Membangun Rumah (Lebih) Tahan Angin – Caritas Indonesia – KARINA

Membangun Rumah (Lebih) Tahan Angin

12/01/2015

Pada tanggal 24-26 November 2014, KPSE Caritas Keuskupan Maumere (KPSE-CKM) bekerjasama dengan KARINA mengadakan lokalatih tentang pembangunan rumah (lebih) tahan angin untuk wakil Caritas Keuskupan dan pemerintahan di wilayah regio Nusa Tenggara. Kegiatan ini difasilitasi oleh Program Partners for Resilience (PfR) Indonesia dan dilaksanakan selama tiga hari. Proses kegiatan yang dilakukan adalah 2 hari pertemuan di kelas dan 1 hari kunjungan studi lapangan di Desa Renggarasi, Kecamatan Tanawawo, Ka-bupaten Sikka.

Para peserta yang hadir adalah perwakilan dari Keuskupan Ende, Larantuka, Ruteng, Atambua, Kupang dan Maumere. Sementara peserta dari luar keuskupan adalah staff pemerintahan Kabupaten Sikka, Ende, Kupang dan TTS. Lolakalatih ini juga dihadiri peserta dari wakil BPBD, PU, Dinas Sosial, CIS Timor, Bina Swadaya Konsultan dan seorang guru SMK 1 Maumere. Total peserta yang terlibat dalam lokalatih ini ada 17 orang. Narasumber kegiatan ini adalah konsultan dari Humanitarian Benchmark Consultancy (HBC) Yogyakarta.

Lokalatih ini dilakukan karena banyaknya angin kencang yang terjadi serta adanya kebutuhan dari masyarakat untuk membangun hunian yang aman dan nyaman. Selain di Maumere, ancaman angin kencang juga sering melanda wilayah lain di regio Nusa Tenggara seperti Ruteng, Ende, Larantuka, Atambua, Kupang, Weetebula dan Denpasar. Ancaman angin kencang ini tidak hanya berdampak buruk pada gedung dan bangunan, namun juga dapat merusak lahan pertanian dan perkebunan warga. 

Hasil dari kegiatan lokalatih ini nantinya akan digunakan para lembaga peserta untuk memberikan rekomendasi kepada para pengambil kebijakan melalui sosialisasi dan koordinasi yang melibatkan masyarakat setempat. Selain itu, hasil dari lokalatih ini juga akan digunakan untuk mendorong adanya kegiatan-kegiatan yang lebih berwawasan pengurangan resiko bencana, khususnya untuk daerah-daerah yang rawan bencana angin kencang seperti di wilayah Indonesia timur. 

Pater Klaus Naumann, SVD (wakil direktur KPSE Caritas Keuskupan Maumere) dalam sambutannya mengatakan, ‘banyak masalah angin di Maumere ini. Semoga lokalatih ini dapat membantu masyarakat yang hidupnya pas-pasan dapat membangun rumah yang tahan angin’.

Demikian halnya para peserta yang hadir, mereka berharap lokalatih ini dapat menjadi sarana pembelajaran dan bertukar pengalaman tentang rumah tahan angin dan bagaimana cara mencegah dan memitigasi angin kencang yang ada di wilayah mereka.

Sementara itu Dave Hodgkin, konsultan dari HBC, menyatakan bahwa di dalam pelatihan ini akan diberikan pengetahuan tentang sifat-sifat dasar angin dan prinsip-prinsip dasar tentang pembuatan rumah yang lebih tahan angin dengan budget yang sekecil-kecilnya.

Metode tepat guna yang dilakukan oleh HBC dalam lokalatih ini adalah dengan membawa semua peserta untuk melihat langsung rumah-rumah di wilayah rentan angin kencang di Desa Renggarasi, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka.

Dengan demikian, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang bangunan yang lebih tahan angin di kelas, namun juga dengan melihat langsung pada saat studi lapangan di desa dampingan KPSE Caritas Keuskupan Maumere. ■ yb 

 

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta