Seminar dan Penutupan Program dari Caritas Germany Indonesia di NTT – Caritas Indonesia – KARINA

Seminar dan Penutupan Program dari Caritas Germany Indonesia di NTT

24/01/2018
IMGP0042-1

Pada tanggal 22 Januari 2018, Caritas Germany Indonesia menyelenggarakan seminar dan penutupan proyek “Humanitarian Intervention and Disaster Preparedness for Vulnerable Communities in Flores and West Timor”. Bertempat di Hotel Aston, Kupang, Nusa Tenggara Timur, kegiatan ini menandai ditutupnya proyek kerjasama dengan para mitra di wilayah Flores dan Timor Barat pada periode 1 Desember 2015 hingga 31 Desember 3017. Dalam pelaksanaannya, proyek ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Pemerintahan Negara Jerman.

Acara ini dihadiri oleh BNPB dan BAPPENAS yang membuka dengan paparan singkat untuk para peserta seminar tentang pelaksanaan proyek dan kerjasama antara Caritas Germany Indonesia dengan BNPB, BPBD dan pemerintah setempat. Paparan materi seminat disampaikan oleh Drs. Sigit Padmono Dewo, M.Si (Kasubdit Organisasi Masyarakat, BNPB), Drs. Wartono (Kepala Bagian Program dan Anggaran II, BNPB) dan Ir. Hermani Wahab, MSc (Bappenas).

Pada kesempatan ini, Caritas Germany Indonesia juga menyampaikan hasil evaluasi proyek di atas yang sudah dilaksanakan 8-16 Januari 2018. Selain dari tingkat pemerintah pusat dan daerah, Caritas Germany Indonesia juga bekerjasama dengan para mitra lokal seperti Caritas PSE Keuskupan Maumere untuk wilayah Kabupaten Sikka, Komisi PSE Keuskupan Agung Kupang untuk wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Yayasan Mitra Tani Mandiri (YMTM) untuk wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara.

Peserta yang hadir berasal dari elemen pemerintah, masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat. (Foto: KARINA).

Secara umum dapat disampaikan bahwa proyek ini menyasar kebutuhan-kebutuhan masyarakat terhadap berbagai macam persoalan (ancaman bencana) yang mereka hadapi. Seperti instalasi sumur bor untuk mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih di wilayah Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kupang. Melakukan proteksi atas sumber-sumber air dan pemakaian pupuk organik di wilayah Timor Tengah Utara untuk mendorong pemenuhan pangan bagi para petani. Serta pelatihan pertanian dan pemenuhan kebutuhan dasar para pengungsi Rokatenda di Desa Kojakete (Pulau Besar) dan Desa Hewuli (Sikka).

Berbagai macam program yang dilaksanakan selama dua tahun ini dimaksudkan untuk meningkatkan resiliensi masyarakat dalam memitigasi ancaman bencana dan mengadaptasi adanya perubahahan iklim. Lebih dari itu, masyarakat juga diajak untuk memperbaiki tingkat kesehatan dan kesejahteraan hidup melalui sistem sanitasi yang baik dan produktivitas hasil pertanian yang dapat diandalkan. Masyarakat penerima manfaat juga didorong untuk dapat meningkatkan pendapatannya dengan sistem simpan pinjam bersama. ●YB

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta