Perayaan Hari Caritas pada Milan Expo 2015 – Caritas Indonesia – KARINA

Perayaan Hari Caritas pada Milan Expo 2015

25/05/2015
Staf Caritas berparade & berkampanye 'Food for all'. (Foto: Simone Stefanelli/Caritas)

Staf Caritas berparade & berkampanye 'Food for all'. (Foto: Simone Stefanelli/Caritas)

Para pekerja kemanusiaan yang berasal dari sekitar 75 negara menyerukan kampanye ‘Food for all’ (makanan untuk semua).

Pada tanggal 19 Mei, jaringan lembaga kemanusiaan Katolik global menjadi fokus pada Hari Caritas di Expo World’s Fair di Milan, Italia. Hari Caritas merupakan perayaan yang didedikasikan untuk memerangi kelaparan, dimana para pembicara dari enam benua akan berbagi pengalaman tentang cara-cara yang efektif untuk memerangi kelaparan di dunia. Pada malam sebelumnya, tanggal 18 Mei, para pemimpin Gereja akan hadir di katedral bersejarah di Milan untuk mendengarkan musik, berdoa, dan berefleksi bersama dengan para selebriti Italia.

Kampanye Caritas, yaitu ‘One human family, food for all‘ (Sebagai satu keluarga, makanan untuk semua), diserukan oleh Paus Fransiskus pada bulan Desember 2013 dengan diiringi doa baik dari Roma maupun dari segala penjuru dunia. Selama lebih dari 18 bulan, para pekerja kemanusiaan Caritas telah berusaha meningkatkan berbagai program di bidang pertanian, mata pencaharian, irigasi, dsb. Mereka juga menyumbangkan keahlian untuk membantu keluarga-keluarga agar mampu mencukupi kebutuhan pangan mereka sendiri. Tim advokasi Caritas telah bersatu untuk melobi pemerintah untuk memperjuangkan hak pangan dan kedaulatan pangan. Dan di keuskupan-keuskupan, Caritas telah berusaha meningkatkan kesadaran akan makanan bersisa, spekulasi pangan, dan berbagai permasalahan yang memarjinalkan mereka yang kelaparan.

 ‘Keberhasilan kampanye Caritas ‘Food for all‘ (makanan untuk semua) dapat dilihat pada semakin banyak orang yang tercukupi pangannya,’ kata Michel Roy, Sekjen Caritas Internationalis. ‘Dan kampanye tersebut telah menyatukan semua anggota Caritas untuk bekerja sama demi mencapai tujuan yang sama.’

Pada Hari Caritas tersebut, para delegasi dari Caritas mewakili ribuan relawan dan pekerja yang terlibat dalam berbagai kegiatan untuk memerangi kelaparan. Para staf Caritas yang hadir ke Milan berasal dari lebih dari 75 negara di Afrika, Amerika Utara dan Selatan, Asia, Oceania, dan Eropa.

Acara tersebut dimulai pukul 10:30 di auditorium ajang pameran dengan pembahasan tentang keamanan pangan dan poin-poin penting yang dapat disimpulkan dari survey Caritas tentang berbagai penyebab kelaparan. Pada siang harinya, para delegasi mempresentasikan tujuh proyek–masing-masing 1 proyek dari setiap regio Caritas–yang dianggap efektif dalam memberdayakan masyarakat untuk bertanam dan mendapatkan penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan pangan mereka.

Pada pukul 17:30, para delegasi Caritas dan para hadirin berparade dari auditorium ke tempat yang telah disediakan, dimana di sana seorang perwakilan muda Caritas menanam bunga yang membentuk angka 805, untuk memperingati 805 juta orang yang masih kelaparan.

Orang muda Caritas merangkai angka 805 untuk memperingati 805 juta orang kelaparan. (Foto: Simone Stefanelli/Caritas)

Acara sambutan diberikan kepada para delegasi Caritas di katedral Milan pada tanggal 18 Mei malam. Dimulai pada pukul 21:00 di Piazza Duomo, Cardinal Angelo Scola, Cardinal Oscar Rodriguez Maradiaga, dan para pemimpin Gereja lainnya akan hadir bersama para artis film, musik, dan teater Italia, serta sebuah band dari Caritas Panama sebagai mengisi acara.

Diantara para artis tersebut, seorang penyanyi sopran dari Lebanon, Tania Kassis, menyanyikan lagu ‘Hail Mary‘ (Salam Maria). Pada kesempatan itu, Pastor Ambroise Tine, mantan Sekjen Caritas Senegal, berpidato tentang krisis pangan yang menimpa wilayah Sahel.

‘Kelompok-kelompok Caritas di Italia dan di seluruh dunia telah bersatu-padu dalam kampanye ‘Food for All‘ (makanan untuk semua), yang sesuai dengan tema dari Milan Expo: ‘Feeding the Planet, Energy for Life‘ (Memberi makan untuk Planet, Energi untuk Kehidupan),’ kata Luciani Gualzetti, wakil direktur Caritas Milan. ‘Suatu berkah untuk bisa merayakan keberhasilan sebuah kampanye yang telah menyebar luas. Dengan bekerja sama, banyak yang bisa kita capai.’

*Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Laura Sheahen, Communication Officer, di at +39 335 823 4233 atau sheahen@caritas.va

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta