PENGUATAN KAPASITAS TIM CARITAS KEUSKUPAN BOGOR – Caritas Indonesia – KARINA

PENGUATAN KAPASITAS TIM CARITAS KEUSKUPAN BOGOR

14/05/2019

Biro Caritas Keuskupan Bogor (CARIOR) bersama Yayasan Karina pada 8 – 12 April yang lalu menyelenggarakan pelatihan pengembangan kapasitas (capacity building) untuk anggota Tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Tsunami Selat Sunda. Kegiatan yang diadakan di Paroki St. Herculanus, Depok ini diikuti oleh 9 anggota tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi Keuskupan Bogor dan 1 mahasiswa Universitas Bina Nusantara yang sedang magang di Yayasan Karina.

 

Fasilitator memberi pengantar metode kajian. (Photo:Karina)

 

Materi-materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah Pengantar Tanggap Darurat, Piagam Kemanusiaan dan Standar Minimum Bantuan Kemanusiaan (Sphere), Isu Lintas Sektor – Prinsip Perlindungan dan Keamanan, Kode Perilaku, Perencanaan Kajian, Metode dan Alat Kajian, Mengatasi Bias dan Prasangka dalam Kajian, Stakeholder, Laporan Situasi (Situation Report) dan Pengantar MEAL (Monitoring, Evaluation, Accountability, Learning).

 

Proses kegiatan ini tidak terpaku pada jadwal yang disiapkan untuk setiap sesi, artinya fasilitator pelatihan memastikan terlebih dahulu bahwa setiap sesi dapat dipahami dengan baik oleh peserta, sebelum melangkah ke tahap berikutnya. Namun, mengingat waktu yang terbatas, maka fasilitator harus memilah dan memadatkan beberapa materi pelatihan yang dipandang perlu dan sesuai dengan konteks dan kebutuhan tim.

 

Salah satu sesi pelatihan, pemetaan masalah. (Photo: Karina)

 

Ada hal menarik dalam proses pelatihan, yakni ketika peserta diminta untuk mengisi lembaran Pre Test yang berisi sepuluh pertanyaan tentang materi yang akan dibahas. Test awal ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan awal peserta sebelum mendapatkan peningkatan kapasitas. Pada tahap Pre Test, hasil rata-rata pengetahuan tentang tanggap darurat menunjukkan poin sebesar 13,5 dari total 100. Namun demikian, setelah mendapatkan pengetahuan tentang tanggap darurat dan dilakukan Post Test, maka didapatkan poin rata-rata sebesar 71 dari total 100.

 

Peserta pelatihanfoto bersama Rm. Yulius Eko Priyambodo (Pastor Vikaris St. Herculanus, Depok) dan Rm. Ignatius Swasono, SJ (Interim Executive Director Karina). (Photo: Karina).

 

Data di atas menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 57,5%. Dari hasil review juga diketahui bahwa para peserta menyatakan “merasa nyaman selama mengikuti pelatihan dan merasa sangat puas” dengan proses pelatihan ini. CARIOR dan Yayasan Karina berharap, dari kegiatan ini muncul pemahaman akan perlunya kewaspadaan pada bencana yang sering terjadi di luar perkiraan manusia. Lebih jauh lagi, Keuskupan Bogor berharap dari pelatihan ini, Tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Tsunami Selat Sunda Keuskupan Bogor mampu menjalankan program rehabilitasi dan rekonstruksi di Selat Sunda yang akan berjalan pada tahun ini.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta