Membuat Foto yang Bercerita – Caritas Indonesia – KARINA

Membuat Foto yang Bercerita

12/09/2014

Dalam sebuah laporan tertulis, sering kali diperlukan foto atau gambar untuk membantu para pembaca memahami kondisi atau situasi seperti yang dilaporkan. Laporan yang baik memiliki aspek-aspek jurnalisme 5W1H (what: apa, when: kapan, where: di mana, why: mengapa, who: siapa, dan how: bagaimana). Fungsi foto dalam sebuah laporan narasi adalah untuk menggambarkan secara visual kegiatan yang dilaporkan. Foto di dalam sebuah laporan harus mampu menampilkan dan menceritakan tentang kegiatan, profil komunitas dampingan, dan situasi sebuah wilayah. Maka dari itu diperlukan kejelian penulis untuk mencari dan meletakkan foto-foto yang mampu bercerita di dalam laporannya.

Berkaitan dengan hal di atas, Caritas PSE Keuskupan Maumere pada tanggal 30-31 Agustus menyelenggarakan ‘Sharing Fotografi’ yang dimaksudkan untuk mengasah kemampuan staff dan fasilitator dalam memotret berbagai kegiatan yang dilaksanakan, khususnya di komunitas dampingan. Selain menjadi media untuk bertukar pengalaman, kegiatan ini juga menjadi media untuk berbagi pengetahuan dalam memotret obyek dengan baik. 

Dalam kegiatan selama dua hari tersebut, fasilitator dan staff Caritas PSE Keuskupan Maumere saling berbagi pengalaman dalam memotret bersama dengan rekan-rekan dari PMI, Wetlands International Indonesia dan LPTP. Selain diisi dengan diskusi mengenai teknik-teknik dasar memotret, para peserta juga diajak untuk melakukan praktek memotret secara langsung di Pasar Wuring. Maksud dari praktek ini adalah untuk membantu para peserta untuk membuat foto yang memperhatikan aspek-aspek 5W1H. Harapannya, para peserta tidak asal memotret namun betul-betul mencari obyek foto yang bisa menceritakan kegiatan berdasarkan tema yang diberikan.

Penulis: Yohanes Baskoro (staff Networking-Advocacy-Communication KARINA).

 

 

 

 

 

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta