Penyusunan Protokol Bencana HFI – Caritas Indonesia – KARINA

Penyusunan Protokol Bencana HFI

17/05/2016
(Foto: Dok. HFI)

Pada 10-11 Maret 2016 bertempat di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama telah diadakan Workshop Penyusunan Joint Protocol untuk respon bencana bagi anggota Humanitarian Forum Indonesia (HFI). HFI merupakan forum yang beranggotakan 14[1] lembaga kemanusiaan nasional berbasis iman yang ada di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan aksi dalam melakukan respon terhadap bencana yang dilakukan oleh anggota HFI. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya suatu mekanisme tetap yang dapat menjadi rujukan bagi anggota HFI dalam membangun koordinasi untuk kegiatan penanganan darurat baik di dalam maupun di luar negeri.

Hari pertama kegiatan ini dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Sekjen Platform Nasional untuk Pengurangan Risiko Bencana, Ibu Trinirmalaningrum, bersama Deputi II Bidang Penanganan Darurat BNPB, Ir. Tri Budiarto, M.Si, dan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Achmad, selaku pemangku kepentingan di bidang kebencanaan dari unsur masyarakat dan pemerintah secara bergantian menyampaikan beberapa isu strategis sebagai masukan dalam penyusunan joint protocol ini. Pada sesi kedua, para peserta membagikan pengalaman lembaganya dalam melakukan respon bencana baik secara individual maupun kolektif bersama lembaga lain (joint response). Praktik baik dan kesenjangan/gap dalam aspek komunikasi, koordinasi, mobilisasi dan berbagi sumberdaya antar lembaga diangkat menjadi pembelajaran bersama. Selain mengambil pembelajaran dari pengalaman mereka sendiri, para anggota HFI juga berkesempatan belajar dari pengalaman enam lembaga kemanusiaan internasional[2] dalam implementasi joint protocol mereka di dalam sebuah skema yang disebut Emergency Capacity Building Project yang dapat dilihat di http://www.ecbproject.org.

Pada hari kedua, peserta bekerja di dalam kelompok untuk mengidentifikasi dan merumuskan isi dari draft yang disebut Humanitarian Forum Indonesia Protokol Bencana. Draft ini terdiri dari 11 bagian yaitu Tujuan Protokol, Jenis Bencana, Skala Bencana dan Pemicu Respon, Koordinasi dan Komunikasi, Peran dan Tangggung Jawab, Kajian, Keamanan dan Keselamatan, Rencana Respon, Monitoring Evaluasi dan Pembelajaran, serta Kode Etik dan Lampiran. Beberapa pekerjaan teknis untuk penyempurnaan draft ini dijadwalkan untuk dilakukan oleh sebuah tim kecil selama tiga bulan ke depan sebelum diajukan untuk disahkan.

 

Penulis: Leonardus Depa Dey – KARINA


[1] Muhammadiyah Disaster Management Centre, Dompet Dhuafa, KARINA-KWI, Yayasan Tanggul Bencana Indonesia, Yakkum Emergency Unit, Wahana Visi Indonesia, Perkumpulan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat, PKPU, Church World Services Indonesia, Habitat for Humanity Indonesia, Yayasan Rebana Indonesia, Unit Pengurangan Risiko Bencana PGI, Rumah Zakat, dan PP Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU.

[2] Care, CRS, MercyCorps, Oxfam, Save the Children, World Vision

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta