Ritual Syukur Merti Tuk: Air untuk Kehidupan – Caritas Indonesia – KARINA

Ritual Syukur Merti Tuk: Air untuk Kehidupan

18/11/2015

Pada Tanggal 17 November 2015, diadakan kegiatan Ritual Syukur Tahunan Desa Merti Tuk di Desa Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan untuk melestarikan sumber air yang ada di wilayah Samiran. Prosesi arak-arakan ke mata air dan pemotongan tumpeng oleh tokoh masyarakat menjadi simbolisasi meleburnya praktik budaya dan praktik kehidupan sehari-hari dalam menggunakan dan menjaga mata air untuk kehidupan bermasyarakat.

Selain kegiatan ritual ini, pada saat yang sama juga digelar kegiatan Sambung Roso Merti Sumber Air yang dihadiri oleh anggota kelompok tani. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk memahami posisi wilayah Kecamatan Samiran dan Kecamatan Musuk yang ditetapkan sebagai kawasan tangkapan air bagi penduduk di Boyolali. Selain itu wilayah tersebut juga merupakan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Hadir dalam kegiatan ini adalah pihak dari TNGM, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Boyolali, Pemerintah Desa Samiran, Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Selo, Badan Koordinasi Antar Desa Kecamatan Selo dan perwakilan dari Kelompok Tani Ternak Manunggal Karya, Kelompok Tani Sri Lumintu, Kelompok Tani Sumber Energi, dan KARINAKAS.

Melalui program Building Community Resilience, KARINAKAS mendampingi 8 desa di Kecamatan Selo dan Kecamatan Musuk untuk menghidupkan kembali nilai dan praktik ritual Merti Tuk sebagai cara untuk melindungi dan melestarikan mata air. Upaya ini akan dapat terwujud secara berkelanjutan jika ada dukungan dari pihak pemerintah setempat, mulai dari desa hingga kabupaten, Balai Lingkungan Hidup dan TNGM. Kehadiran pihak lain, seperti instansi pemerintah dan lembaga sosial masyarakat setempat, dapat membantu dan menguatkan kapasitas masyarakat di Desa Samiran untuk menjadi lebih tangguh dan berdaya (resilien) dalam melindungi mata air yang ada. Sehingga, masyarakat benar-benar dapat menerima manfaat dari air di wilayah hutan nasional dan kawasan tangkapan air untuk kegiatan bertani, beternak dan lain-lainnya.

Penulis: Leonardus Depa Dey – KARINA, Editor: NAC – KARINA

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta