Peningkatan Manajemen Keuangan – Caritas Indonesia – KARINA

Peningkatan Manajemen Keuangan

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaDitemui di sela-sela Pelatihan ‘FM7: Financial Accountability vs Saving Lives? – Financial Management for Humanitarian Programme Staff’ di Jakarta, 13 November 2008, Project Coordinator for Capacity Building in Financial Management – Karina-KWI untuk peningkatan kapasitas manajemen keuangan Lyta Peranginangin menyatakan, ‘Peningkatan kapasitas manajemen keuangan merupakan kebutuhan mendesak bagi program-program pelayanan kemanusiaan jaringan Karitas Indonesia.’

Lyta menambahkan, bahwa hal ini telah dibicarakan secara mendalam saat kegiatan konsultansi nasional antara Karina-KWI dan mitra-mitra keuskupan yang tergabung dalam jaringan Karitas Indonesia di Bali, April 2008. Para perwakilan dari jaringan Karitas Indonesia mengungkapkan bahwa sering kali kegiatan penyaluran bantuan kemanusiaan atau program-program pemberdayaan masyarakat yang diusung oleh lembaga-lembaga di bawah naungan Gereja Katolik setempat tergagap-gagap apabila harus berhadapan dengan sistem dan prosedur keuangan yang dipersyaratkan oleh lembaga donor.

Menjalankan fungsinya sebagai animator dan fasilitator bagi jaringan Karitas Indonesia, Karina-KWI telah melakukan satu langkah besar, yakni menyamakan standar prosedur dan pelaporan akuntansi-keuangan di mitra-mitra keuskupan. ‘Kami mengintroduksi software Zahir sebagai sebuah program akuntansi keuangan dan memberikan pelatihan khusus bagi staf keuangan mitra-mitra keuskupan,’ papar Lyta. ‘Hingga saat ini kami sudah menyalurkannya ke 13 mitra keuskupan.’ Zahir merupakan sebuah software akuntasi-keuangan untuk bisnis yang kemudian diadaptasi untuk konteks pelayanan kemanusiaan.

‘Ke depan, Karina-KWI berencana mengembangkan modul-modul pelatihan yang bisa memperkuat fungsi manajemen keuangan program-program pelayanan kemanusiaan. Beberapa isu yang menjadi perhatian Karina-KWI ialah strategi keuangan untuk keberlanjutan pendanaan dan pengelolaan dana grant,’ tambah alumnus MM Universitas Trisakti ini. Strategi yang dilakukan ialah mengadaptasi beberapa modul manajemen keuangan untuk LSM dalam konteks lokal.

Kapan program tersebut mulai berjalan? ‘Saat ini kami sedang menggodok konsepnya. Mudah-mudahan bisa berjalan efektif mulai pertengahan tahun 2009,’ ujar Lyta optimis. Kita tunggu saja. (dit)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta