[LAPORAN SITUASI 3]: Banjir di Sintang dan Melawi, Kalimantan Barat – Caritas Indonesia – KARINA

[LAPORAN SITUASI 3]: Banjir di Sintang dan Melawi, Kalimantan Barat

09/11/2021

 

 

JUDUL PROGRAM : TANGGAP DARURAT BANJIR KALIMANTAN BARAT
LOKASI PROGRAM : KABUPATEN SINTANG & MELAWI, PROVINSI KALIMANTAN BARAT, INDONESIA
PERIODE PELAPORAN : 07-08 November 2021
NOMOR SITREP : 03
DILAPORKAN OLEH : Caritas Indonesia

 

  1. GAMBARAN SITUASI
    • Data yang dihimpun oleh PUSDALOP BNPB terdapat ± 35.117 KK / 140.468 jiwa yang terdampak (terdampat peningkatan jumlah terdampak) dan 2 orang Meninggal Dunia. Di Kabupaten Melawi sedikitnya 1.945 KK Terdampak, dan 656 terpaksa mengungsi.
    • Ketinggian air maksimal hingga 300 cm dan meredam kurang lebih 35.117 (pendataan), sarana ibadah (pendataan), dan 5 jembatan akibat ketinggian muka air hingga mencapai 300 cm. Sedangkan banjir di Kabupaten Melawi, sebanyak 1.945 unit terdampak, 2 Unit fasilitas pendidikan terdampak akibat banjir dengan keinggian maksimal hingga 400 cm.
    • Kondisi terkini dari BPBD Kab. Sintang menyatakan tinggi muka air di Kota Sintang 10 cm semenjak minggu 7 November 2021, sedangkan di Kabupaten Melawi dilaporan air sudah semakin surut.
    • BMKG menetapkan status WASPADA yang hujan deras yang berlaku selama 24 jam sejak 8 November 2021 pukul 07:00 WIB bagi Provinsi Kalimantan Barat.
  2. RESPON PEMERINTAH
    • Pemerintah Kabupaten Sintang mendirikan Posko bantuan di Kantor BPBD Kab. Sintang dan mendirikan Posko Lapangan yang tersebar di 5 titik, juga di Kabupaten Melawi dan melakukan monitoring situasi banjir dan kondisi warga terdampak.
    • Menyiapkan sarana prasarana evakuasi, seperti perahu dan tenda pengungsian, dan melakukan upaya evakuasi jika diperlukan.
    • Pemerintah Kabupaten Sintang menambah lokasi dapur umum dari 13 menjadi 24 Titik, dan mendirikan titik pengungsian terpusat dari 12 menjadi 32 titik pengungsian.
    • Pengerahan 2 perahu karet di lapangan untuk membantu penanganan banjir.
  3. RESPON CARITAS
    • Keuskupan Sintang mendistibusikan bantuan pangan senilai Rp. 50.000.000 selama masa tanggap darurat bagi 550 KK terdampak.
    • Caritas Indonesia-KWI mendukung dana Respon Tanggap Darurat Caritas Keuskupan Sintang berupa bantuan pangan dan kebersihan diri bagi 750 KK senilai Rp. 100.000.000
    • Sejak 5 November hingga 9 November 2021 Caritas Keuskupan Sintang telah mendistibusikan sebanyak 1.182 Paket dari 1.300 paket bahan pangan bagi keluarga keluarga terdampak di 9 Desa. Distribusi dilakukan langsung kerumah-rumah penduduk serta mendukung kebutuhan dapur umum.
    • Caritas Keuskupan Sintang berkoordinasi dan berkolaborasi dalam BPBD Kabupaten Sintang, Tim Percepatan Penanggulanan Covid 19, TNI, Konggregasi, dan Lintas Komisi Keuskupan Sintang dalam mengupayakan armada transportasi pendistibusian logistik ke wilayah terdampak. Ketersediaan bahan bakar, ketinggian muka air dan jumlah kendaraan ekspedisi yang bersedia disewa masih menjadi tantangan dalam proses distribusi.
    • Membuka pos pelayanan kemanusiaan yakni di Paroki Katedral, Paroki Nanga Pinoh, Paroki Sungai Durian yang berfungsi sebagai pos pengungsian sementara, pos pendistribusian logistik, dan pos pendukung bagi paroki terdampak di Kecamatan Sintang, Kecamatan Sungai Tebelian, Kec, Binjai, Kec. Tempunak, dan Kec. Kayan Hilir.
  4. KEBUTUHAN MENDESAK
    • Di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi yang sangat diperlukan oleh warga terdampak adalah pasokan air bersih, perlengkapan tidur, bahan makanan (beras, minyak goreng, sarden, mie instan, bawang merah/putih, garam), bahan bakar memasak, alat mandi, lampu darurat.
  5. KOORDINASI
    • Divisi ER-DRR Caritas Indonesia dan Caritas Keuskupan Sintang berkoordinasi dengan intens untuk meningkatkan strategi respon atau pengerahan sumberdaya tambahan, dari Jaringan Caritas Indonesia.
  6. MEDIA & KOMUNIKASI
    • Relawan Caritas Sintang bersama aparat TNI bersiap menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir (Foto: Caritas Sintang/Caritas Indonesia)
    • Pastor Leonardus Miau, PR (Vikjend Keuskupan Sintang) turut mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada warga terdampak di sekitar Sungai Manyam (Foto: Caritas Sintang/Caritas Indonesia)
  7. KONTAK PERSON
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta