Yohanes Khobun: Semangat Pantang Menyerah – Caritas Indonesia – KARINA

Yohanes Khobun: Semangat Pantang Menyerah

27/11/2015

Yohanes Khobun adalah salah satu dari anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Uncak Kontok di Ketapang. KSM ini merupakan salah satu dampingan dari Caritas Keuskupan Ketapang. Terlahir normal, Pak Manis, demikian ia akrab dipanggil oleh teman-temannya, kini harus selalu menggunakan tongkat untuk menopang kaki kirinya akibat kecelakaan yang menimpa dirinya belasan tahun yang lalu. Namun hal tersebut tidak menyurutkan langkahnya untuk terus bekerja. Haus akan pengetahuan-pengetahuan baru, suami dari Kety ini pun kemudian memutuskan untuk bergabung dengan KSM Uncak Kontok. Bersama kelompok ini, ia memperoleh pengetahuan tentang okulasi dan budidaya tanaman muda yang dianggapnya dapat meningkatkan pendapatan bagi keluarganya. Ia pun yakin dapat menerapkan apa yang dipelajarinya, terlepas dari keterbatasan fisik yang dialami dan kurangnya dukungan dari sang ibu pada awalnya.

Kegiatan demi kegiatan KSM yang difasilitasi baik oleh Caritas Keuskupan Ketapang maupun Lingkar Borneo tentang budidaya tanaman ia ikuti dengan tekun. Dukungan dari istri dan ayahnya menjadi penambah semangat. Ia tetap ingin membuktikan kepada sang ibu bahwa apa yang dijalaninya bersama KSM Uncak Kontok bukanlah sesuatu yang tidak bermanfaat. Dan kesempatan yang dinanti pun tiba. Pada akhir bulan Oktober yang lalu, Khobun sengaja memilih waktu royong[1] yang bersamaan dengan royong berladang sehingga ibunya dapat secara langsung melihat dan mengamati apa yang dilakukan oleh para anggota KSM. Dari situ sang ibu dapat diyakinkan bahwa kegiatan budidaya karet unggul dan tanaman muda yang dilakukan Khobun bersama KSM Uncak Kontok merupakan kegiatan yang bermanfaat dan kegiatan yang menghasilkan ketika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dukungan penuh dari seluruh anggota keluarga semakin memantapkan langkah Khobun untuk terus mempraktekkan apa yang dipelajarinya bersama anggota KSM yang lain.

 
Penulis: Stefanus Adianto – Caritas Keuskupan Ketapang, Editor: NAC – KARINA


[1] Royong yang diambil dari kata ‘Gotong Royong’ adalah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat untuk saling membantu di saat persiapan lahan ataupun disaat panen. Kegiatan ini dilakukan secara berpindah atau bergiliran dari tempat warga yang satu ke tempat yang lain.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta