Syukurlah, Caritas Datang – Caritas Indonesia – KARINA

Syukurlah, Caritas Datang

22/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia‘Syukurlah, Caritas Datang’ Itulah ucapan pertama yang dilontarkan Basri Sikumbang, Wali Korong Paguh Dalam, kala saya tiba di lokasi basecamp. Base camp adalah sebutan untuk gudang, tempat pabrikasi sekaligus kantor dan tempat tinggal Tim Rekonstruksi Komisi PSE-Caritas Keuskupan Padang di Dusun Tiga, Paguh Dalam. Pak Basri, begitu ia biasa disapa, bapak tiga orang anak ini pun lalu mengajak saya berkeliling.

Ia menceritakan bagaimana warga bersemangat menyambut pelaksanaan program pembangunan rumah inti (core house) oleh Komisi PSE-Caritas Keuskupan Padang. Hampir tiap hari warga datang bergotong royong dua minggu belakangan ini. Bahu membahu mereka menyiapkan lahan, mendirikan tempat pabrikasi, menyekat isi rumah, memperkuat dinding hingga menghias halaman depan rumah.

‘Kalau basecamp cepat selesai. Proses pembangunan juga dapat segera dimulai’, jelas Riduan Pakpahan, Koordinator Tim Rekonstruksi Caritas Padang. Ia menjelaskan bahwa rumah inti berukuran 6mx5m akan dibangun menggunakan Batu Bata Gajah dengan besi bertulangan vertical-horisontal, beratap seng dan berlantai plester.

Di Korong Paguh Dalam, Kurai Taji, Kec. Nan Sabaris, Kab. Padang Pariaman ini Karina KWi bekerjasama dengan Komisi PSE-Caritas Keuskupan Padang berencana membangun 182 rumah inti. Dari keterangan Pak Basri gempa 30 September 2009 lalu mengakibatkan sebagian besar rumah mengalami rusak berat. Lebih lanjut dari keterangan setidaknya ada 335 KK mengajukan diri untuk dapat menerima bantuan, dimana lebih dari 70% diantaranya dikategorikan rusak berat.

‘Saya hanya butuh rumah, rumah sudah habis semua,’ tutur Ibu Yusni (40 tahun) sembari menunjukkan tempat tinggal sementara yang terbuat dari kombinasi seng dan terpal. Itupun sudah mulai robek di beberapa bagian.

Janda dengan enam orang anak ini sehari-hari hanya menjadi buruh serabutan. Kadang kala ia membikin sapu lidi untuk dijual ke pengepul, hasilnya tak menentu. Semenjak suaminya meninggal empat tahun lalu, praktis ia berjuang sendiri untuk menghidupi anak-anaknya. Dua diantaranya menjadi buruh di pasar di perantauan sedangkan empat yang lain tinggal bersamanya. Namun, gempa memaksanya berpisah dengan anak-anak kecuali si bungsu. Alasannya selain tidak ada tempat untuk tinggal juga masalah himpitan ekonomi. ‘Dua anak saya diambil (diasuh-red) orang. Saya tak ada biaya apalagi rumah juga tidak ada. Mau berteduh dimana?’

Kekhawatiran akan rasa tak aman tidak hanya milik Ibu Yusni, beberapa ibu yang sempat saya temui pun menuturkan keresahannya. Ibu Tati Asniwati, 32 tahun, mennceritakan bagimana anak-anaknya , Noviatari dan Tiara Novia trauma jika mendengar suara yang cukup keras di malam hari. ‘Trauma betul’, katanya. Apalagi kala ia masih tidur di tenda, ada suara angina tau hujan deras mereka biasanya menangis. Setelah tiga bulan tendanya tak lagi kuat menahan terpaan panas dan hujan, ia dan keluarga terpaksa menumpang di dapur milik tetangga. Itu pun beberapa bagian dindingnya juga rusak.

7 April 2010, bisa jadi adalah hari yang dinantikan oleh sebagian besar warga Paguh Dalam. Karena hari itu Caritas Padang mulai membangun rumah contoh bagi Ibu Yusni, sebagai penanda dimulainya Program Rekonstruksi di sana ditandai dengan peletakan batu pertama.

‘Akhirnya sekarang kami bisa berharap untuk mimpi indah,’ jelas Ibu Ratna Yulis dan anak-anaknya. Mereka berharap, bahwa dengan dimulainya pembangunan rumah contoh, program rekonstruksi di Paguh Dalam dapat berjalan sesuai harapan semua pihak dan betul-betul memulihkan kembali kehidupan masyarakat korban gempa.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta