Memulai Kegiatan Caritas Regio Nusra + Sintang di Kupang – Caritas Indonesia – KARINA

Memulai Kegiatan Caritas Regio Nusra + Sintang di Kupang

21/08/2017

Pelaksanaan kegiatan resiliensi di Regio Nusa Tenggara (Nusra) + Sintang untuk tahun ketiga dimulai hari ini di Kupang. Para mitra Yayasan KARINA dari lembaga-lembaga Caritas di Regio Nusra & Sintang mengambil waktu sehari semalam untuk melakukan persiapan akhir sebelum “turun ke lapangan”. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memastikan bahwa semua mitra memahami alur pelaksanaan program sesuai dengan target dan capaian yang sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga para penerima mafaat benar-benar dikuatkan kapasitasnya untuk menjadi komunitas-komunitas yang tangguh dan berdaya (resiliens).

Pertemuan ini diikuti oleh 26 peserta dari Caritas Keuskupan Larantuka, Maumere, Ende, Kupang, Weetabula, Denpasar, Atambua dan Sintang. Hadir pula dalam pertemuan ini Koordinator dan Sekretaris Caritas Regio Nusra dan staf Yayasan KARINA. Dalam prosesnya, para peserta melakukan konsultasi atas rencana kerja, pembiayaan dan pelaporan untuk masing-masing lembaga. Potensi permasalahan dan pemecahannya juga dibahas sebagai modal awal para peserta dalam mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin menghambat perjalanan program pada tahun ketiga ini. Harapannya, seluruh kegiatan yang direncanakan dapat dirasakan sebesar-besar manfaatnya oleh masyarakat.

Fokus kegiatan pada tahun ketiga ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Ada penguatan kapasitas kelompok dampingan dalam kegiatan pengurangan resiko bencana dan tanggap darurat. Ada juga penguatan aspek livelihood untuk kelompok dampingan melalui pertanian organik dengan sistem multiple cropping. Pembuatan pakan ternak, pupuk dan pestisida organik. Serta kegiatan-kegiatan lain yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan kelompok dampingan lama maupun baru. Implementasi kegiatan ini diharapkan sampai akhir 2018. ■

Rm. Siprianus Sadipun, Koordinator Caritas Regio Nusra, membuka pertemuan awal pelaksanaan Program Resiliensi Regio Nusra + Sintang untuk tahun III (Foto: KARINA).
Rm. Siprianus Sadipun, Koordinator Caritas Regio Nusra, membuka pertemuan awal pelaksanaan Program Resiliensi Regio Nusra + Sintang untuk tahun III di Kupang (Foto: KARINA).
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta