama, seperti Kayu Meranti, Kayu Ulin, Kayu Bengkirai, Kayu Balau, Kayu Kapur, Kayu Keruing dan Kayu Merbau. Rumah-rumah adat di Kalimantan, yang umumnya disebut Rumah Betang atau Rumah Panjang, berdiri dengan bahan utama salah satu atau gabungan dari jenis kayu-kayu dengan tambahan dari tumbuhan bambu ataupun yang lain.

 

Dengan ketinggian rata-rata antara 3 – 8 meter di atas permukaan tanah, Rumah Betang memiliki lebar antara 5 – 8 meter dan panjang antara 150 – 180 meter. Rumah Betang memang bukan rumah individual atau perorangan melainkan rumah bersama bagi sekitar 10 – 15 keluarga. Rumah Betang bukan pula sekedar hunian tapi juga manifestasi budaya masyarakat setempat tentang apa itu keserasian atau kebersamaan hidup.

 

Suasana diskusi di dalam Rumah Betang, BIMA Center. (Photo: Caritas Indonesia)

 

Pemilihan bangunan tradisional menyerupai Rumah Betang yang terletak di Bina Utama (BIMA Center) Payakkumang, Keuskupan Ketapang sebagai lokasi untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas Relawan dan Staf Keuskupan, erat kaitannya dengan nilai-nilai budaya yang ada di Rumah Betang, yakni sebagai sarana yang efektif bagi masyarakat Dayak untuk membina keakraban satu sama lain. Di tempat inilah para peserta dari tujuh keuskupan dikumpulkan untuk dapat menerima pengetahuan baru dan saling bertukar pikiran mengenai pengalaman, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan kegiatan kemanusiaan, khususnya dalam hal tanggap darurat bencana.

 

Tiga fasilitator dari Caritas Indonesia, yakni Yohanes Baskoro, Frans Rudy Raka dan Eva Sitorus, selama 3 hari (25 – 27 Juni 2019) berada di BIMA Center untuk membumikan Standar Sphere, Standar Inti Kemanusiaan (Core Humanitarian Standard), Caritas Internationalis Emergency Response Toolkits dan Panduan Pengelolaan Relawan Caritas Indonesia kepada 16 peserta yang datang dari Keuskupan Sintang, Tanjung Selor, Ketapang, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda dan Pangkal Pinang.

 

Foto bersama para fasilitator dan peserta pelatihan Standar SPHERE dan Volunteer Management di depan Rumah Betang. (Photo: Caritas Indonesia)

 

Para peserta itu diharapkan mampu menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuan yang mereka terima di dalam pelatihan serta menjadi ujung tombak dalam kegiatan tanggap darurat di keuskupan masing-masing. Sehingga, ibarat kayu-kayu pilihan yang kuat dan tahan lama, dengan adanya pelatihan dan kegiatan bersama dengan para relawan, diharapkan para peserta semakin dikuatkan keterampilan dan pengetahuannya, baik secara individual maupun secara kelompok.

 

 

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta