Temu Sukarelawan Kebencanaan di Bali – Caritas Indonesia – KARINA

Temu Sukarelawan Kebencanaan di Bali

09/04/2019

Tim Tanggap Darurat Keuskupan Denpasar (TTD-KD) berkesempatan mengikuti acara temu relawan kebencanaan seluruh Indonesia di Bumi Perkemahan Nangun Kerti, Pancasari, Kabupaten Buleleng, Bali pada 26 – 28 Maret 2019.  Kegiatan bertema “Mensinergikan Semangat Kebersamaan dan Kerelawanan untuk Ketangguhan Bangsa” tersebut diselenggarakan oleh Dharma Relawan Adhirajasa Indonesia dan difasilitasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berbagai topik seputar kebencanaan yang dibahas dalam acara ini adalah Desk Relawan Penangguhan Bencana, Sertifikasi Penangguhan Bencana, Kluster Relawan Penangguhan Bencana, Ekspedisi Desa Tangguh Bencana, Gerakan Pengurangan Resiko Bencana, Hari Kesiap-siagaan Bencana 2019 serta Sinkronisasi PFRB dan Relawan Penangguhan Bencana. Secara keseluruhan, kegiatan ini berlangsung menarik dan sangat cair. Peserta tidak hanya mendapatkan informasi dan pengetahuan, namun juga dapat menjalin jaringan dengan sesama relawan dari seluruh Indonesia.

Para sukarelawan kebencanaan mendapatkan paparan materi kebencanaan dari narasumber (Foto: Handoko/TTD-KD).

Kehadiran TTD-KD sendiri dalam pertemuan ini bukan sekadar menjadi utusan dari Keuskupan Denpasar tetapi sekaligus mewakili Yayasan Karina dan Jaringan Caritas Indonesia. Handoko, selaku koordinator TTD-KD, menaruh perhatian penting pada acara ini, terutama tentang Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana dalam kaitannya dengan UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Menurutnya, untuk menolong para penyintas, para relawan memang tidak cukup sekadar bermodal niat baik namun juga perlu memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang telah disertifikasi berdasarkan kompetensi dalam proses pembelajaran formal, pelatihan dan pengalaman kerja.

Relawan merupakan mitra strategis BNPB yang ditempatkan dalam satu klaster sesuai dengan kompetensi dan keahliannya di masa tanggap darurat. BNPB berupaya untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan para relawan dalam respon-respon kebencanaan di Indonesia. Oleh karena itu, BNPB pun terus mendorong peningkatan kemampuan dan koordinasi antar relawan. Semoga dengan pertemuan dan pelatihan yang telah direncanakan, para relawan kebencanaan di Indonesia memiliki kemampuan untuk selalu membantu dan melayani para penyintas kebencaan dengan baik dan bermartabat. Salam tangguh!! ●

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta