Video – Caritas Indonesia – KARINA

Belarasa di Lembata

17/06/2021

Dalam kunjungan Belarasa di wilayah Kabupaten Lembata, NTT, Romo Fredy Rante Taruk berkunjung ke Hunian Darurat di Desa Wawala bersama dengan Romo Kristiono Puspo, dan Pastor Kristo Soge. Hunian Darurat tersebut dibangun oleh Caritas Keuskupan Larantuka untuk menampung sementara para warga terdampak yang rumahnya rusak. Kebutuhan para warga terdampak yang tinggal di hunian darurat tersebut akan coba diakomodasi Caritas Indonesia berkolaborasi dengan jejaring Caritas Keuskupan.

#salambelarasa

Wathc video >

Belarasa di Waimatan

15/06/2021

Kunjungan Direktur Caritas Indonesia, Fredy Rante Taruk, Pr. Ke Desa Waimatan, Kabupaten Lembata, NTT yang menjadi salah satu wilayah terdampak bencana. Turut serta dalam kunjungan ini, Direktur LDD KAJ, Ch. Kristiono Puspo, SJ dan Pastor Kristo Soge, Pr., Koordinator Logistik Caritas Dekenat Lembata. Wilayah Desa Waimatan ini diterjang banjir bandang dan longsoran material dari gunung api Ile Lewotolok. Hingga saat ini, diperkirakan masih ada 12 korban jiwa yang belum ditemukan.

Wathc video >

Audiensi Caritas Indonesia dengan Keuskupan Atambua

15/06/2021

Tanggal 7 Juni 2021, Fredy Rante Taruk, Pr., Direktur Caritas Indonesia melakukan audiensi dengan Mgr. Dominikus Saku, Bapa Uskup Atambua. Dalam audiensi tersebut, Fredy Rante Taruk, Pr. menyampaikan perencanaan program yang akan dilakukan bersama dengan Caritas Keuskupan Atambua untuk membantu para warga terdampak akibat bencana yang melanda wilayah Atambua beberapa saat yang lalu. Berbagai sektor rencananya akan masuk dalam program tersebut dan Caritas Keuskupan Atambua menyambut baik rencana tersebut.

Wathc video >

Kick-Off Proyek Emergency Appeal 06/2021 di Sulawesi Tengah

15/06/2021

Pada tanggal 2-5 Juni 2021, Caritas Indonesia bersama dengan Caritas PSE Manado mengadakan rangkaian kegiatan untuk mengawali berjalannya Proyek Emergency Appeal 06/2021. Rencananya, dalam proyek tersebut akan dibangun sejumlah hunian semi permanen lengkap dengan toiletnya, untuk para warga terdampak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang hingga saat ini belum mendapatkan tempat tinggal.

Sebelumnya, Caritas Indonesia telah membangun sebanyak 649 unit baik hunian sementara maupun semi permanen di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah dan telah diserahkan kepada para penerima manfaat.

Wathc video >

DOA PAUS FRANSISKUS UNTUK PARA KORBAN BENCANA ALAM DAN KECELAKAAN PESAWAT

18/01/2021

 

 

Dalam Doa Angelus, Minggu 17 Januari 2021, Paus Fransiskus, menyampaikan doa bagi para korban gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, dan korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air yang menewaskan 62 orang pada 9 Januari yang lalu.

 

 

“Saudara-saudari yang terkasih, saya ingin mengungkapkan kedekatan saya dengan warga Pulau Sulawesi di Indonesia yang diguncang gempa kuat.”

“Saya mendoakan mereka yang meninggal dunia, mereka yang luka-luka, mereka yang kehilangan rumah dan pekerjaan.”

“Semoga Tuhan mendukung upaya mereka-mereka yang sedang melakukan penyelamatan.”

“Mari doakan saudara-saudara kita di Sulawesi, juga korban kecelakaan pesawat terbang yang terjadi Sabtu pekan lalu di Indonesia.”

 

===========================================================================

Sumber: vaticannews.va

Wathc video >

Video: Laudato Si’ Eco tourism Community Tembak

15/12/2016

Kita bisa belajar bagaimana masyarakat di daerah hulu sumber air menggantungkan hidup mereka pada perawatan alam. Alam adalah milik kita semua, maka perlu kita lestarikan dan bisa diakses oleh semua orang.

Wathc video >

Video: Strengthening Resilient Communities in Sintang

15/12/2016

Masyarakat Tapang Mada, Sungai Garong, Sintang ini mengandalkan hidupnya lewat merawat lingkungan dan hutan adat mereka. Untuk meningkatkan pendapatan dan tetap memelihara alam dan lingkungan, mereka mengembangkan pohon karet bibit unggul. Mereka perlu mengubah cara lama hanya dengan mengandalkan karet hutan dari hutan yang berpindah-pindah menjadi ladang karet unggul di hutan yang tetap. Dengan demikian mereka sedikit demi sedikit akan jelas status kepemilikan tanah mereka dan bisa melindungi dari penyerobotan lahan hutan oleh perusahaan-perusahaan yang merusak lingkungan alam dan sosial masyarakat. Mereka menjaga hutan dan sumber air yang dipakai oleh banyak orang secara bebas.

Wathc video >

“The Resilient Ones from the East of Indonesia” sebagai Best short film on DRR for Development di AMCDRR 2016 India

05/11/2016

Selamat untuk Partners for Resilience (PfR) Indonesia!

Film produksi CORDAID/KARINA KWI-Yogyakarta yang berjudul “The Resilient Ones from the East of Indonesia” terpilih sebagai pemenang pada kategori ke-2: Best short film on DRR for Development pada ajang Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) 2016 yang diselenggarakan di New Delhi, India.

Pengumuman para pemenang dari setiap kategori diselenggarakan pada tanggal 5 November di Vigyan Bhawan Conference Center di New Delhi, India. Dalam acara itu, Kartika Juwita yang mewakili PfR Indonesia tampil ke podium dan menerima penghargaan tersebut. Sekali lagi, selamat!!

 

 

 

 

 

Wathc video >

Bentara Cahaya 2

16/06/2016

Film ini merupakan kelanjutan dari film Bentara Cahaya 1. Dalam film kedua ini berfokus pada perjuangan perbaikan kualitas pendidikan anak-anak di luar jam sekolah. Berbagai tantangan harus dihadapi demi masa depan anak yang lebih baik. Disini kreativitas dan loyalitas benar-benar diuji.

Wathc video >

Dagesime

20/05/2016

Dagesime adalah nama sebuah sungai besar yang mengalir membelah 6 desa pada 2 kecamatan yakni Kecamatan Mego dan Magepanda di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Meski debit airnya cenderung berubah bergantung pada musim, namun keberadaan sungai ini membawa berkah sekaligus bencana bagi masyarakat di sekitarnya. Saat musim kemarau, masyarakat sangat tertolong olehnya melalui pasokan air bersih bagi kebutuhan rumah tangga dan lahan pertanian mereka. Namun tatkala musim hujan, terkadang ia justru menghadirkan banjir yang membahayakan masyarakat.
Melihat situasi ini Caritas Maumere berinisiatif untuk melakukan intervensi bagi desa-desa yang dilalui sungai Dagesime ini dalam bentuk pembuatan peta Daerah Aliran Sungai (DAS) Dagesime secara lebih akurat dan mendetail. Pada awal bulan April lalu, dengan menggandeng beberapa mitra yang kompeten dalam pemetaan, Caritas Maumere bersama perwakilan-perwakilan masyarakat dari keenam desa ini bergotong-royong membuat peta. Proses pembuatan peta yang berlangsung kurang lebih sebulan ini menghasilkan sebuah peta desa yang secara khusus mengekspos profil Daerah Aliran Sungai (DAS) Dagesime. Nantinya, peta ini akan digunakan sebagai informasi dasar dalam proses perencanaan selanjutnya di masing -masing desa bersama Caritas Maumere khususnya yang berhubungan dengan penanggulangan bencana banjir, pelestarian sumber mata air, pemanfaatan lahan di sekitar aliran sungai, intensifikasi pertanian, konservasi tanah dan air, serta pembangunan jaringan radio komunikasi yang nantinya akan memudahkan akses informasi terkait kebencanaan.

Wathc video >

Bentara Cahaya 2

20/05/2016

A short movie from Caritas Maumere. Bentara Cahaya is an educational project supported by Indosiar to help children in remote areas in Indonesia

Wathc video >

Sumber Air Su Dekat

26/11/2015

Sebuah upaya mengatasi masalah kekurangan air bersih di Lodong, sebuah dusun di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka – Nusa Tenggara Timur oleh Caritas Keuskupan Maumere melalui program PfR yang didanai oleh Caritas Indonesia (KARINA).

Wathc video >

Create a Climate of Change

24/11/2015

Create Climate of Change: Official 2015 Campaign Clip

Wathc video >

The Pope’s Call & The Global Catholic Climate Movement

23/11/2015

The Global Catholic Climate Movement is how Catholics are responding to the Pope’s call to protect our common home and tackle the climate change crisis. Learn more: http://catholicclimatemovement.global/

Wathc video >

Global Catholic Climate Movement

23/11/2015

Join the Global Catholic Climate Movement

Wathc video >

Kegiatan Penghijauan di Bukit Kajuwulu

13/11/2015

This activity was held as the part of involving in green peace, nature loving, and reducing the dry, also the flood when rainy season. It was held in Kajuwulu, a nice place but there’s almost no trees..

Wathc video >

Sosialisasi Pendekatan 3R/3M

13/11/2015

A socialization of techniques to maximize water use even in a difficult place water can hold water even able to fertilize the soil and increase the water content in the soil. Caritas Maumere in cooperation with KARINA Jogja.

Wathc video >

Save Earth by Heart

13/11/2015

A short documentary campaigning the environment and commemorating the World Earth Day 2015, collaboration of PfR Project’s partners : Caritas Maumere and Wetlands International Indonesia.

Wathc video >

Bentara Cahaya

13/11/2015

A short movie from Caritas Maumere

Wathc video >

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta