Pelayanan Tanpa Sekat – Caritas Indonesia – KARINA

Pelayanan Tanpa Sekat

22/11/2014

Selama masa pemulihan pasca erupsi Gunung Sinabung pada akhir tahun 2013 lalu, Caritas PSE KAM juga menjalankan kegiatan pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan pendidikan untuk anak-anak usia sekolah.  Salah satu kegiatan pelayanan kesehatan tersebut di lakukan di Balai Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo. Menurut Pak Cahaya Tarigan (69 thn), ‘gerakan karitas bermanfaat untuk masyarakat, karena tidak membeda-bedakan’. Prinsip kerja Caritas PSE KAM membantu secara umum para korban dan penyintas bencana; tidak membeda-bedakan latar belakang dan golongan.

‘Pelayanan kesehatan di sini berjalan baik. Tanpa banyak komentar, orang hadir. Barang dan obat-obatan yang diberikan juga baik. Hanya, kadang-kadang obat yang diberikan kurang. Jumlahnya (orang yang mau berobat) banyak, tapi obat kurang,’ kata Pak Tarigan. Masih menurut beliau, ke depannya nanti proses pemulihan ini akan melibatkan semua anggota masyarakat. Sehingga pada diri mereka juga tumbuh rasa memiliki dan merasa dihargai sebagai manusia.

Sementara itu, bantuan pendidikan untuk anak usia sekolah juga dilakukan di Desa Selandi Lama. Anak-anak mendapatkan bantuan dari Caritas PSE KAM berupa seragam sekolah, peralatan sekolah dan tas sekolah. Bantuan ini dimaksudkan untuk menggantikan sragam dan peralatan sekolah mereka yang rusak akibat erupsi. Hal ini sedikit banyak membantu para orang tua untuk tidak mengeluarkan biaya tambahan guna membeli baru sejumlah peralatan sekolah. Mengingat, mereka belum bisa bekerja dan mendapatkan pemasukan sekembalinya dari tempat pengungsian.

Walaupun sekarang para pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing, namun mereka masih hidup dalam keterbatasan. Hampir semua warga Selandi Lama kehilangan mata pencaharian. Mereka kehilangan pekerjaan karena ladang yang menjadi sumber nafkah mereka satu-satunya masih tertutup abu vulkanik dan untuk sementara ini tidak bisa diolah sama sekali. Selain itu, aliran listrik masih belum pulih. Sehingga pada malam hari, anak-anak harus belajar menggunakan lampu senter atau lilin.

Kondisi anak-anak juga masih takut dengan Gunung Sinabung. Mereka khawatir jikalau sewaktu-waktu gunung itu meletus kembali. Selama masa pemulihan ini, mereka melakukan kegiatan sekolah di Desa Perbaji, yang dekat dengan desa mereka. Untuk mengantisipasi adanya bahaya susulan dari Gunung Sinabung, sekolah mereka dipindahkan ke wilayah aman terdekat, yaitu Desa Perbaji. Dengan demikian, anak-anak tetap bisa bersekolah dengan jalan kaki dan melanjutkan aktivitas belajar dengan tenang. ▄ 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta