Relawan “Kita Peduli” Indosiar dan “Peduli Kasih” Caritas Berefleksi – Caritas Indonesia – KARINA

Relawan “Kita Peduli” Indosiar dan “Peduli Kasih” Caritas Berefleksi

30/03/2014
Relawan CB-1

Relawan CB-1

Empat puluh satu (41) relawan ‘Peduli Kasih’ Caritas di Jawa dan ‘Kita Peduli’ Indosiar & SCTV mengadakan kegiatan refreshing peningkatan kapasitas dalam respon bencana, di tengah-tengah kesibukan kegiatan tanggap darurat erupsi Gunung Kelud.

Setelah dan di tengah-tengah kegiatan tanggap darurat di berbagai wilayah bencana di Pulau Jawa, relawan Caritas Regio Jawa dan staff ‘Kita Peduli’ Indosiar dan ‘Pundi Amal’ SCTV mengadakan penyegaran dan peningkatan kapasitas di Villa Eden II, Kaliurang, Yogyakarta pada tanggal 28-30 Maret 2014. Sebanyak 41 relawan dari Paroki-paroki terdampak bencana di Pulau Jawa dan para pekerja sosial kemanusiaan dari peduli Indosiar, SCTV, dan relawan Sekertaris Bersama Yogyakarta mengadakan penyegaran dalam bentuk pelatihan pengelolaan posko bencana. Para relawan berasal dari berbagai daerah, antara lain Kediri, Blitar, Surabaya, Pati, Pekalongan, Purworejo, Yogyakarta dan Jakarta.

Kegiatan 3 hari ini difasilitasi dan dikoordinir oleh Caritas Regio Jawa dan didukung oleh ‘Kita Peduli’ Indosiar dan Karina-KWI. Dalam kegiatan ini para relawan diajak untuk merefleksikan dan mempelajari tentang Deus Caritas Est, Undang-undang Kebencanaan (UU No. 24/207), latihan pengelolaan posko bencana, pembuatan laporan situasi bencana dan simulasi kegiatan tanggap darurat. Untuk memahami dan menjaga semangat kerelawanan, Bapak Uta, Sekertaris Bersama Relawan Yogya, yang mempunyai anggota puluhan ribu relawan, membagikan pengalamannya dalam pengelolan relawan dan menjaga semangat serta tetap menghidupi semangat kerelawanan mereka.

Romo Luluk Widyawan, Direktur Karina Surabaya memfasilitasi peserta untuk memahami dan merefleksikan tentang Undang-undang Kebencanaan dan Deus Caritas Est, yang menjadi landasan rohani dalam gerak relawan Caritas. Rm. Budhi Prayitno, Direktur Caritas Purwokerto sekaligus sebagai Coordinator Caritas Regio Jawa, memberikan pemahaman tentang kebencanaan. F. Sundoko, staf Divisi Bencana Karina-KWI membawakan materi tentang pengelolaan posko dan memfasilitasi simulasi tanggap darurat. Para peserta juga diajak untuk mempelajari tentang damaged and lost assessment.

Disamping peningakatan kemampuan dalam bidang kebencanaan tersebut, juga diadakan dialog interktif dengan media, khususnya dengan tim ‘Kita Peduli’ Indosiar dan SCTV. Presiden Direktur Indosiar, Bapak Loe Soei Kim dan Direktur Eksekutif Karina-KWI, Adrianus Suyadi, SJ berkenan hadir untuk mengadakan dialog dan memberikan semangat para peserta. Indosiar dan keluarga Caritas di Indonesia sepakat untuk melanjutkan kerjasama yang baik selama ini untuk kepentingan-kepentingan kemanusiaan. ‘Manusia bertemu manusia berbicara tentang kemnusiaan’, demikian Rm. Budhi menggarisbawahi pentingnya berpegang pada prinsip kemanusiaan dalam kegiatan tanggap darurat.*** @karina.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta