Siaran Pers: Lokakarya Penyusunan Grand Design Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta 2017-2030 – Caritas Indonesia – KARINA

Siaran Pers: Lokakarya Penyusunan Grand Design Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta 2017-2030

10/08/2017
IMG_6268-1

8 Agustus 2017

Nomor: 100/SP/8/2017

“Lokakarya Penyusunan Grand Design Pertanian Perkotaan

Provinsi DKI Jakarta 2017-2030″

 

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta didukung oleh KARINA (Caritas Indonesia) melalui Program Partners for Resilience – Strategic Partnership (PfR-SP) dan juga Platform Multi Pihak Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) menyelenggarakan lokakarya penyusunan Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta 2017-2030 di tanggal 9-10 Agustus 2017 bertempat di Ruang SERBA GUNA Lantai 2 – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta. Upaya penyusunan Desain Besar Pertanian Perkotaan ini menjadi suatu keniscayaan agar pemangku kepentingan pertanian perkotaan DKI Jakarta mempunyai kesamaan visi, misi, target, dan dapat bersinergi dalam pelaksanaan program dan kegiatan pertanian perkotaan mendukung program penyediaan ruang terbuka hijau dan ketahanan pangan Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan Kota Berketahanan Jakarta. Sekaligus juga Desain Besar ini menjadi masukan bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta 2018-2022.

Proses penyusunan Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta yang sudah dimulai secara kolaboratif dari pertengahan April 2017 ini menunjukkan kemajuan yang bagus dan perlu untuk dikonsultasikan kepada pemangku kepentingan yang lebih luas sehingga lokakarya penyusunan Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta ini menjadi langkah yang penting dilakukan dalam usaha penyelesaian dokumen tersebut. Dengan mendasarkan penyusunan terhadap Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi DKI Jakarta sampai dengan tahun 2030 maka Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta ini dipastikan akan menjamin keberlanjutan hasil-hasil positif pembangunan dalam sektor pertanian perkotaan DKI Jakarta ke depan.

Bapak Dr. Ir. Oswar M. Mungkasa, Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bidang Tata Ruang & Lingkungan Hidup (Foto: KARINA).
Bapak Dr. Ir. Oswar M. Mungkasa, Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bidang Tata Ruang & Lingkungan Hidup (Foto: KARINA).

“Kompleksitas permasalahan perkotaan di Provinsi DKI Jakarta terkait dengan ketahanan pangan yang ditambah dengan semakin berkurangnya lahan pertanian serta peningkatan kejadian bencana yang diakibatkan oleh perubahan iklim saat ini sudah mengharuskan kami untuk mempertimbangkan upaya pengelolaan risiko terpadu dalam mengarahkan perencanaan pembangunan ke depan untuk menjadikan Provinsi DKI Jakarta tidak hanya menjadi kota yang maju tetapi juga memiliki ketahanan pangan dan penghidupan dari sektor pertanian kota yang berkelanjutan sehingga menjadi tangguh dalam mengantisipasi ancaman bencana yang mungkin muncul”, Dr.Ir. Oswar Mungkasa, MURP, Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (TRLH) menegaskan.

Menambahkan apa yang sudah ditegaskan oleh Deputi Gubernur RTLH Provinsi DKI Jakarta tersebut, Adrianus Suyadi, SJ, Direktur Eksekutif Yayasan KARINA (Caritas Indonesia) anggota dari Partners for Resilience (PfR) Indonesia juga menyampaikan, “Pengelolaan Risiko Terpadu yang memadukan pendekatan Pengurangan Risiko Bencana, Adaptasi Perubahan Iklim, dan Manajemen serta Restorasi Ekosistem adalah solusi yang bisa ditawarkan untuk menyasar permasalahan perkotaan di Provinsi DKI Jakarta. Beberapa manfaat yang sudah didapatkan masyarakat dan pihak-pihak lain dalam program penguatan ketangguhan kota melalui Platform Multi Pihak MURIA adalah bukti nyata dari upaya Pengelolaan Risiko Terpadu yang bisa direplikasi di daerah lain di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini seyogianya bisa diakomodir dalam Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta ini.”

Para peserta melakukan diskusi berdasarkan kelompok kerjanya masing-masing untuk menghasilkan rekomendasi atas pertanian kota (Foto: KARINA).
Para peserta melakukan diskusi berdasarkan kelompok kerjanya masing-masing untuk menghasilkan rekomendasi atas pertanian kota (Foto: KARINA).

Terkait dengan penyusunan Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (DKPKP), Ir. Darjamuni, MM menegaskan, “Sebagai SKPD Teknis, DKPKP berkomitmen untuk memandu pelaksanaan pertanian perkotaan berbasis ruang dan ramah lingkungan untuk keamanan dan ketahanan pangan keluarga yang ke depan akan masuk dalam Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta ini,  guna menjamin pertanian kota berkelanjutan di wilayah DKI Jakarta dan munculnya sistem pasar komoditas pangan yang terkendali antara DKI Jakarta dengan wilayah sekelilingnya yang menjamin kolaborasi multipihak  dalam pertanian kota DKI Jakarta dengan semua pemangku kepentingan yang ada.”

Kegiatan lokakarya selama dua hari ditutup dengan foto bersama (Foto: KARINA).
Kegiatan lokakarya selama dua hari ditutup dengan foto bersama (Foto: KARINA).

 

Tentang Partners for Resilience-Strategic Partnership (PfR-SP) Indonesia

PfR-SP Indonesia adalah sebuah aliansi dari lima organisasi kemanusiaan, pembangunan, dan lingkungan – CARE International Indonesia, Palang Merah Indonesia (anggota dari Federasi Internasional Perkumpulan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah), Wetlands International Indonesia, KARINA, dan The Red Cross Climate Centre (RCCC) – yang bekerja sama untuk memperkuat ketangguhan masyarakat melalui proses dialog kebijakan, regulasi, dan rencana pembangunan. PfR Indonesia dipimpin oleh CARE International Indonesia.

PfR Indonesia adalah bagian aliansi global dari beberapa organisasi yang bekerja di sepuluh negara di Asia, Afrika dan Amerika Tengah. Program ini memfasilitasi dialog Pengelolaan Risiko Terpadu dalam Kebijakan, Regulasi, dan Rencana Pembangunan di negara-negara tersebut.  Program Partners for Resilience didukung pendanaannya dari Kementerian Luar Negeri Belanda.

Dokumen Siaran Pers dapat dilihat di sini

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta