Merumuskan Tata Kelola Tanggap Darurat di Palangkaraya dan Makassar – Caritas Indonesia – KARINA

Merumuskan Tata Kelola Tanggap Darurat di Palangkaraya dan Makassar

15/05/2019

 

Bencana alam sering terjadi di luar perhitungan manusia, baik tempat, waktu dan akibat yang ditimbulkan. Kondisi siap siaga dan selalu waspada akan datangnya bencana, patut dimiliki oleh siapa saja, terutama mereka yang dalam aktifitas sehari-hari bersentuhan dengan pelayanan publik. Kewaspadaan memang penting untuk mengurangi risiko atau korban yang timbul akibat terjadinya bencana. Maka dari itu satu panduan atau SOP (Standard Operating Procedure) tanggap darurat patut dimiliki oleh sebuah lembaga pelayanan publik.

 

Suasana diskusi kelompok di Keuskupan Palangkaraya. (Photo: Karina)

 

Dalam kaitan tersebut, Caritas Keuskupan Palangka Raya dan Caritas Keuskupan Keuskupan Agung Makassar bekerjasama dengan Yayasan Karina mengadakan 2 kegiatan yang saling berhubungan, yakni Review Draft SOP Tanggap Darurat dan Workshop SOP Tanggap Darurat. Keuskupan Palangka Raya melaksanakan 2 kegiatan tersebut pada 18 – 21 Maret 2019, diikuti oleh 34 peserta yang merupakan utusan dari 25 paroki di wilayah Keuskupan Palangka Raya. Mereka yang turut serta dalam kegiatan ini di antaranya adalah RP. Yoseph Pati Mudaj, MSF (Direktur Caritas Keuskupan Palangka Raya), RD. Thomas Ehe Tukan (Vikaris Yudisial Keuskupan Palangka Raya), RD. Dominikus Kefi (Ketua Komisi Justice and Peace Keuskupan Palangka Raya), RP. A. Darmakusuma, MSF (Ketua Komisi PSE Keuskupan Palangka Raya), RD. Bernardimus Penta (Ekonom Keuskupan Palangka Raya), Salbiyah (CRS Indonesia), dan Cindy Aprilia (Mahasiswi BINUS yang sedang bekerja magang di Yayasan Karina).

 

Kegiatan serupa dilakukan pula di Keuskupan Agung Makassar pada 25 – 28 Maret 2019, dan diikuti oleh 28 peserta, termasuk di dalamnya adalah RD. Linus Oge (Sekretaris Eksekutif PSE – Caritas Keuskupan Agung Makassar), para utusan dari keuskupan, kevikepan, paroki, pegiat tim Kerasulan Sosial Keuskupan Agung Makassar, Tim Caritas Makassar dan CRS Indonesia.

 

Sebagian peserta Workshop SOP Tanggap Darurat, Keuskupan Agung Makassar. (Photo: Karina)

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi perkembangan SOP di tingkat keuskupan yang secara jelas merefleksikan peran dan tanggungjawab para pemangku kepentingan, khususnya antara keuskupan dan KARINA dalam masa tanggap darurat. Ketika bencana terjadi di wilayah keuskupan, SOP keuskupan akan mendefinisikan dengan jelas hal-hal yang perlu dijalankan keuskupan bersama pemangku kepentingan lain, kriteria bencana yang perlu direspon, prosedur kerja, serta penempatan staf/relawan.

 

Uskup Palangka Raya, Mgr. Aloysius Sutrisnaatmaka, MSF, menyambut baik dan mendukung kegiatan yang merupakan kelanjutan dari proyek CAPABLE yang telah berjalan sejak tahun 2017. Harapannya, setelah workshop ini, Keuskupan Palangka Raya memiliki SOP Tanggap Darurat Bencana yang bisa menjadi pedoman tata laksana ketika bencana terjadi. Harapan serupa juga datang dari P. Joni Payuk, CICM (VicJen Keuskupan Agung Makassar) yang mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, Caritas Makassar diharapkan tidak hanya merespon ketika bencana terjadi di wilayah kerja Keuskupan Agung Makassar, melainkan juga memiliki dokumen yang bisa dijadikan pedoman jika situasi darurat terjadi serta merancang program pengurangan risiko bencana (PRB).

 

Fasilitator dari CRS Indonesia turut memandu proses diskusi. (Photo: Karina)

 

Catatan akhir yang muncul dari 2 kegiatan tersebut, baik di Keuskupan Palangka Raya maupun di Keuskupan Agung Makassar adalah, bahwa untuk kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas selanjutnya, para peserta memandang pentingnya melibatkan Komisi-komisi terkait dalam keuskupan, tarekat-tarekat religius, organisasi/kelompok kategorial, lembaga/yayasan yang berkarya di wilayah keuskupan. Hal tersebut dirasa penting, karena beberapa Ketua Komisi di Keuskupan dan kelompok kategorial belum mengenal secara utuh karya Keluarga Caritas Indonesia. Sehingga dengan banyaknya orang yang mengenal kegiatan Caritas, lembaga pelayanan kemanusiaan ini mampu mendapat tempat di hati mereka dan menjangkau semua orang yang perlu mendapatkan pelayanan. ●

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta