Pentingnya Media Informasi Kebencanaan – Caritas Indonesia – KARINA

Pentingnya Media Informasi Kebencanaan

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia‘Pemberi berita itu mulia. Wartawan itu memang bukan ahli medis, tapi lewat beritanya bisa menyembuhkan. Wartawan itu bukan penegak hukum, tapi ia bisa menegakkan hukum. Jurnalis bukan militer; tetapi ia bisa menghadirkan rasa aman,’ demikian ungkap Sonya Hellen Sinombor, Kepala Perwakilan Kompas Jawa Tengah 3 Februari 2012 yang lalu.

Sonya mengemukakan hal tersebut pada saat menutup sesi teknik peliputan dan menulis straight news pada Lokakarya Jurnalistik Kebencanaan yang diselenggarakan oleh Karitas Purwokerto di Banyumas.

Saat ini peran media dalam meliput bencana hendaknya memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat terutama pada masa tanggap darurat. Sedangkan untuk peliputan pasca bencana, media pun diharapkan untuk menampilkan sisi lain menjelaskan upaya, partisipasi daya juang para warga terdampak. ‘Bukan kondisi buruk dan memprihatinkan dari bencana,’ jelas Banu Subagyo, analis pengurangan risiko bencana dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa Bangsa.  

Informasi yang disajikan oleh media, menjadi salah satu sarana untuk berkoordinasi bagi organisasi-organisasi kemanusiaan yang merespon sebuah kejadian. Koordinasi adalah elemen penting dalam penanggulangan bencana. Namun karena adanya persaingan antar organisasi kemanusiaan, terlalu banyaknya organisasi yang bekerja, dan kepemimpinan, koordinasi sulit dilakukan. Padahal menurut Undang Undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana,  koordinasi sudah dibutuhkan, terutama dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah.

Pada kesempatan yang sama, Dian Lestariningsih, staf Promosi dan Identitas Caritas Indonesia (Karina KWI) memfasilitasi rapat koordinasi membahas media komunikasi tingkat keuskupan dan nasional.  Dalam sesi ini Caritas keuskupan yang ikut dalam kegiatan ini saling mengungkapkan persoalan dan rencana tindak lanjut. Karina KWI sendiri menurut Dian, mendukung usaha-usaha pembuatan media yang memuat info yang terkait dengan kebencanaan dengan mengalokasikan dana untuk pengembangan media di Caritas Keuskupan.

Ia mengakui bahwa masalah yang terjadi saat ini adalah alokasi waktu untuk pembuatan media yang harus tersisihkan oleh pembuatan laporan kerja bulanan. Namun Dian meyakinkan para peserta untuk membuat media yang ringkas terlebih dahulu. ‘Untuk awal, buat saja satu lembar buletin pewartaan mengenai bencana,’ tuturnya.

Penulis  adalah voulenteer Caritas Bandung

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta