Pelatihan Lanjutan Manajemen Relawan Caritas di Asia – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan Lanjutan Manajemen Relawan Caritas di Asia

10/04/2019
(Photo: Courtesy Caritas Asia).

Pertengahan tahun lalu, Yayasan Karina mengundang 17 Caritas Keuskupan di Indonesia untuk mengikuti lokalatih Manajemen Relawan di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para relawan yang banyak bekerja di dalam Jaringan Caritas di Indonesia, baik di tingkat paroki, keuskupan maupun masyarakat dampingan. Selama lokalatih ini, para peserta mendapat kesempatan untuk melakukan kunjungan di Pondok Pesantren Al Qodir, Cangkringan dan Paroki St. Petrus dan Paulus Babadan. Dalam kunjungan tersebut, mereka menerima pembelajaran tentang bagaimana mengelola relawan di kawasan lereng Gunung Merapi.

Penguatan kapasitas dalam bidang manajemen relawan tidak hanya diterima oleh Caritas-caritas Keuskupan di Indonesia namun juga oleh staf Yayasan Karina. Pada tanggal 18-20 Februari 2019, staf Yayasan Karina mengikuti Pelatihan Lanjutan Manajemen Relawan di Bangkok, yang merupakan kelanjutan dari Pelatihan Dasar Manajemen Relawan yang telah dilakukan 2 tahun sebelumnya. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh EU Aid Volunteers, EAC-EA, Caritas Austria dan Caritas Asia. Sebanyak 32 peserta dari 11 negara mengikuti kegiatan pelatihan ini. Mereka berasal dari Caritas Nepal, Caritas India, Caritas Myanmar, Caritas Pakistan, Caritas Bangladesh, Caritas Mongolia, Karina, NASSA/Caritas Philippines, Caritas Czech, Caritas Romania dan Caritas Austria. Mereka tergabung di dalam satu proyek yang bernama Peach Project 2018-2020.

Para peserta melakukan diskusi kelompok yang membahas tentang pengelolaan relawan di negaranya masing-masing (Foto: Eva S. S./Karina).

Materi-materi pelatihan diberikan dan difasilitasi oleh Christina Rigman. Selaku trainer, ia menyampaikan pentingnya satu perangkat khusus bagi relawan pada umumnya yang bisa diberlakukan, baik pada masa normal maupun saat tanggap darurat. Lebih lanjut ia menekankan bahwa kebutuhan akan relawan perlu juga diwujudkan di dalam kebijakan lembaga dan harus memperhatikan banyak aspek seperti kesiapan organisasi bagi relawan yang akan terlibat, proses seleksi relawan dan sistem pelatihan, supervisi dan evaluasi relawan berdasarkan bidang tugas dan lain-lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Yayasan Karina mengutus Eva S. Sitorus dan Riana sebagai peserta. Karina sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, karena meskipun sudah memiliki Buku Panduan Kerelawanan untuk Masa Tanggap Darurat, namun kebijakan khusus untuk relawan pada umumnya (reguler volunteer) masih perlu dikembangkan baik untuk relawan nasional maupun internasional. Maka dari itu, pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama mengikuti pelatihan ini dapat menjadi pendorong untuk mengembangkan Panduan Kerelawanan yang sudah ada menjadi sebuah kebijakan lembaga. ●

Para peserta pelatihan berfoto bersama (Foto: Caritas Asia).
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta