Titik Awal Perjalanan – Caritas Indonesia – KARINA

Titik Awal Perjalanan

22/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia25-28 Oktober 2010, unit penguatan kapasitas memfasilitasi workshop Organizational Development (OD) atau Pengembangan Organisasi di Sintang, Kalimantan Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari mandat yang sudah diberikan kepada Karina KWI dan untuk tahun ini. Workshop OD ini telah terselenggara di 6 Caritas Keuskupan lain. Ini adalah workshop yang terakhir. Tim yang berangkat tidak hanya terdiri dari pengurus Karina KWI dan staf unit penguatan kapasitas, tapi juga para teman dari tim Diocesan Accompaniment dan Caritas Italiana, karena untuk masa depan, tim inilah yang menjadi penyambung kegiatan pasca workshop Pengembangan Organisasi.

Kegiatan workshop Pengembangan Organisasi berlangsung 4 hari penuh di Wisma Helena, Sintang. Kota yang diapit 2 sungai besar ini dicapai melalui jalan darat setidaknya 7 jam dari Pontianak.

Selama workshop, teman-teman Caritas Keuskupan Sintang, ada yang berasal dari pedalaman. Mereka menunjukkan semangat meski pada awalnya tidak mempunyai gambaran sama sekali mengenai workshop Pengembangan Organisasi. Sisi lain, hal tersebut bisa berarti positif karena workshop Pengembangan Organisasi diharapkan menampung semua ide dan idealisme teman-teman untuk sebuah organisasi baru dan terbebas dari belenggu konsep organisasi yang sudah ada.

Di awal pergumulan, fasilitator mengajak teman-teman peserta berefleksi atas pelayanan kemanusiaan yang didasarkan tidak hanya pada nilai kemanusiaan namun juga nilai-nilai spiritualitas. Semangat teman-teman sungguh tampak dari keseriusan dalam berdiskusi, bahkan masih dilakukan sampai menjelang makan malam, karena disadari bahwa apa yang dilakukan saat ini adalah pintu menuju masa depan organisasi Caritas Keuskupan Sintang sendiri.

Pada perkembangannya, Caritas Keuskupan Sintang merupakan organisasi baru dalam lingkup Keuskupan Sintang dan jaringan Karina KWI. Meski sering berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Karina KWI, Caritas Keuskupan Sintang sendiri secara internal baru terdiri dari seorang penanggung jawab yang didaulat menjadi direktur Caritas Keuskupan Sintang. Setelah mengikuti kegiatan Karina KWI, kebutuhan akan organisasi dengan struktur memadai menjadi mendesak dan karena itu, Caritas Keuskupan Sintang tidak menyia-nyiakan kesempatan menyelenggarakan workshop Pengembangan Organisasi ketika tawaran datang dari Karina KWI.

Apa yang diperoleh dalam workshop bukan menjadi harga mati melainkan dokumen hidup yang menjadi awal perjalanan Caritas Keuskupan Sintang. Semangat berbenah tampak dari semangat teman-teman yang hadir dalam workshop, meski harus meninggalkan pekerjaan sehari-hari selama beberapa waktu atau jauh-jauh menempuh 5 jam perjalanan dengan motor demi sebuah tujuan bersama. Semangat itu juga tampak dari struktur yang mulai terbentuk. Hari terakhir workshop, secara bersama teman-teman mengajukan diri menempati posisi dalam struktur berdasarkan kompetensi masing-masing. Workshop Pengembangan Organisasi hanya berlangsung selama 4 hari, namun itu menjadi titik awal sebuah perjalanan panjang.(Diah Pitaloka, staf unit Capacity Building Karina)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta