Yang Penting Coba dan Praktekkan – Caritas Indonesia – KARINA

Yang Penting Coba dan Praktekkan

22/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaCapacity Building (CB) Unit menyelenggrakan kegiatan Learning Review. Kegiatan itu menjadi pembelajaran bersama bagi para direktur dan manajer program Caritas Keuskupan yang telah memperoleh workshop Organizational Development (OD) dan pelatihan Project Cycle Management (PCM) selama tahun 2009.

Learning Review ini diselenggarakan selama empat hari di Hotel Grand Cemara, Jakarta dan  difasilitasi oleh Karina KWI. Kegiatan ini terbagi menjadi dua tahap; 9-10 Maret 2010 untuk OD dilanjutkan 11-12 Maret 2010 untuk PCM.

Peserta learning review OD mencapai 16 orang mereka perwakilan dari 9 Caritas Keuskupan yang sudah mengadakan workshop di Keuskupan masing-masing, sementara peserta learning review PCM mencapai 32 perwakilan Caritas Keuskupan, terdiri dari Caritas-caritas Keuskupan yang telah mengikuti pelatihan PCM di tingkat regional.

Tujuan dari penyelenggaraan learning review sendiri adalah untuk menguatkan kapasitas dalam hal pengembangan organisasi dan pengelolaan siklus proyek kemanusiaan oleh Caritas-caritas Keuskupan melalui proses berbagi pengalaman, berefleksi dan menyerap hal-hal baru dari narasumber.

Dalam kegiatan learning review OD, Karina KWI mengundang LH Pranoto, konsultan manajemen, yang selama ini telah mendampingi Karina KWi dalam mendesain kerangka konsep pengembangan organisasi bagi Caritas-caritas Keuskupan. Pak Pran, begitu ia biasa disapa,  juga menyajikan materi tentang bagaimana menyusun sebuah SOP (standard Operating Procedure) dalam sesi pembelajaran. Sedangkan untuk learning review PCM, peserta memperoleh penyegaran dari Aribowo Nugroho (Emergency Response Officer Karina KWI), Edy Locke (Program Manager Kariyo/Caritas Suroboyo), dan Rogatianus Anang (Program Manager Karina KAS) mengenai tips penyusunan proposal proyek dan pelaporan yang efektif, serta introduksi monitoring dan evaluasi.

Dari hasil learning review OD, tindak lanjutnya adalah diskusi antar direktur/manajer program dalam wadah milis cbkarina@yahoogroups.com yang sudah eksis satu tahun terakhir, juga penulisan ulang dari 5 butir OD bagi tiap-tiap Caritas Keuskupan sebagai tindak lanjut Caritas-caritas Keuskupan yang telah melakukan workshop OD diharapkan dapat menindaklanjuti kerangka kerja yang dihasilkan melalui workshop untuk dikembangkan, dijadikan acuan kerja organisasi, dan selalu diperbarui sejalan dengan perubahan-perubahan yang dihadapi.

Sementara tantangannya adalah bagaimana memelihara diskusi ini tetap berjalan, terutama karena saat ini Caritas-caritas Keuskupan yang telah melakukan workshop OD diharapkan dapat menindaklanjuti kerangka kerja yang dihasilkan melalui workshop untuk dikembangkan, dijadikan acuan kerja organisasi, dan selalu diperbarui sejalan dengan perubahan-perubahan yang dihadapi.

Sebelum pembahasan mengenai kesenjangan kapasitas dan komitmen mengenai PCM, pengurus Karina KWI memaparkan rencana dan posisi keberadaannya sampai dengan akhir tahun 2010. Hal ini penting agar Caritas Keuskupan mampu merencanakan sesuai dengan kapasitas.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta