Respon Banjir Manado – Caritas Indonesia – KARINA

Respon Banjir Manado

19/01/2014
doc pse km 5 re

Hujan yang terjadi cukup lama sejak tanggal 14-15 Januari menyebabkan banjir hampir di seluruh wilayah kecamatan (kampung Ternate, Katang, Karame, Tikala, Tubir, Banjer, Wawonasa, Singkil, Paal 2, Wanea, Tanjung Batu, Sario, Tuminting dan Lawangirung). Banjir juga melanda di berbagai wilayah di Kota Manado, sebagian di Kabupaten Minahasa Induk (Kembes, Tinoor, Tateli, Tawanako).

Data korban jiwa dari BPBD Propinsi Sulawesi Utara adalah 13 orang meninggal (5 orang ditemukan di Kota Manado, 5 orang di jalan raya Manado-Tomohon, dan 3 orang di Desa Tateli Kabupaten Minahasa). Sementara itu, puluhan orang dinyatakan hilang. Jumlah pengungsi yang saat ini terdata di BPBD Propinsi Sulawesi Utara berjumlah 40 ribu orang. (Foto: Dokumen PSE Keuskupan Manado)

doc pse km 5 re

Komisi PSE Keuskupan Manado bersama para relawan kemudian membentuk tim dan posko tanggap darurat untuk merespon situasi kebencanaan ini. Adapun penerima manfaat dari pelayanan Posko Bencana Keuskupan Manado sebanyak 1,675 orang, terdiri dari penerima manfaat langsung 1025 orang dan penerima manfaat tak langsung 650 orang. Banyak para penyintas yang belum menggunakan masker pada saat cuaca yang berubah tiba-tiba. Hal ini bisa dimungkinkan terjadi Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Kegiatan yang dilakukan Posko Bencana Keuskupan Manado adalah:

  1. Melakukan kajian awal.
  2. Mendistribusikan logistik kepada para pengungsi melalui paroki-paroki.
  3. Membuka pelayanan dapur umum di wilayah Paal 4, aula Sugiyopranoto (Tikala) dan LSY Komo Dalam.
  4. Membersihkan bangunan publik, peribadatan dan beberapa rumah di wilayah Sario.

Berdasarkan observasi langsung di lokasi-lokasi terdampak, kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan warga yakni makanan siap saji, bahan makanan (mie, beras, telor, dan ikan kaleng), masker dan obat-obatan, selimut/sarung, tikar, air mineral (air bersih), perlengkapan kebersihan, popok  dan makanan bayi, pakaian dalam dewasa, dan terpal.

Bagi yang ingin berbelarasa dan menyalurkan bantuan, dapat mengubungi alamat di bawah ini:

Posko Bencana Keuskupan Manado adalah Kantor Keuskupan Manado, Jalan Sam Ratulangi No. 66 Manado. Contact Person: Pastor Joy Clemens Derry, Pr (081245108988).

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta