“BTMG” Caritas PSE Manado kepada 3.565 KK – Caritas Indonesia – KARINA

“BTMG” Caritas PSE Manado kepada 3.565 KK

16/04/2019
Foto: Caritas PSE Manado.

“Terima kasih kepada Caritas PSE Manado yang sudah membantu kami di Desa Tangkulowi… Sehingga anak saya bisa minum susu. Dana yang diberikan sudah saya gunakan untuk membeli susu dan kebutuhan lain untuk anak saya… Tuhan Yesus Memberkati.” Demikian sebuah pesan pendek yang diterima oleh administrator FB Caritas Indonesia-Karina. Pesan tersebut dikirimkan kepada kami beberapa hari setelah kegiatan pembagian bantuan tunai multi guna (BTMG) dilaksanakan oleh tim Caritas PSE Manado di semua wilayah dampingan mereka.

Program BTMG dari Caritas PSE Manado ini menjangkau 12 desa di Kabupaten Sigi, Palu dan Donggala. Sejak 11 Februari hingga 29 Maret, sebanyak 3.565 KK di Desa Batusuyagoo, Sindosa, Kaliburu, Jonooge, Sidera, Lendetovea, Limboro, Toaya, Boladangko, Bolapapu, Tangkulowi dan Palu Kota telah menerima BTMG. Untuk kegiatan ini, Caritas PSE Manado, Yayasan Karina, dan CIMOs yang bekerjasama dengan Kantor Pos di Palu telah menyalurkan uang sejumlah Rp 5.813.500.000. Proses pemberian bantuan ini sudah melewati berbagai tahapan kegiatan seperti kajian kebutuhan, pendaftaran calon penerima bantuan, sosialisasi mekanisme bantuan dan finalisasi data penerima bantuan sebelum diserahkan kepada Kantor Pos.

Staf Caritas PSE Manado melakukan sosialisasi Program BTMG di Sindosa (Foto: Caritas PSE Manado).

Kegiatan pembagian BTMG ini mendapat apresiasi yang sangat baik oleh masyarakat dampingan Caritas PSE Manado. Salah seorang ibu di Tangkulowi menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang diterima melalui BTMG ini. Karena selain dapat digunakan untuk membeli kebutuhan untuk anak-anak, bantuan ini diharapkan dapat digunakan juga oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Dalam masa pemulihan pasca bencana ini, Caritas PSE Manado menyadari betul bahwa masyarakat memerlukan campur tangan dari pihak lain untuk membantu memulihkan kondisi ekonomi dan sosial mereka. Maka dari itu, Program BTMG dari Caritas PSE Manado ini menjadi salah satu bentuk dukungan kepada masyarakat untuk pemulihan diri pasca bencana.

Untuk membantu tim Caritas PSE Manado melayani masyarakat dengan baik, serangkaian kegiatan pelatihan dan lokalatih dilakukan di Palu. Proses BTMG ini didahuli dengan pelatihan “Cash Transfer Program” yang diberikan oleh CRS Indonesia pada tanggal 29-31 Januari 2019 di Pos St. Maria Palu. Minggu sebelumnya, tim Caritas PSE Manado melakukan lokalatih bersama CRS Indonesia untuk membuat sistem monitoring, evaluasi dan pembelajarannya. Kemudian pada tanggal 12-14 Maret 2019, tim Caritas PSE Manado mengikuti pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Palu yang difasilitasi oleh Bapak Sumino, mitra lokal Cordaid, dan Adi Rusprianto, fasilitator PRB dari Caritas Keuskupan Purwokerto.

Tim PSE Caritas Manado melayani dengan ramah masyarakat yang menerima BTMG (Foto: Caritas PSE Manado).

Rangkaian pelatihan dan lokalatih ini merupakan bekal yang sangat penting bagi para pekerja kemanusiaan, khususnya tim Caritas PSE Manado, untuk dapat melayani dan memberikan bantuan kepada para penyintas bencana secara baik dan bermartabat. Semoga bantuan yang diterima oleh masyarakat dapat digunakan dengan baik dan dapat membantu untuk keperluan dasar mereka selama masa pemulihan ini. ●

Media sosialisasi Program BTMG (Dok. Caritas PSE Manado).
Staf Caritas PSE Manado membantu masyarakat menemukan namanya di daftar penerima BTMG (Foto: Caritas PSE Manado).
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta