Seruan Keprihatinan Tragedi Aksi Teror di Jakarta 14 Januari 2016 – Caritas Indonesia – KARINA

Seruan Keprihatinan Tragedi Aksi Teror di Jakarta 14 Januari 2016

15/01/2016

Seruan Keprihatinan

Tragedi Aksi Teror di Jakarta

14 Januari 2016

 

Indonesia, siang ini kita dihentakkan kembali dengan adanya peristiwa bom bunuh diri di Kawasan Sarinah Jl. MH. Thamrin Jakarta Pusat. Daerah ini termasuk dalam kawasan inti, yang merupakan Ring 1 Pemerintahan Republik Indonesia. Sementara itu juga, banyak informasi invalid yang beredar di media sosial yang meningkatkan kekhawatiran di masyarakat, khususnya di kawasan ibu kota Jakarta. Korban dari aksi teror ini juga telah berjatuhan, baik dari pelaku, polisi, hingga masyarakat biasa yang kebetulan saat itu berlalu lalang di lokasi kejadian. Hingga saat ini aksi teror ini menimbulkan 23 orang terluka dan 7 orang meninggal[1].

 

Sebagai forum dari lembaga kemanusiaan, kami Humanitarian Forum Indonesia, yang merupakan wadah dari 14 lembaga kemanusiaan yang berbasis agama yaitu: Dompet Dhuafa, Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPB Muhammadiyah / MDMC), Yayasan Tanggul Bencana di Indonesia, Yakkum Emergency Unit, Wahana Visi Indonesia, KARINA (Caritas Indonesia), Perkumpulan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat, PKPU, Church World Services Indonesia, Habitat for Humanity Indonesia, Rebana Indonesia, Unit Pengurangan Resiko Bencana Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PRB-PGI), Rumah Zakat, dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) menyatakan turut prihatin dan berduka cita sedalam-dalamnya serta mengecam keras aksi-aksi teror oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga para korban dapat segera pulih serta kembali berkumpul bersama keluarganya.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami Humanitarian Forum Indonesia menyerukan:

  1. Mengutuk keras atas alasan apapun segala bentuk aksi teror dengan alasan apapun, yang menimbukan keresahan dan kerugian di masyarakat.
  2. Mendorong kerja keras aparat keamanan, untuk mengusut tuntas peristiwa teror ini dan memastikan rasa aman di masyarakat.
  3. Mendorong kerja keras pemerintah untuk mengantisipasi kemungkinan hal serupa, agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang di seluruh wilayah Indonesia.
  4. Masyarakat diharapkan untuk bersatu dan saling menguatkan, tetap tenang dan selalu waspada terhadap kondisi di lingkungan sekitar tempat tinggal atau tempat kerja serta berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan dengan berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Semoga aksi teror hari ini, tidak akan berulang kembali dikemudian hari di bumi Pertiwi ini, serta tidak menggunakan agama sebagai alasan untuk memberikan teror, karena tidak ada satu agamapun mengajarkan teror kepada umatnya. Partisipasi dari seluruh pihak menjadi kunci dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Republik Indonesia.

 

Kiranya semua pihak bisa menghadirkan kedamaian dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang bersumber dari berbagai ajaran agama dan keyakinan yang menjadi kekayaan yang harus dirayakan untuk membuat Indonesia lebih baik di masa depan.

 

Lawan Terorisme !

 

Jakarta, 14 Januari 2016

Humanitarian Forum Indonesia

Surya Rahman M – Direktur Eksekutif (081360469344)

 

Ustadz Budi Setiawan (MDMC), Romo Adrianus Suyadi, SJ. (KARINA), Pdt. J. Victor Rembeth, Ustadz Tomy Hendrajati (PKPU), Doseba T. Sinay (WVI), James Tumbuan (Habitat for Humanity Indonesia), dr. Sari Mutia Timur (YEU), Dr. Ahmad Juwaini (Dompet Dhuafa), Pdt. Maria Endang (Rebana Indonesia), Ustadz Arifin Purwakananta, Ustadzah Rahmawati Husein (MDMC), Ir. Tri Budiarto, M.Si (Penasihat), Pdt. Henrek Lokra, Jusak Ismanto Indrawan (Unit PRB – PGI), Ustadz Asep Beny (DMC – Dompet Dhuafa), Sigit Wijayanta (YAKKUM), Ustadz Nur Efendi (Rumah Zakat), Ustadz Ali Yusuf (LPBI-NU)

 

Klik disini untuk melihat dokumen PDF



[1] Sumber: Pusdalops BPBD DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta