Mengenalkan Kesiapsiagaan di Sekolah Don Bosco II – Caritas Indonesia – KARINA

Mengenalkan Kesiapsiagaan di Sekolah Don Bosco II

05/11/2013

Jakarta, 1 November 2013

Pada tanggal 18 Oktober 2013, KARINA diundang untuk memberikan materi pengenalan kebencanaan di Sekolah Don Bosco II, Pulomas, Jakarta. Materi kebencanaan ini diberikan kepada seluruh siswa kelas 7 dan 8. Sebelumnya, KARINA juga pernah bekerjasama dengan tim Don Bosco II pada tahun 2008 di Pekan Kekerabatan Jabalambang, tahun 2009 di kegiatan Pendidikan Lingkungan hidup dan tahun 2013 pada kegiatan Jambore Mini.

Pengenalan materi kebencanaan untuk kelas 7 dan 8 ini bermula dari pengalaman kecil pada saat banjir di bulan Januari lalu. Saat itu banyak siswa yang meninggalkan buku-buku mereka di sekolah dan mengisi tas mereka dengan makanan dan minuman. Topik tas siaga adalah satu hal yang paling membekas dalam ingatan para siswa.

Ibu Kepala Sekolah SMP Don Bosco II berharap KARINA selain bisa memberi materi pengenalan bencana, juga bisa mendampingi anak-anak kelas 7 dan 8 untuk menghasilkan kegiatan kongkrit terkait kebencanaan untuk sekolah. Tidak tertutup kemungkinan, suatu saat nanti kegiatan yang sama juga perlu dilakukan untuk para guru dan karyawan di Sekolah Don Bosco II.

Proses pengenalan kebencanaan untuk kelas 7 ini diawali dengan kegiatan di dalam ruangan. Peserta dibagi dalam 3 kelompok kelas yang masing-masing akan menerima informasi tentang kebencanaan melalui media permainan ular tangga, film tentang banjir dan tanah longsor serta materi tentang tas siaga. Masing-masing fasilitator dari KARINA mengampu kurang lebih 40an anak dalam satu kelas selama 120 menit. Pada sesi yang pertama ini para murid kelas 7 juga diajak untuk mendiskusikan tentang sebab-akibat banjir, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah, dan merencanakan kesiapsiagaan dengan menggunakan tas siaga.     

Sementara itu, proses pengenalan kebencanaan untuk kelas 8 dimulai dengan kegiatan di luar ruangan. Para murid diajak untuk melakukan school watching di lingkungan sekitar sekolah. Mereka diminta untuk melihat apa yang sudah baik dan apa yang kurang di lingkungan Sekolah Don Bosco II. Kegiatan ini cukup mendapat respon yang positif oleh para siswa, terbukti mereka bisa melihat elemen-elemen yang terkait dengan kesiap-siagaan menghadapi ancaman bencana, khususnya banjir. Kegiatan di kelas 8 ini diakhiri dengan melihat dan mendiskusikan film kebencanaan tentang banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan pengamatan dari Ibu Yustin (guru Kelas 9), banyak murid-murid kelas 9 yang tertarik untuk kegiatan pengenalan kebencanaan ini. Mereka berharap kegiatan informatif di luar pelajaran ini bisa menambah wawasan tidak hanya untuk murid kelas 7 dan 8 namun juga murid kelas 9. Pada jeda makan siang, beberapa guru yang berdialog dengan tim KARINA juga menyadari bahwa perlu mengenalkan dan memperbanyak kegiatan-kegiatan semacam ini disekolah. Selain bisa menambah pengetahuan, murid juga disadarkan kembali tentang arti pentingnya kesiap-siagaan terhadap bencana. Sehingga, resiko bencana yang mungkin timbul bisa dikurangi sejauh mungkin tanpa ada korban dari bencana tersebut.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta