BELAJAR PROJECT COMPASSION dari CARITAS AUSTRALIA – Caritas Indonesia – KARINA

BELAJAR PROJECT COMPASSION dari CARITAS AUSTRALIA

16/05/2019

Awal bulan hingga akhir bulan Maret yang lalu, Yayasan Karina mendapat undangan untuk mendukung Kampanye “Project Compassion: GiveLent 100%” yang diadakan oleh Caritas Australia. Project Compassion (PC) adalah kampanye penggalangan dana yang diadakan pada masa Pra-Paskah dengan tujuan membangun kesadaran untuk mau berbagi atas segala kelebihan yang dimiliki kepada saudara-saudari yang lebih membutuhkan. Kampanye ini sudah dilaksanakan oleh Caritas Australia sejak tahun 1966 dan menjadi agenda nasional tahunan terbesar di Benua Kangguru.

 

Tahun ini, Caritas Australia mengundang 2 pembicara internasional untuk terlibat dalam kegiatan selama 3 minggu di wilayah West Coast dan East Coast dari Benua Australia. Mereka adalah Yohanes Baskoro, yang mewakili Yayasan Karina dan Super Dube dari Zimbabwe (Caritas Hwange). Sebelum rangkaian kegiatan PC dimulai, kedua pembicara mendapatkan 3 sesi pelatihan dari Caritas Australia, yaitu memahami PC secara umum dan sejarah Caritas Australia (sesi 1), memahami alat-alat peraga yang diperlukan sebagai pembicara (sesi 2) dan latihan berbicara di depan umum sekaligus latihan wawancara dengan atau tanpa kamera (sesi 3).

 

Y. Baskoro bersama Paul O’Callaghan (CEO Caritas Australia) dan Super Dube dari Caritas Hwange – Zimbabwe. (Photo: Caritas Australia)

 

Jelas sekali terlihat, bahwa Caritas Australia mempersiapkan PC ini dengan matang dan melibatkan masyarakat Katolik di Australia, mulai dari tingkat keuskupan, paroki, kelompok kategorial dan sekolah-sekolah Katolik. Project Compassion memang tercatat sebagai salah satu kegiatan penggalangan dana terbesar nomor dua di Australia. Dana yang terkumpul dalam kampanye ini digunakan untuk mendukung program-program Caritas Australia di negara-negara miskin. Selain itu, dana tersebut juga disalurkan ke negara-negara di mana mitra Caritas Australia sedang tertimpa bencana, dan Karina adalah salah satu mitra Caritas Australia.

Pembelajaran apa yang Karina dapat dari kegiatan PC yang dilaksanakan di masa Pra-Paskah tahun ini? Pertama kegiatan ini memiliki konsep yang matang dan melibatkan melibatkan semua lapisan umat Katolik di Australia. Mulai dari materi kampanye yang mudah diakses di mana saja, hingga dukungan dari para petinggi Gereja Katolik dan pimpinan sekolah-sekolah Katolik, serta pelibatan semua elemen masyarakat Katolik. Anak-anak, orang dewasa, orang tua, bahkan orang sakit pun disapa satu-persatu tanpa membeda-bedakan. Keterlibatan semua orang untuk menyemarakkan PC dengan caranya masing-masing menjadikan masa Pra Paskah bukan sekadar berpantang, namun juga kegembiraan berbagi.

 

Y. Baskoro bersama Diocesan Director of Caritas Toowoomba dan para siswa-siswi. (Photo: Catherine McAleer, DD Caritas Toowoomba)

 

Kedua, adanya pembagian peran dalam kegiatan yang besar, di mana Divisi Fundraising dan Communication menjadi bagian yang sama pentingnya dengan Divisi Program dan Finance, dan menjadi tulang punggung Caritas Australia dalam menjalankan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Pada tahun 2018, PC dapat mengumpulkan uang sebanyak AUS $ 11,000,000, dan ini berkat informasi yang tersebar dan kesadaran akan pentingnya PC yang tumbuh dengan sangat baik. Dan ketiga, motivasi utama fundraising di dalam PC adalah membangun kesadaran melalui informasi yang mendidik dan bukan sekedar menyodorkan kotak donasi untuk diisi uang.

 

Materi pendukung kampanye Project Compassion yang tersedia di gereja dan sekolah-sekolah Katolik. (Photo: Y. Baskoro)

 

Project Compassion ini bukan lagi tentang mengumpulkan uang, melainkan tentang sapaan dan ajakan untuk berbuat baik yang bisa dilakukan oleh siapapun, baik anak TK, orang dewasa, bahkan orang tua yang sudah sakit-sakitan sekalipun. Proyek ini menjadi unik karena menggabungkan fundraising, friendraising sekaligus awareness raising. Keterlibatan Karina dalam proyek ini adalah momen yang sangat berharga. Sebab dari sana, Karina mendapatkan pengalaman dan inspirasi untuk mengembangkan kegiatan fundraisingnya sendiri. Terimakasih Caritas Australia! · YB

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta