Pantang Menyerah Sebelum Tuntas – Caritas Indonesia – KARINA

Pantang Menyerah Sebelum Tuntas

06/05/2019
Clean water, one of 3 strategic objectives in Dusun Torean. (Photo: Caritas PSE Keuskupan Denpasar)

“Kalau tidak ada Karina, maka keadaan kami paska gempa seperti apa? Sementara belum ada bantuan dari pemerintah, kami menangis, akan tinggal di mana? Sebelum gempa kami juga kesulitan air. Namun sekarang kami bisa tersenyum bahagia, karena Karina membantu tanpa pamrih. Sekali lagi, terima kasih dan hanya itu yg bisa kami sampaikan.” Demikian sambutan dari Bapak Purnamawan, Ketua RT 2, Dusun Torean, dalam acara Penutupan Proyek Pemulihan Hidup Warga Terdampak Pasca Bencana Gempa, yang dilaksanakan di Dusun Torean pada 29 April 2019. Ia berbicara mewakili 3 dusun dampingan Keuskupan Denpasar, yakni Dusun Tanjung Biru, Dusun Torean dan Dusun Lendang Lokok Re.

Masih dalam kesempatan yang sama Ibu Johanti, isteri Kepala Desa Loloan, mewakili suaminya yang sedang bertugas di Dusun Tanjung, menyampaikan ucapan terima kasih disertai isak tangis. “Mewakili perasaan warga, kita merasa kehilangan dan sedih karena harus berpisah. Kita sudah seperti keluarga, selalu dikunjungi dan didampingi. Tidak pernah ada perselisihan atau kata-kata menyakitkan bagi warga di sini. Kita sangat tidak ingin berpisah karena kita seperti saudara, tidak ada masalah agama, budaya. Kita saling menerima. Terima kasih kepada saudara saya Karina.”

Ibu Johanti, isteri Kepala Desa Loloan, menyampaikan kata-kata pembukaan kepada para tamu (Foto: Karina).

Pada pertemuan yang penuh keakraban di dalam ruangan yang tidak terlalu besar tersebut, disampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Keluarga Caritas Indonesia melalui Keuskupan Denpasar menorehkan kesan yang mendalam bagi warga Loloan. “Saat itu, Karina datang dengan data-data yang lengkap, semua warga bisa dapat bantuan dan tecukupi. Mereka tak segan untuk datang ke kantor desa dan bertanya, mana warga terdampak yang terjauh? Dan akhirnya, teman-teman Karina menelusuri daerah-daerah itu. Mereka tidak punya rasa lelah,” ucap Bapak Purnamawan.

Sambutan positif dari Bapak Purnamawan dan Ibu Johanti semakin menegaskan tentang manfaat bantuan program pemulihan pasca bencana gempa bumi yang diterima oleh sebagian warga Desa Loloan. Hal ini juga selaras dengan kesimpulan dari evaluasi proyek pemulihan pasca gempa Lombok yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

Dalam kegiatan evaluasi yang diadakan di Mataram tersebut, Bapak Handoko selaku Manajer Proyek memaparkan bahwa kegiatan Caritas-PSE Keuskupan Denpasar sudah dimulai sejak masa tanggap darurat, yakni 30 Juli 2018 hingga selesainya distribusi bantuan kemanusiaan pada 30 September 2018. Di tahap ini, telah dibagikan terpal, tikar, selimut dewasa dan selimut bayi. Sementara untuk jenis bahan makanan yang dibagikan adalah beras, makanan kaleng (sarden) dan mi instan. Total penerima bantuan pada masa tanggap darurat berjumlah 5.235 KK (kepala keluarga) atau 13.731 jiwa, yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara.

Perwakilan warga Desa Loloan berfoto bersama tim Caritas PSE Keuskupan Denpasar dan tim Caritas Indonesia pada penutupan acara (Foto: Karina).

Sedangkan dalam masa pemulihan, Bapak Lois Gonsalvez selaku Koordinator Proyek menjelaskan, bahwa implementasi proyek pemulihan pasca gempa Lombok ini berlangsung sejak 1 November 2018 sampai 30 April 2019. Hal ini berdasarkan pada hasil data kajian ulang yang telah dilakukan sebelumnya yang menitik beratkan pada 3 tujuan strategis proyek pemulihan ini, yakni warga terdampak kembali menikmati air bersih, memiliki hunian sementara (huntara) dan terpenuhinya kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) dan perlengkapan rumah tangga.

Selama proses evaluasi, terlihat jelas bahwa ketiga tujuan strategis tersebut telah tercapai sesuai rencana dan dalam bingkai waktu yang ditetapkan, yakni November – Desember 2018 untuk perbaikan 213 unit huntara, Januari – Maret 2019 untuk pemasangan pipa air bersih sepanjang 2.900 meter dan pada November 2018 – April 2019 untuk pembagian sembako dan perlengkapan rumah tangga kepada 408 KK. Secara keseluruhan, total pengeluaran dana dalam proyek pemulihan ini sebesar Rp. 1.852.349.003,- Keberhasilan proyek ini adalah hasil kerja keras dari Tim Caritas PSE Keuskupan Denpasar yang turun langsung ke lapangan serta dukungan lembaga-lembaga donor, seperti Caritas Hongkong, Caritas Italiana, Karina KAS (Keuskupan Agung Semarang), Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Biro Caritas Keuskupan Bogor, Komisi PSE Keuskupan Denpasar dan Dekenat NTB, Karitas Keuskupan Surabaya (KARIYO), Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Palangkaraya dan beberapa donatur pribadi, serta atas kerjasama masyarakat dan Pemerintah Desa Loloan, di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Sebelum kegiatan evaluasi berakhir, disepakati pula beberapa rekomendasi kegiatan ke depan, seperti penguatan kapasitas melalui sosialisasi tentang pengurangan risiko bencana, pembangunan fasilitas umum, seperti musala di sekitar pemukiman warga, dan penguatan perekonomian warga melalui pengembangan keterampilan anyaman bambu. Kegiatan evaluasi yang berlangsung di Lombok ini dihadiri oleh RD. Paulus Haruna (VicJen Keuskupan Bogor), RP. Ignatius Swasono, SJ (Interim Executive Director Karina), RD. Venus Dewantara (Ketua Komisi PSE Keuskupan Denpasar), RD. Yulius Eko Priyambodo (Biro Caritas Keuskupan Bogor), RD. Laurensius Maryono (Pastor Kepala Paroki St. Maria Immaculata, Mataram, Lombok), RP. Christoforus Kristiono Puspo, SJ (KAJ), RD. Martinus Sutomo (Karina KAS), Tim Karina dan Tim Caritas PSE Keuskupan Denpasar. ●

Doni, staf Karina, memfasilitasi jalannya evaluasi Proyek Pemulihan Paska Gempa Lombok (Foto: Karina).

 

Staf Caritas PSE Keuskupan Denpasar saat melakukan pendataan huntara di Dusun Tanjung Biru (Foto: Caritas PSE Keuskupan Denpasar).
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta