Peran CAPABLE dalam Respons Gempa Lombok – Caritas Indonesia – KARINA

Peran CAPABLE dalam Respons Gempa Lombok

10/10/2018
capable7

Sistem respons kemanusiaan dirancang untuk dapat mengatasi isu-isu lintas sektoral. Hal ini tertuang dalam “Standar Kode Etik” yang bertujuan untuk memastikan kualitas respons kemanusiaan, menjaga hubungan baik dengan pemerintah, masyarakat terdampak, dan lembaga/organisasi lainnya, serta menjamin keselamatan dan keamanan dari relawan/staf yang terlibat. Untuk mencapai kualitas respons kemanusiaan yang baik maka “Standar Kode Etik” mengharuskan adanya identitas (ID Card/name tag) relawan dan lembaga yang dikenakan dan dicantumkan di posko dan juga disampaikan kepada masyarakat penerima bantuan saat proses distribusi bantuan.

Salah satu pembelajaran penting dalam respons tanggap darurat gempa Lombok pada bulan Juli lalu adalah tentang skema distribusi bantuan kemanusiaan untuk para penyintas. Skema ini memuat alur distribusi dari saat diterima oleh lembaga kemanusiaan sampai diberikan kepada para penyintas. Pembelajaran lain adalah perlunya mekanisme feed back untuk memastikan keluhan dan input dari para penerima manfaat dapat tertangani dengan baik. Selain itu, peran media center juga sangat penting untuk menerima dan menyampaikan informasi dan pelaporan tentang kegiatan yang dilakukan kepada banyak pihak melalui berbagai macam jalur komunikasi.

Salah satu peserta menjelaskan hasil diskusi (Foto: Aryo/KARINA).
Salah satu peserta menjelaskan hasil diskusi (Foto: Aryo/KARINA).

Tim Tanggap Bencana Keuskupan Denpasar, sebagai pelaksana kegiatan tanggap darurat dan pemulihan awal pasca Gempa Lombok, berjalan bersama dengan KARINA untuk melakukan respons yang berkualitas. Respons kemanusiaan yang dilakukan berdasarkan pada Piagam Kemanusiaan yang menyatakan setiap warga terdampak berhak untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan dengan bermartabat. Hal lain yang menjadi pembelajaran penting adalah bahwa bantuan berupa pakaian bekas layak pakai dapat menimbulkan jamur dan penyakit apabila tidak ditampung dan dikelola dengan baik.

Demikian beberapa poin penting yang dapat diambil dari proses kegiatan “Learning Event” program Capable yang dilakukan di Jakarta, pada tanggal 26-27 September 2018. Kegiatan ini melibatkan para peserta dari Program Capable yang bekerjasama dengan CRS Indonesia, yaitu KARINA, Keuskupan Denpasar, Caritas Keuskupan Agung Makassar, TSKKM Keuskupan Malang dan Caritas Palangkaraya. ● Mayerni S.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta