Praktik Baik dari Respon Banjir Kapuas – Caritas Indonesia – KARINA

Praktik Baik dari Respon Banjir Kapuas

11/07/2016
Tim Relawan Bela Rasa Caritas Keuskupan Palangkaraya menaikkan paket sembako ke perahu-perahu untuk diantar ke lokasi terdampak banjir (Foto: Caritas Palangkaraya).

Pertengahan bulan April 2016 lalu terjadi banjir besar di wilayah Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Curah hujan yang tinggi selama sebulan terakhir membuat debit air Sungai Barito menjadi lebih tinggi dan akhirnya menggenangi pemukiman warga di 11 desa yang berada di sekitar sungai. Permukaan air sungai naik secara beragam di beberapa titik, ada yang naik 50 centimeter ada yang naik hingga 5 meter. Tidak hanya itu, sekat berupa kanal-kanal dari eks Proyek Lahan Gambut (PLG) juga turut menjadi penyebab banjir tahunan ini.

Tercatat ada sekitar 1.573 kepala keluarga (KK) dari 11 desa yang terdampak oleh banjir ini. Selain menggenangi pemukiman warga, banjir juga sempat memutus akses transportasi darat dan menggenangi wilayah pertanian. Akibatnya, masyarakat terdampak tidak dapat bercocok tanam dan sebagian lagi mengalami gagal panen. Seturut dengan hal di atas, penanganan dari pihak pemerintah daerah untuk bencana banjir ini belumlah maksimal.

Suasana pembagian paket sembako kepada warga terdampak (Foto: Caritas Palangkaraya).
Suasana pembagian paket sembako kepada warga terdampak (Foto: Caritas Palangkaraya).

 

Atas dasar inisiatif dan bela rasa untuk membantu mereka yang terdampak bencana, Caritas Palangkaraya membentuk Tim Bela Rasa Caritas Keuskupan Palangkaraya yang berasal dari Komisi JPIC Kalimantan. Tim ini memberikan bantuan ke Desa Kahuripan Permai, Desa Tanjung Harapan, Desa Sumber Mulya dan Desa Tambak Bajai. Dasar pertimbangan memprioritaskan keempat desa tersebut adalah karena dampak bencananya lebih besar, warga masih terisolir dan belum terjangkau bantuan, serta pertimbangan keterbatasan tenaga relawan di Caritas Keuskupan Palangkaraya sendiri.

Tim ini kemudian melakukan kajian ke lokasi terdampak untuk menentukan kebutuhan para penyintas. Berdasarkan pengamatan di lapangan, keadaan di wilayah yang tergenang air cukup beragam. Wilayah Desa Kahuripan Permai, Tanjung Harapan dan Sumber Mulya digenangi air setinggi 50 – 100 centi meter. Sedangkan Desa Tambak Bajai digenangi air sampai dengan ketinggian 5 meter. Warga terdampak di empat desa tersebut berjumlah 37 KK, yang terletak di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kuala Kapuas.

Barang bantuan berupa paket-paket sembako mulai dibagikan kepada warga terdampak (Foto: Caritas Palangkaraya).
Barang bantuan berupa paket-paket sembako mulai dibagikan kepada warga terdampak (Foto: Caritas Palangkaraya).

 

Berdasarkan hasil kajian lapangan, kemudian tim melaporkan ke Caritas Keuskupan Palangkaraya dan menyampaikan hasil kajian kepada KARINA untuk dapat mengakses dana APP. Bantuan yang diberikan oleh Caritas Keuskupan Palangkaraya adalah paket sembako untuk para penyintas bencana banjir. Pada saat itu sempat pula direncanakan untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan, namun tim medis dari pemerintah daerah sudah memberikan pelayanan yang sama di wilayah kecamatan tersebut.

Kegiatan pemberian bantuan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari banyak kalangan, termasuk Kepala Paroki St. Matius di Kuala Kapuas, RD. Aries, CP, yang kemudian turut mengirimkan tenaga relawan dari Seksi Sosial Paroki St. Matius Kapuas untuk membantu pembagian paket-paket sembako. Tambahan tenaga relawan juga diterima dari PMKRI Palangkaraya, yang mem-bantu membagikan sembako ke beberapa desa di Kecamatan Dadahup.

Salah satu warga terdampak yang menerima paket sembako (Foto: Caritas Palangkaraya).
Salah satu warga terdampak yang menerima paket sembako (Foto: Caritas Palangkaraya).

 

Bantuan yang diberikan adalah 355 paket sembako untuk para penyintas yang dibagikan dalam dua tahapan. Tahap pertama membagi-kan paket sembako yang terdiri dari 15 kg beras, 2 bungkus kopi, 2 bungkus teh, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula, 20 bungkus mi instan dan 2 bungkus garam. Sedangkan tahap kedua membagikan paket berupa 10 kg beras, 1 bungkus kopi, 2 bungkus teh, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula, 20 bungkus mi instan dan 1 bungkus garam. Pembagian paket sembako dilakukan pada tanggal 14-17 April 2016 dan 22-24 April 2016. Paket-paket sembako tersebut dibagikan kepada para penyintas di Desa Kahuripan Permai (97 KK), Desa Tanjung Harapan (69 KK), Desa Sumber Mulya (50 KK) dan Desa Tambak Bajai (121 KK).

Adapun hambatan dan tantangan yang dihadapi selama memberikan pelayanan kepada para penyintas salah satunya adalah masalah transportasi. Karena perjalanan darat tidak memungkinkan, maka tim menggunakan dua perahu besar untuk membagikan paket-paket tersebut. Dibutuhkan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan dengan menggunakan perahu untuk bisa sampai ke Desa Tambak Bajai, wilayah terjauh dari 4 desa yang dilayani. Panas, hujan, dan badai, serta derasnya air sungai, dan gelapnya jalur sungai pada malam hari juga menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Salah satu kepala keluarga membawa barang bantuan dengan sampannya (Foto: Caritas Palangkaraya).
Salah satu kepala keluarga membawa barang bantuan dengan sampannya (Foto: Caritas Palangkaraya).

 

Semua itu akhirnya menjadi hal yang patut disyukuri karena proses pendistribusian bantuan untuk para penyintas banjir dapat terlaksana dengan lancar. Semoga para penyintas di empat desa dapat menerima manfaat dari bantuan yang telah diberikan. Caritas Palangkaraya berharap, semangat bela rasa dan kemanusiaan akan lebih tertanam dalam diri para personel tim pelaksana respon tanggap darurat ini. Sehingga ke depan, kita semua dapat mengantisipasi bencana banjir dan para personil yang terlibat sudah siap dengan segala hal berdasarkan pembelajaran dan praktik baik selama kegiatan respon ini. ▪

 

Sumber: Laporan Bantuan Bencana Banjir Dadahup, Kapuas, Kalimantan Tengah oleh Caritas Palangkara. 13 Juni 2016

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta