Perbaikan Atap Rumah di Kelud – Caritas Indonesia – KARINA

Perbaikan Atap Rumah di Kelud

03/04/2014
040214 distribusi dan pemasangan genteng di Satak

040214 distribusi dan pemasangan genteng di Satak

Geliat kehidupan para penyintas di kaki Gunung Kelud masih terus bergulir. Erupsi besar yang terjadi pada tanggal 14 Februari lalu menyisakan material vulkanik, pasir dan batu-batu kecil, yang masih berserakan di lingkungan tempat tinggal para penyintas. Setelah mereka diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, para penyintas sudah ditunggu oleh sebuah pekerjaan rumah yang besar: reresik (Bahasa Jawa, bersih-bersih). Para penyintas dibantu oleh TNI bergotong-royong membersihkan lingkungan rumah yang sekaligus dimaknai dengan ‘melahirkan kembali’ kehidupan baru dan jati diri yang bersih dari segala ancaman dan prasangka.

Persoalan-persoalan yang timbul pasca erupsi Gunung Kelud mulai dibenahi satu-per-satu. Proses rehabilitasi tempat tinggal dan lingkungannya menjadi hal yang mendesak. Sebagian besar atap rumah para penduduk di wilayah merah Gunung Kelud hancur karena tidak kuat menahan tumpukan material vulkanik.

Para penyintas juga masih dipusingkan dengan keberadaan lahan-lahan yang belum siap untuk digarap serta tanggungan mencari pakan dan kandang untuk hewan ternaknya. Belum lagi, beberapa wilayah di kaki Gunung Kelud mengalami kekurangan air bersih karena beberapa sumber air tertutup material vulkanik[1].

Menanggapi situasi ini, Karina Keuskupan Surabaya (KARIYA) bekerjasama dengan para relawan, paroki, pemerintah dan masyarakat setempat memberikan dukungan melalui program rehabilitasi pasca erupsi. Bidang kegiatan rehabilitasi yang dilakukan oleh KARIYA terbagi menjadi tiga, yaitu perbaikan atap rumah, perbaikan atap kandang ternak dan perbaikan sarana air bersih. Perbaikan atap rumah dan atap kandang dilakukan dengan cara memberikan bantuan material genteng dan galvalum. Sementara untuk pengerjaannya dilakukan secara bergotong-royong oleh para penerima manfaat dan masyarakat setempat. Agar masyarakat dapat mengakses air bersih, mereka diberi jerigen yang akan digunakan untuk mengambil air dari tandon dan tangki air yang disediakan oleh pemerintah.  

  040214 distribusi galvalum di Kaumrejo Kec Ngantang 040214 distribusi galvalum

Foto Kanan: Proses distribusi galvalum di Dusun Kaumrejo, Kecamatan Ngantang (foto milik KARIYA).

Foto Kiri: Para penerima manfaat bersama masyarakat setempat membantu proses pendistribusian galvalum (foto milik KARIYA).

040314 poster kelud 1



Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta