Jabatan : DRR-CCA Officer (Staf ER-DRR)
Atasan langsung : ER-DRR Coordinator
Divisi : ER-DRR (Tanggap Darurat)
Lokasi Ke : Jakarta Timur
Durasi Kontrak : 12 (dua belas bulan)
Prioritas : Segera
LATAR BELAKANG
Caritas Indonesia (Yayasan KARINA KWI) didirikan secara resmi pada tanggal 17 Mei 2006 dan merupakan lembaga kemanusiaan resmi milik KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) dengan mandat sebagai pusat koordinasi, fasilitasi dan penggerak Lembaga Sosial-Pastoral Gereja Katolik di Indonesia dalam menjalankan misi kemanusiaan, terutama untuk membantu para penyintas bencana alam dan bencana akibat ulah manusia. Fokus program pelayanan Caritas Indonesia 5 tahun kedepan, sesuai dengan Rencana Strategis Caritas Indonesia 2023 – 2027, adalah Penemanan Keuskupan, Aksi Kemanusiaan dan Tanggap Darurat Bencana, Adaptasi Perubahan Iklim, Migran, Pengungsi, dan Anti Perdagangan Manusia, serta Kesehatan dan Nutrisi Ibu dan Anak.
Terkait bidang Aksi Kemanusiaan dan Tanggap Darurat Bencana, Caritas Indonesia memiliki Divisi Emergency Respons (ER) dan Disaster Risk Reduction (DRR). Melalui divisi ini, Caritas Indonesia merespon berbagai kejadian bencana di seluruh wilayah Indonesia, baik dalam tanggap darurat, transisi darurat, maupun rehab rekon. Divisi ini juga melaksanakan berbagai kegiatan peningkatkan kesiapsiagaan kepada masyarakat.
Selain tetap menjalankan Aksi Kemanusiaan Tanggap Darurat, saat ini Caritas Indonesia juga akan memperkuat sisi kesiapsiagaan masyarakat, khususnya dalam bidang Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim. Sebab, meningkatnya risiko bencana juga dipengaruhi oleh pemanasan global.
DESKRIPSI DIVISI ER – DRR
Caritas Indonesia melalui Divisi Tanggap Darurat dan Pengurangan Risiko Bencana (ER-DRR) berkomitmen menjalankan mandat strategis 2023–2027 untuk memberikan tindakan penyelamatan dan peningkatan kehidupan kepada kelompok paling rentan akibat bencana alam, buatan manusia, serta konflik. Dengan pendekatan berbasis martabat manusia, Divisi ini bertujuan membantu komunitas tidak hanya menghadapi situasi darurat, tetapi juga membangun ketahanan dan mempersiapkan mereka untuk bangkit serta merehabilitasi diri secara bermartabat.
Agar mandat ini terealisasi secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan, Divisi ER-DRR berupaya mencapai hasil-hasil berikut:
- Strategi Tanggap Darurat Bersama melalui kerja kolaboratif, mengutamakan koordinasi antar aktor kemanusiaan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, untuk memastikan respon yang cepat dan tepat sasaran.
- SOP Tanggap Darurat yang Relevan dan Kontekstual sesuai karakteristik bencana di Indonesia, memastikan respons tanggap darurat yang responsif, terarah, dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
- Protokol dan Prosedur Relawan yang Terintegrasi untuk mengelola relawan mulai dari perekrutan, pelatihan, penugasan, hingga evaluasi, guna memastikan peran relawan mendukung secara optimal di setiap tahap penanggulangan bencana.
- Kolaborasi dan Strategi Pendanaan melalui kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil, dengan langkah-langkah pendanaan yang berkelanjutan, menjadi kunci dalam menjaga keberlanjutan program kemanusiaan.
- Penguatan Kapasitas Komunitas pada kesiapan komunitas untuk bangkit setelah bencana, sekaligus membangun ketangguhan menghadapi dampak bencana di masa depan.
- Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Adaptasi Perubahan Iklim (API) yang terintegrasi sebagai kunci untuk menciptakan komunitas tangguh yang mampu menghadapi dampak bencana dan perubahan iklim.
DESKRIPSI DRR-CCA OFFICER
Untuk itu diperlukan seorang Officer dengan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan khusus dalam integrasi PRB dan API. Staf ini nanti bertanggung jawab untuk memastikan Caritas Indonesia mempunyai strategi (kesatuan upaya) untuk mengintegrasikan PRB dan API. Staf pada posisi ini akan berada di bawah Divisi ER-DRR dengan tanggung jawab utama seperti di bawah ini.
DESKRIPSI PEKERJAAN
- Memastikan Jaringan Caritas Indonesia di seluruh keuskupan memiliki peta kerentanan yang komprehensif berdasarkan kajian Integrasi PRB dan API.
- Memastikan Jaringan Caritas Indonesia di seluruh Keuskupan secara bersama mampu mengembangkan kerangka kerja Integrasi PRB dan API.
- Memastikan Jaringan Caritas Indonesia di seluruh Keuskupan bersama-sama mampu mengembangkan dan melaksanakan strategi (kesatuan upaya) integrasi PRB dan API (mitigasi) yang relevan dan kontekstual.
- Memastikan Jaringan Caritas Indonesia di seluruh keuskupan memiliki program Integrasi PRB dan API, sehingga orang-orang yang terkena bencana akibat perubahan iklim menerima dukungan dan perlindungan menyeluruh dalam membangun ketangguhan dan martabatnya.
TUGAS
- Terlibat aktif dalam pelaksanaan program Divisi ER-DRR, sesuai dengan Bussiness Plan divisi tahun berjalan.
- Mengembangkan dan menyediakan tools untuk kajian kerentanan berbasis integrasi PRB dan API yang dapat diterapkan di seluruh Keuskupan.
- Mendampingi Keuskupan dalam melakukan pemetaan kerentanan berbasis integrasi PRB dan API, termasuk pelatihan dan penerapan metodologi.
- Mendampingi Keuskupan dalam menganalisis dan mendokumentasi hasil pemetaan kerentanan berbasis integrasi PRB dan API.
- Mendampingi Keuskupan dalam menyusun desain program yang fokus pada integrasi PRB dan API untuk meningkatkan relevansi dan dampak program.
- Menyiapkan dokumen MOU Caritas Indonesia dan Keuskupan terkait pelaksanaan program integrasi PRB dan API.
- Mendampingi Keuskupan dalam pelaksanaan Program integrasi PRB dan API untuk memastikan keberhasilan dan kesesuaian dengan tujuan strategis program.
- Menyiapkan tools monitoring dan evaluasi program integrasi PRB dan API yang akan digunakan oleh Keuskupan.
- Dalam kerja sama dengan staf keuangan program/proyek, memantau anggaran di Keuskupan yang melaksanakan program intgrasi PRB dan API
- Menyiapkan dan mengirim laporan bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, dan akhir tahun terkait pelaksanaan program integrasi PRB dan API di Keuskupan kepada Koordinator Divisi ER-DRR.
- Sebagai bagian dari Divisi ER-DRR, selalu siap untuk diterjunkan ke daerah terdampak bencana sebagai perwakilan Caritas Indonesia dalam situasi tanggap darurat.
- Selalu siap untuk mewakili Caritas Indonesia dalam setiap forum koordinasi di Indonesia, dimana akan terjadi pertukaran informasi, pembelajaran, dan pengalaman.
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung dan Direktur Eksekutif Caritas Indonesia selama tugas pokoknya tidak terputus dan masih dapat dikelola.
PRINSIP KERJA
- Komitmen yang kuat pada belas kasih kemanusiaan dan pelayanan kepada orang miskin seperti yang dijelaskan dalam Ajaran Sosial Katolik.
- Mematuhi visi, misi dan prinsip-prinsip Caritas Indonesia (Yayasan KARINA-KWI), serta nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi pedoman Caritas Internationalis.
- Mematuhi dan melaksanakan Kebijakan Safeguarding Caritas Indonesia
- Mampu bekerja dalam tim, maupun dengan staf program dan tim kerja dari divisi lain.
- Mampu mendampingi perencanaan dan implementasi program yang baik.
- Kemampuan yang kuat untuk menyeimbangkan kondisi diri, mental dan emosional.
- Partisipatif, komunikatif, efisien, akurat dan suportif.
- Tidak korupsi, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab.
- Memahami dokumen-dokumen utama Gereja, seperti Deus Caritas Est, Caritas in Veritate, dan Laudato Si’ adalah nilai tambah.
- Memahami mandat pelayanan untuk yang termiskin, terpinggirkan dan paling rentan.
PERSYARATAN:
- Lulusan S1 (diutamakan dari bidang sosial dan/atau humaniora).
- Memiliki pengalaman minimal dua tahun sebagai Program Officer atau pernah mengelola program-program pemberdayaan masyarakat, terutama bidang itegrasi PRB dan API.
- Memiliki pengalaman dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas untuk kelompok dampingan.
- Memiliki pengalaman dengan sektor nirlaba dan organisasi atau jaringan Katolik, dan pernah bekerja dengan keuskupan merupakan nilai tambah.
- Memiliki pengalaman dalam perencanaan program, pengelolaan program dan anggaran program.
- Memahami Manajemen Siklus Proyek, Pengurangan Risiko Bencana, dan Adaptasi Perubahan Iklim.
- Memahami dengan baik prinsip dan tantangan dalam pengelolaan program pelayanan kemanusiaan.
- Memiliki keterampilan dalam menulis laporan narasi Program/Proyek.
- Memiliki keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal yang baik dalam membangun relasi dengan tim dalam divisi, lintas divisi, keuskupan dan komunitas dampingan keuskupan.
- Mampu berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
- Mampu bekerja secara mandiri sesuai kebutuhan dan sekaligus mampu bekerja dalam tim.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan rangkaian program Microsoft Office dan digital.
PROSEDUR PENDAFTARAN
Perlindungan Anak:
Caritas Indonesia berkomitmen menjaga anak-anak tetap aman sehingga proses seleksi kita, yang mencakup pemeriksaan latar belakang yang ketat, mencerminkan komitmen kita terhadap perlindungan anak-anak dari pelecehan dan tindak kekerasan.
Perlindungan Staf Caritas Indonesia:
Seluruh staf Caritas Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan tugas sesuai dengan Kebijakan Pencegahan Pelecehan dan Eksploitasi Seksual.
Surat Pengantar dengan tulisan tangan di atas 1 lembar kertas ukuran A4 (putih polos dan tanpa garis) dan menyampaikan kesesuaian Anda:
Silakan kirim semua dokumen di atas dalam 1 (satu) email ke:
[email protected] dan [email protected]
Subjek email: DRR-CCA Officer – Jakarta [nama pemohon]
Paling lambat 25 Januari 2025 pukul 17.00 WIB
Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi oleh Caritas Indonesia