Pelatihan Komunikasi & Advokasi Caritas Asia – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan Komunikasi & Advokasi Caritas Asia

20/08/2014

Pada tanggal 11-13 Agustus 2014, Caritas Asia mengadakan pelatihan bagi para Communication Officer dari organisasi anggota Caritas Asia. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan berbagai strategi komunikasi, baik komunikasi internal maupun eksternal. Untuk komunikasi internal, diharapkan organisasi-organisasi anggota Caritas bisa berbagi informasi ke para staf Caritas lainnya secara nasional, regional, dan internasional. Sedangkan untuk komunikasi eksternal, para peserta disadarkan akan pentingnya membangun strategi komunikasi yang baik, misalnya untuk kepentingan mobilisasi, profiling, fundraising, maupun advokasi.

Hadir sebagai pembicara Patrick Nicholson, Direktur Komunikasi dari Caritas Internationalis; Angela Ford, Ketua Kelompok Komunikasi dari Caritas Australia; Jacques Dinan, Direktur Eksekutif Caritas Afrika; dan Francesca Frezza, Manajer Publikasi dan Baobab dari Caritas Internationalis. Dalam pelatihan ini, beberapa delegasi Caritas dari beberapa Negara, seperti India, Pakistan, dan Filipina berbagi pengalaman mereka tentang strategi komunikasi yang mereka jalankan maupun alat-alat komunikasi yang mereka gunakan. Setiap sesi berjalan secara interaktif. Selain itu, diskusi juga dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil untuk membahas berbagai permasalahan yang berhubungan dengan komunikasi maupun membahas strategi komunikasi yang efektif yang dapat digunakan pada area-area tertentu. Pada hari ketiga, 13 Agustus, para peserta diajak mengunjungi Thai Public Broadcasting Service (Thai PBS), yaitu sebuah stasiun TV independen berikut museumnya yang merekam dan menyajikan perkembangan teknologi media di Thailand.

 


Selain pelatihan tentang komunikasi, Caritas Asia juga mengadakan pelatihan tentang advokasi, dimulai pada tanggal 14 Agustus dan berakhir tanggal 16 Agustus. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas para organisasi anggota Caritas Asia untuk memahami dan mengimplementasikan peran advokasi di Caritas. Hadir dalam pelatihan ini Aloysius John, Liaison Officer for Asia dari Caritas Internationalis. Pelatihan ini dibuka oleh Adriana Opromolla, International Advocacy Officer dari Caritas Internationalis dengan sebuah bacaan yang menarik berjudul Sounds of The Forest dimana di akhir bacaan tersebut disebutkan bahwa, ‘Sebuah negara akan mati jika para pemimpinnya hanya mendengarkan apa yang dikatakan, tanpa mau melihat lebih dalam lagi apa yang dirasakan, diinginkan, dan yang sebenarnya ingin disampaikan’. Pada pelatihan ini, para peserta pelatihan membahas tentang kerangka advokasi, poin-poin penting tentang apa sebenarnya advokasi itu, serta berbagai poin yang dapat ditindaklanjuti di masing-masing negara.


Bagi kami, pelatihan komunikasi dan advokasi yang diselenggarakan oleh Caritas Asia ini sungguh memberi banyak manfaat untuk KARINA dan jaringan Caritas Keuskupan di Indonesia. Manfaat yang utama adalah memberi dukungan untuk membangun strategi komunikasi di dalam dan di luar jaringan Caritas. Serta memberi dukungan pada pembangunan strategi advokasi di berbagai level, khususnya untuk membantu komunitas supaya lebih resiliens, yaitu mampu mengatasi berbagai persmasalahan yang dihadapinya dan dapat bangkit dari keterpurukan dengan lebih bermartabat*.

*Ditulis oleh Martin Dody K (staff Komunikasi, Informasi & Advokasi KARINA)

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta