[LAPORAN SITUASI 1]: Banjir Bandang di Batu, Malang – Caritas Indonesia – KARINA

[LAPORAN SITUASI 1]: Banjir Bandang di Batu, Malang

06/11/2021

 

JUDUL PROGRAM : TANGGAP DARURAT BANJIR BANDANG, BATU
LOKASI PROGRAM : KOTA BATU, PROVINSI JAWA TIMUR, INDONESIA
PERIODE PELAPORAN : 04-06 November 2021
NOMOR SITREP : 01
TANGGAL : 06/11/2021 18:28
DILAPORKAN OLEH : TSKKM

 

  1. GAMBARAN SITUASI
    • Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu pada Kamis, 4 November 2021 menyebabkan 6 titik lokasi di Kota Batu tergenang banjir. Sampai dengan saat ini masih dilakukan pertolongan dan evakuasi pada mereka yang terdampak.
    • Terdapat 2 titik asal banjir di Kota Batu, yaitu:
      • Area Selecta: Saluran penampung air hujan di area ini tidak sanggup menampung tingginya curah hujan.¬† Air yang masuk ke saluran air ini lalu menuju aliran Sungai Brantas. Tidak ada kerusakan/korban di daerah ini.
      • Desa Sambong: Daerah ini berada di dataran tinggi dimana banyak lokasi penanaman sayur mayur. Saat hujan deras, tanah kebun menjadi lumpur dan perlahan turun menuju sungai kecil dan membawa material seperti akar bambu, akar tanaman dll. Material yang dibawa menghambat laju air dan merusak sisi sungai kecil termasuk juga rumah-rumah di bantaran sungai. Konfirmasi dari warga, sungai kecil ini tidak pernah banjir walaupun hujan deras selama ini.
    • Sebanyak 6 titik lokasi terdampak akibat banjir bandang ini:
      • Desa Sidomulyo
      • Desa Bulukerto
      • Desa Sumberbrantas
      • Desa Bumiaji
      • Desa Tulungrejo
      • Desa Punten
    • Data dari BPBD Kota Batu mengenai dampak kerusakan:
      • 6 orang meninggal dunia
      • 6 orang luka-luka
      • 1 orang hilang (belum ditemukan)
      • 89 KK terdampak
      • 35 unit rumah rusak
      • 33 unit rumah terendam lumpur
      • 80 kendaraan bermotor rusak
      • 107 ekor ternak mati
      • 10 kandang hewan rusak
  2. RESPON PEMERINTAH
    • BPBD Kota Batu membuka posko dan segera melakukan pencarian korban (termasuk evakuasi) serta pembersihan material banjir bandang.
    • Personel yang dilibatkan TNI, POLRI, Basarnas, SATPOL, BPBD Prov Jatim, BPBD Kota Batu, TAGANA, Dinas PUPR Prov Jatim, Dinas PUPR Kota Batu, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, BBWS Prov Jatim, Relawan, Mahasiswa, dan unsur pendukung dalam penanganan bencana banjir bandang di Kota Batu.
    • Pendataan kebutuhan darurat terkait logistik dan obat-obatan. Termasuk mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga dan relawan.
    • Tidak ada titik lokasi pengungsian yang terpusat. Warga terdampak mengungsi ke sanak saudara/tetangga.
    • TNI AD mendatangkan alat berat untuk mengangkut material yang dibawa banjir bandang termasuk juga personel TNI untuk membantu warga melakukan pembersihan lokasi.
    • Walikota Batu menetapkan status Tanggap Darurat selama 2 minggu ke depan dengan fokus sementara pada pencarian dan penyelamatan serta pembersihan material banjir bandang oleh tim gabungan (relawan SAR dan TNI AD).
  3. RESPON CARITAS
    • Tim Paroki Gembala Baik, Batu, Malang telah melakukan kajian awal untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan-lingkungan yang cukup parah terdampak banjir untuk memetakan respon, melihat prioritas kebutuhan, dan dukungan yang mendesak dari Keuskupan Malang.
    • Melihat dari dampak kematian, penentuan status tanggap darurat, dan luasan paparan banjir berada pada Skala Regional KUNING yang menuntut perhatian dari Caritas keuskupan dengan kemungkinan dukungan dari Caritas Indonesia.
    • Tim Paroki Batu menyiapkan sejumlah paket makanan siap saji yang akan didistribusikan ke BPBD untuk relawan gabungan.
    • Tim Paroki Batu membuka posko untuk menerima bantuan dari paroki-paroki di Keuskupan Malang. Bantuan yang dikirimkan sesuai dengan data yang didapat dari BPBD Batu agar tepat guna dan tepat sasaran. Setelah terkumpul maka bantuan akan diserahkan kepada posko BPBD Kota Batu.
  4. KEBUTUHAN MENDESAK
    • Kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh warga terdampak adalah bahan makanan (beras, minyak goreng, sarden, mie instan, bawang merah/putih, garam), alat mandi sesuai data BPBD Kota Batu.
  5.  KOORDINASI
    • Komunikasi Tim Emergency Response sudah dilakukan pada 4-5 November 2021 dengan TSKKM untuk meminta informasi perihal banjir yang terjadi.
  6. MEDIA & KOMUNIKASI
    • Petugas gabungan BPBD Kabupaten Malang bersama TNI/Polri dan warga membersihkan kayu akibat banjir bandang di Sungai Sambong, Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jumat 8 Januari 2021. (Foto: BPBD Kabupaten Malang)
  7. KONTAK PERSON
    • Br. Marco, O.Carm. (TSKKM) | Phone: +62 813-3411-4588
    • Aryo Saptoaji (ER-DRR Program Officer) | aryo@karina.or.id | Phone: +62 822-1467-3822
    • Martin Dody Kumoro (Network-Advocacy-Communication) | dody.martin@karina.or.id | Phone: +62 812 902 93177
    • Fredy Rante Taruk, Pr. (Direktur Eksekutif) | fredrtpr@karina.or.id | Phone: +62-811-805-167
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta