Sinabung: Erupsi Tiada Henti – Caritas Indonesia – KARINA

Sinabung: Erupsi Tiada Henti

11/10/2014

Sejak meletus kembali pada tanggal 7 Oktober lalu, Gunung Sinabung terus melakukan aktivitas yang disertai dengan hembusan abu vulkanik. Hujan abu mengarah ke Timur dan Tenggara, yakni Kota Berastagi. Sementara itu, hujan deras membuat Kota Berastagi digenangi lumpur dari abu vulkanik yang tercampur dengan air. Akibat tebalnya abu vulkanik, warga sangat membutuhkan masker sebagai alat pelindung pernapasan.

Pada Rabu, 8 Oktober, setelah mendapatkan informasi dari Pastor Markus Manurung, OFM Cap, tim Caritas PSE Keuskupan Agung Medan melakukan pembagian tugas. Sdr. Osbin Lumban Tobing dan Sdr. Antonius Sinulingga langsung terjun ke Paroki St. Fransiskus Asisi di Berastagi dengan membawa 3 kardus besar masker yang terdiri dari 108 boks. Mereka berangkat dari kantor Caritas PSE KA Medan pukul 10.00 WIB. Di tengah perjalan menuju Kota Berastagi, erupsi terjadi lagi. Sebaran abu vulkanik mengarah ke daerah Pancur Batu, Berastagi, Bandar Baru, Sibolangit, dan Sembahe, hingga ke daerah Medan.

Sesampainya di Gereja Katolik St. Fransiskus Asisi Berastagi, sekitar pukul 13.00 WIB, tim Caritas PSE KA Medan melihat seluruh wilayah sudah tertutupi abu vulkaknik dengan ketebalan 2 mm. Selanjutnya, tim berkoordinasi dengan Pastor Liber Sihombing selaku pengarah dan pemandu kegiatan. Bapak Jason Sipayung dan para frater juga turut berpartisipasi dalam pembagian masker yang dilakukan mulai pukul 15.00 hingga 16.30 WIB.

Pembagian masker secara gratis ini dilakukan di pinggir Jalan Raya Berastagi-Medan, tepatnya di depan Gereja Paroki Berastagi. Para pengguna jalan yang akan menuju ke Berastagi maupun Medan, mendapatkan 2-3 buah masker per orang. Mereka sangat senang dan berterima kasih atas inisiatif tim Caritas PSE KA Medan dalam pembagian masker gratis tersebut. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa ada kelompok lain yang membagikan masker akan tetapi tidak gratis. Hal ini membuat banyak orang datang ke tempat tim Caritas PSE KA Medan di Berastagi untuk menerima masker secara cuma-cuma.

Pembagian Masker

Hingga sore hari pukul 16.30 WIB, masker yang sudah dibagikan sebanyak 2 Kotak (72 boks). Karena kewalahan dengan banyaknya orang yang terus meminta masker, maka proses pembagian masker dihentikan pada sore hari itu dan akan dilanjutkan keesokan harinya.       

Berdasarkan pantauan tim Caritas PSE KA Medan, seluruh daerah Berastagi tertutup oleh abu dari Gunung Sinabung. Kondisi ini membuat aktivitas warga terhenti untuk sementara waktu. Hampir semua toko, warung dan pasar di daerah itu tutup. Sebagian besar gedung perkantoran tutup. Sementara, sekolah-sekolah swasta diliburkan selama tiga hari, hingga hari Sabtu (11 Oktober). Sekolah-sekolah negeri masih ada yang tetap menjalankan aktivitas belajar-mengajarnya, hanya jam belajarnya dipercepat dan sebagian lagi diliburkan.

Lahan pertanian tertutup abu vulkanik cukup tebal, sehingga hasil pertanian rusak total dan tidak laku dijual. Di sudut-sudut kota, ketebalan abu mencapai sekitar 3 mm. Banyak kendaraan di jalan raya berjalan dengan kecepatan rendah, karena jarak pandang yang terbatas dan tebalnya abu vulkanik yang menutupi aspal. Para warga terdampak bahkan tetap memakai masker ketika berada di dalam rumahnya.

Tingginya kebutuhan terhadap masker ini memberi kendala tersendiri bagi tim Caritas PSE KA Medan. Mereka mendapat informasi bahwa toko-toko yang menjual masker tidak buka, sedangkan di tempat lain stok masker sudah mulai menipis. Tim Caritas PSE KA Medan juga mengalami kekurangan tenaga yang membantu membagikan masker kepada mereka yang membutuhkan. Untuk saat ini, kendala tersebut diatasi dengan cara membatasi jumlah masker yang akan dibagikan per harinya. 

Selain itu, tim Caritas PSE KA Medan juga belum mendapatkan informasi dari pihak pemerintah, Media Center, dan BNPB. Namun demikian, tim Caritas PSE KA Medan tetap melakukan pembaruan data tentang jumlah pengungsi dan juga perkembangan status Gunung Sinabung melalui observasi dan kajian langsung di lapangan.


Contact Person

Pastor Markus Manurung, OFM Cap (Direktur Caritas PSE):  08126492106 <mangatur_man@yahoo.co.id>, Fitriyah Bunga Sinaga (Program Coordinator Caritas PSE): 081361094755 <bunga_sinaga@yahoo.com>, Yayasan Caritas PSE. Jl. Sei Asahan No. 42, Kelurahan Padang Bulan Selayang I, Sumatera Utara, 20131. Phone: +62-61-8227004, 77818191, 76668881, Fax: +62-61-8200115. E-mail: caritaspse@yahoo.co.id

 

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta