ERICA – Pelatihan Logistik – Caritas Indonesia – KARINA

ERICA – Pelatihan Logistik

23/02/2015


Program ERICA (Emergency Response Institutional Capacity-Building Accompaniment) telah memasuki tahap pelatihan logistik setelah sebelumnya mengadakan pelatihan SPHERE dan Needs Assesment pada tahun 2014 lalu. Pelatihan logistik ini diselenggarakan pada 10 – 14 Februari 2015 di Hotel New Ayuda Puncak, Cipayung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Peserta sejumlah 28 orang berasal dari 6 keuskupan peserta ERICA yaitu Caritas K. Sibolga, Pansos Bodronoyo Palembang, Caritas Tanjungkarang, Caritas Bandung, KARITAS Purwokerto, dan Caritas K. Sintang. Pelatihan logistik ini terdiri dari 18 sesi yang memfasilitasi peserta untuk semakin mengerti mengenai manajemen logistik dengan berbagai piranti kerja yang belum pernah digunakan di tingkat keuskupan sebelumnya. Metoda pelatihan yang dilaksanakan adalah dengan memberikan pengantar berupa teori yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik dan simulasi.

Antusiasme para peserta terlihat baik terutama pada kegiatan praktik seperti perhitungan kapasitas gudang dalam menampung barang, praktik menumpuk barang, pembuatan denah dan alur di lokasi distribusi, perhitungan kebutuhan transportasi, pengisian dokumen-dokumen penting dalam logistik hingga role play yang merupakan skenario kegiatan logistik dari awal kegiatan yaitu penerimaan barang hingga distribusi kepada penerima manfaat dan laporan-laporannya. Dalam kegiatan terakhir tersebut, peserta membagi perannya sebagai penerima manfaat, petugas pencatat, satuan pengaman, petugas pengawas, penerima komplain, dsb. Kegiatan role play dilaksanakan secara lengkap sesuai dengan sesi yang telah diberikan. Hal ini dilaksanakan agar peserta secara aktif mengalami apa yang diketahuinya, tidak hanya sekadar mengetahui teorinya saja.

Kegiatan role play tersebut memang tidak mendekati kondisi nyata dimana tekanan yang akan dialami jelas lebih besar dan berat, namun dengan adanya kegiatan aktif itu banyak hal menjadi lebih lebih mudah dipahami. Seperti penggunaan kartu stok, pemanfaatan buku gudang, pentingnya surat jalan dan penerimaan barang, pentingnya koordinasi dengan kepala desa  dan kerja sama dengan perangkat desa terutama saat registrasi dan pelaksanaan distribusi.

Pengetahuan logistik yang telah diketahui para peserta berdasarkan pengalaman selama berkarya dalam jaringan Caritas Indonesia telah baik dan pelatihan ini memberikan suatu hal yaitu sudut pandang dalam pengelolaan kegiatan logistik. Training ini memberikan suatu cara atau bahasa untuk mengkomunikasikan kegiatan logistik agar semakin efektif dan efisien juga dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Seperti manfaat registrasi bagi menerima manfaat, formulir dan pencatatan bagi staff logistik dan program, hingga laporan bagi lembaga, donor, dan pihak yang berkepentingan. ■ la

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta