Siaran Pers: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Himpun Masukan dari Banyak Pihak untuk Selesaikan Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta – Caritas Indonesia – KARINA

Siaran Pers: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Himpun Masukan dari Banyak Pihak untuk Selesaikan Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta

02/11/2017
IMG_7561-1

Jakarta, 1 November 2017.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta didukung Yayasan KARINA (Caritas Indonesia) melalui program Partners for Resilience-Strategic Partnership dan Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) kembali menggelar konsultasi multi pihak terhadap dokumen Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta di hari Rabu 1 November 2017. Bertempat di Gedung Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, acara ini diselenggarakan dengan mengundang sejumlah pihak pemangku kepentingan pertanian perkotaan DKI Jakarta untuk mengkonfirmasi kembali masukan yang sudah diberikan dalam konsultasi sebelumnya yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2017 lalu. “Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta berkomitmen menyelesaikan Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta ini agar bisa memberikan masukan terhadap RPJMD DKI Jakarta 5 tahun ke depan serta memastikan terselenggarakannya pertanian perkotaan di Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung Jakarta sebagai kota berketahanan sekaligus mewujudkan prioritas ke 18 Gubernur DKI Jakarta saat ini,” jelas Ir. Darjamuni, M.M., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

Penyusunan Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta yang didukung oleh Yayasan KARINA (Caritas Indonesia) melalui program Partners for Resilience – Strategic Partnership dan Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) saat ini sudah memasuki fase akhir. Pertanian perkotaan ini akan menjadi acuan pelaksanaan pertanian perkotaan DKI Jakarta sampai dengan tahun 2030 sebagai satu strategi untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim dan mengurangi risiko bencana di Jakarta melalui perwujudan pertanian perkotaan ramah risiko. Terkait dengan tujuan ketahanan Kota Jakarta, Dr.Ir. Oswar Mungkasa, MURP, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan menyampaikan, “Desain besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta ini merupakan salah satu dari beberapa desain besar yang sedang disusun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan membantu pemerintah dalam mewujudkan Kota Jakarta berketahanan dan desain besar ini akan mengakomodir 5 komponen  penting Pertanian Perkotaan dengan pengelolaan risiko terpadu ada di dalamnya.” Menambahkan informasi tersebut, masih terkait dengan desain besar pertanian perkotaan ini, Yohan Rahmat Santosa,  Koordinator Program KARINA, menjelaskan, “Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta ini merupakan strategi untuk memperbesar manfaat Pengelolaan Risiko Terpadu dalam praktik unggulan (best practices) pertanian perkotaan yang sudah diselenggarakan dalam beberapa program KARINA ke seluruh wilayah DKI Jakarta untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya sekaligus meningkatkan pendapatan dan mengurangi risiko banjir yang berpotensi terjadi di Jakarta sehingga penghidupannya berkelanjutan.”

IMG_7631-1
(Foto: KARINA)

 

Tentang Partners for Resilience-Strategic Partnership (PfR-SP) Indonesia

PfR-SP Indonesia adalah sebuah aliansi dari lima organisasi kemanusiaan, pembangunan, dan lingkungan – CARE International Indonesia, Palang Merah Indonesia (anggota dari Federasi Internasional Perkumpulan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah), Wetlands International Indonesia, KARINA, dan the Red Cross Climate Centre – yang bekerja sama untuk memperkuat ketangguhan masyarakat melalui proses dialog kebijakan, regulasi, dan rencana pembangunan. PfR Indonesia dipimpin oleh CARE International Indonesia.

PfR Indonesia adalah bagian aliansi global dari beberapa organisasi yang bekerja di sepuluh negara di Asia, Afrika dan Amerika Tengah. Program ini memfasilitasi dialog Pengelolaan Risiko Terpadu dalam Kebijakan, Regulasi, dan Rencana Pembangunan di negara-negara tersebut. Program Partners for Resilience didukung pendanaannya dari Kementerian Luar Negeri Belanda.

Tentang Marunda Urban Resilience in Action (MURIA)

Program MURIA adalah program penguatan ketangguhan masyarakat kota dengan memadukan pendekatan Pengurangan Risiko Bencana, Adaptasi Perubahan Iklim, dan Manajemen dan Restorasi Ekosistem, yang diinisiasi oleh KARINA dan Bina Swadaya Konsultan dengan dukungan pendanaan dari Ford Foundation dan Cordaid. Program MURIA telah berhasil membangun Platform Multi Pihak beranggotakan masyarakat, pemerintah, LSM dan swasta yang akan menyepakati prioritas pembangunan Marunda dan memprakarsai kemitraan multi pihak dalam pelaksanaan prioritas tersebut.

Sejak tahun 2015, program MURIA menyasar 805 Kepala Keluarga di 2 RW di Kelurahan Marunda dan beberapa instansi pemerintah baik di tingkat kelurahan sampai dengan Provinsi dan Platform MURIA berhasil memprakarsai upaya pertanian perkotaan tahan risiko, bank sampah, usaha bersama simpan pinjam, panen air hujan, Kesiapsiagaan banjir, dan pemetaan partisipatif

IMG_7642-1
(Foto: KARINA)

 

Informasi lebih lanjut:

Contact: Yohan Rahmat Santosa

Organisation: KARINA

Tel: 08112951911

Email: yohan@karina.web.id

 

Contact: Kartika Juwita

Organisation: CARE International

Tel: 0811 920 5876

Email: kartika_juwita@careind.or.id

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta