Sinabung Pasca Peningkatan Aktivitas – Caritas Indonesia – KARINA

Sinabung Pasca Peningkatan Aktivitas

09/06/2015

Pada tanggal 7 Juni 2015, tim KARINA yang terdiri dari Romo Adrianus Suyadi, SJ,  F. Sundoko, dan C. Lora Egaratri berangkat menuju ke Medan untuk mendukung Caritas PSE Keuskupan Agung Medan (CPSE KAM) dalam melakukan kajian kebutuhan bagi para penyintas yang mengungsi karena aktivitas Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu. Setelah melakukan briefing singkat pada keesokan harinya, Pastor Markus Manurung, OFMCap, Direktur CPSE KAM memimpin tim KARINA dan tim CPSE KAM menuju ke Posko Pengungsian Los Buah Batu Karang. Posko ini merupakan 1 dari 5 posko pengungsian warga yang menjadi prioritas dampingan CPSE KAM.

Di Posko tersebut terdapat 308 KK (862 jiwa, yang terdiri dari 431 orang laki-laki dan 431 orang perempuan). Para pengungsi yang berada di posko ini terdiri dari 81 orang lanjut usia, 44 bayi, 6 ibu hamil, 10 anak usia TK, 84 anak usia SD, 45 anak usia SMP, 27 anak usia SMA, dan 9 mahasiswa. Para pengungsi tersebut berasal dari Desa Guru Kinayan dan sudah berada di sana selama sepekan ini, khususnya setelah mendapatkan instruksi untuk mengungsi dari pemerintah setempat. Mereka menempati posko sementara di dalam sebuah aula besar tanpa sekat pemisah, baik untuk para pengungsi dewasa dan anak-anak, maupun untuk laki-laki dan perempuan.

Posko ini dilengkapi dengan sarana dapur umum dan kamar mandi darurat. Sayangnya, kondisi kebersihan di sekitar tempat pengungsian sementara ini tidak dijaga dengan baik. Terlebih lagi, letak antara dapur, kamar mandi, penampungan air, dan pembuangan sampah cukup berdekatan. Kebutuhan air bersih sudah tersedia di tempat tersebut, hanya saja perlu dikelola dengan baik supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para penyintas.

Perjalanan tim kemudian berlanjut ke Posko St. Petrus Paulus di Kabanjahe. Warga yang mengungsi di posko ini umumnya berasal dari Desa Tiga Pancur yang sudah tinggal di posko tersebut sejak tanggal 3 Juni 2015 yang lalu. Para pengungsi di posko ini ditampung di 8 tenda BNPB dan 1 bangunan permanen. Tenda-tenda yang ada diklasifikasikan berdasarkan kelompok usia (lansia dan dewasa) dan gender (laki-laki dan perempuan). Posko ini juga menyediakan fasilitas MCK dan dapur  dengan persediaan air yang cukup.

Setiap kepala keluarga yang datang untuk mengungsi di tempat ini dihimbau untuk membawa tikar dan selimut dari rumah. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi udara dingin di malam hari. Namun, kondisi tenda menjadi kurang kondusif ketika turun hujan. Rembesan air hujan masuk ke dalam tenda dan bahkan ada tenda yang tergenang air sehingga tidak bisa ditempati. Beberapa orang perempuan tampak membuat parit kecil di sekeliling tenda mereka untuk mengantisipasi genangan air tersebut.

Untuk mengisi waktu luang selama tinggal di tempat pengungsian ini, kelompok wanita lansia melakukan kegiatan menganyam. Sementara itu kelompok laki-laki dewasa tetap melakukan kegiatan berladang dari pagi hingga sore hari. Walaupun sudah dilarang, hal ini terpaksa dilakukan. Sebab selain bekerja di ladang, mereka juga menjaga rumahnya untuk mencegah pencurian harta benda. Setelah berladang, mereka akan kembali ke posko pengungsian pada malam hari. Sementara itu, anak-anak yang tinggal di tempat pengungsian tetap melakukan aktifitas sekolahnya. Beberapa di antara mereka terpaksa harus menumpang belajar di gedung sekolah terdekat dari lokasi pengungsian.  

Pada tanggal 9 Juni 2015, tim KARINA bersama dengan CPSE KAM melanjutkan kegiatan kajian cepat di Posko Los Buah Batu Karang. Dari beberapa warga yang kami ajak berbincang, nampak bahwa mereka jauh lebih siap daripada saat mengungsi beberapa bulan yang lalu. Mereka menyadari bahwa untuk situasi dan kondisi seperti ini, mereka tidak bisa sepenuhnya menggantungkan diri kepada pemerintah. Ditulis oleh C. Lora Egaratri

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta