Update: Emergency Response G. Sinabung – Caritas Indonesia – KARINA

Update: Emergency Response G. Sinabung

20/10/2014

Update informasi kegiatan tim Caritas PSE Keuskupan Agung Medan dalam respon tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung per 16 Oktober 2014. Sementara proses pembagian masker dan kajian berlangsung, dilakukan juga pertemuan koordinasi antara tim Caritas PSE KA Medan, PSE Keuskupan Agung Medan, JPIC Kapusin (justice and peace commission), tim Paroki Berastagi dan tim Paroki Tiganderket dalam rangka kegiatan respond tanggap darurat yang akan dilakukan. Koordinasi antara Caritas PSE KA Medan dengan KARINA juga dilakukan secara intensif via e-mail dan telpon. Bantuan logistik dari Jaringan KARINA di Jakarta akan dikirimkan langsung ke Medan untuk memenuhi kebutuhan para penyintas yang berada di tempat-tempat pengungsian. Rencananya, tim advanced dari KARINA akan diterjunkan minggu depan untuk membantu tim Caritas PSE KA Medan dalam mengisi kesenjangan kebutuhan di lapangan.

   

Respon tim Caritas PSE Keuskupan Agung Medan

          Tim dari Caritas PSE KA Medan, bekerjasama dengan Indosiar, PT Indofood, Paroki Berastagi, dan Paroki Tiganderket, mempacking 1,200 paket sembako yang terdiri dari 1kg minyak goreng, 10 butir telor, 4 bungkus mie instan, 10 Kg beras. Paket-paket sembako ini akan diberikan kepada para penyintas per kepala keluarga (KK). 700 paket sembako dibagikan di Desa Payung, sementara 120 paket sembako dibagikan di Desa Selandi Lama. Sementara itu, 50 kotak bahan makanan bayi (usia 6 bulan – 2 tahun) juga sudah dibagikan kemarin.

         Selain mendistribusikan bantuan pangan, kemarin tim Caritas PSE KA Medan juga memberikan pelayanan kesehatan gratis bekerjasama dengan RS Harapan, dan Puskesmas Payung. Hari ini, kegiatan pelayanan kesehatan gratis akan dilanjutkan di Desa Payung dan Selandi Lama. Sedangkan distribusi paket sembako akan dilanjutkan hari ini, khususnya untuk masyarakat di wilayah simpang Guru Kinayan yang tinggal di gubuk-gubuk, sejumlah 350 KK.

 

Dampak dan Kebutuhan

Berdasarkan pantauan tim Caritas PSE KA Medan, pada hari Rabu tanggal 15 Oktober 2014, hembusan angin dari pagi hingga sore hari menuju ke arah Binjai-Langkat atau arah Aceh. Selain mengeluarkan percikan api, erupsi pada hari itu juga mengeluarkan abu vulkanik yang cukup tebal setinggi 3,000 meter. Desa-desa yang biasanya terkena dampak langsung abu vulkanik, yaitu Desa Payung, Desa Selandi Lama, Desa Perbaji, Desa Batu Karang dan Desa Tiganderket terhindar dari abu vulkanik.

Hujan deras pada hari Selasa malam (14/10) mampu membersihkan abu vulkanik yang menutupi atap-atap rumah penduduk. Namun demikian, dampak langsung abu vulkanik pada sektor pertanian cukup memprihatinkan. Lahan pertanian di Desa Selandi Lama, Perbaji, Selandi Baru dan Payung rusak total. Tanaman yang akan berbunga dan berbuah menjadi rusak karena tertutup abu vulkanik. Sebagai akibatnya, periode panen yang sudah ditunggu kemungkinan besar akan gagal.

Terjadi kekurangan stok air bersih di Desa Selandi Lama. Air yang selama ini cukup untuk memenuhi kebutuhan 100 KK menjadi berkurang secara signifikan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena terganggunya saluran pengairan karena material vulkanik yang menghambat jalannya air. Maka dari itu, warga harus menampung air secara bergiliran selama 24 jam.  

 

Koordinasi & Komunikasi

Pemerintah daerah sudah menurunkan puluhan armada pemadam kebakaran untuk membantu membersihkan jalan-jalan umum dari abu vulkanik. Keberadaan armada pemadam kebakaran ini dikoordinir oleh satuan TNI Angkatan Darat.  Adapun contact person dari Caritas PSE KA Medan untuk respon ini adalah, sbb:

  • Pastor Markus Manurung, OFM Cap (Direktur Caritas PSE):  08126492106 <mangatur_man@yahoo.co.id>
  • Fitriyah Bunga Sinaga (Program Coordinator Caritas PSE): 081361094755 <bunga_sinaga@yahoo.com>
  • Yayasan Caritas PSE. Jl. Sei Asahan No. 42, Kelurahan Padang Bulan Selayang I, Sumatera Utara, 20131. Phone: +62-61-8227004, 77818191, 76668881, Fax: +62-61-8200115 E-mail: <caritaspse@yahoo.co.id> 
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta