Pengungsi Sinabung di Tigabinanga yang Terlupakan – Caritas Indonesia – KARINA

Pengungsi Sinabung di Tigabinanga yang Terlupakan

25/11/2013
oleh Pastor Liberius Sihombing

oleh Pastor Liberius SihombingJakarta, 29 November 2013

Penyerahan secara simbolis bantuan sosial dari Pastor Adrianus Suyadi SJ yang mewakili Karitas Indonesia-KWI (Karina) yang datang langsung dari Jakarta, dari Caritas-PSE Keuskupan Agung Medan oleh Pastor Markus Manurung dan dari JPIC Kapusin Medan oleh Pastor Guido Situmorang kepada Camat dan Panitia Posko pengungsi Tigabinanga, Kabupaten Karo, Sumatera Utara di hadapan pengungsi sendiri.

1461205 10201686537378735 165601257 nSebanyak 2.400 jiwa mengungsi di sebuah bangunan los pasar terbuka, di Tigabinanga, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Mereka adalah para korban letusan gunung Sinabung. Para korban erupsi yang mengungsi sejak hari Minggu pagi, 24 November 2013 itu, hingga tanggal 28 November belum mendapatkan perhatian baik dari pihak pemerintah maupun lembaga-lembaga kemanusiaan lain. Hanya tersedia 3 galon dinpenser air minum dan jatah 3 gelas aqua sehari pada saat makan. Ruang yang terbuka, tanpa dinding membuat anak-anak dan orang lanjut usia meanjadi rentan terhadap penyakit. Lokasi pengungsian yang sangat padat dan belum dilengkapi sarana air bersih, baik toilet maupun kamar mandi itu membuat pengungsi yang tinggal di tempat itu tidak mempunyai ruang cukup untuk tidur, karena tempat yang sempit. Sarana dan persediaan air minum tidak mencukupi. (photo: P. Liberius Sihombing).

Pengelolaan posko yang tidak baik membuat pengungsi bertambah rentan. Pihak pemerintah daerah setempat harus memberi perhatian terhadap kelompok ini. Perlu dicarikan solusi tempat penampungan pengungsi yang lebih layak dan dalam jumlah yang memungkinkan untuk dikelola secara manusiawi. Jumlah sebesar itu akan sangat sulit dikelola dengan minimnya sarana dan prasarana kebutuhan dasar mereka.

Tempat pengungsian ini jauh dari pusat kota Kabupaten di Kabanjahe, membuat posko ini terlupakan. Mereka harus mendapatkan akes kebutuhan dan perlakuan yang manusiawi dari posko induk di Kabanjahe. Perlu penguatan tim pengelola posko agar mampu mengkoordinir dan mengelola posko secara baik dan manusiawi.

Hingga kini status Gunung Sinabung masih dalam status Awas level 4. Situasi ini membuat pemerintah memperpanjang masa tanggap darurat hingga tanggal 07 Desember 2013, jika gunung tidak meletus lagi. Total jumlah pengungsi sekarang sekitar 16.700 jiwa.

Pemerintah bersama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumatera Utara telah melaporkan sebanyak 23 posko resmi dan masa tanggap darurat. Caritas-PSE Keuskupan Agung Medan bersama dengan para pastor paroki dan Dewan Paroki di daerah terdampak ikut aktif terlibat dalam usaha-usaha pemberian bantuan darurat dan pengelolaan posko. ***

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta